Cara Menemukan Hotspot Wi-Fi Internet Gratis Terdekat Menggunakan Facebook Locator

Berikut ini adalah cara untuk mencari dan menemukan sinyal terdekat dari area hotspot atau sinyal Wi-Fi gratis (Free) menggunakan Facebook Locator. Selain terdekat kita juga dapat mengetahui lokasi mana saja yang menyediakan hotspot baik yang dikunci maupun yang terbuka alias gratis. 

Dengan begitu, selain mengetahui lokasi mana saja yang menyediakan sinyal internet atau hotspot, kita juga dapat memilih tempat yang sekiranya nyaman untuk kita datangi.

Dalam beberapa artikel yang dimuat oleh situs – situs teknologi terkemuka di dunia seperti CNET.com, Facebook menyatakan bahwa mereka ingin membantu para pengguna untuk menemukan sinyal internet  atau wifi gratis yang berada di sekitar kita.

Beberapa waktu yang lalu pihak Facebook mengumumkan bahwa fitur untuk mencarikan sinyal internet tersebut sudah diluncurkan secara global. Bila sudah diluncurkan secara global berarti semua pengguna facebook termasuk Indonesia juga sudah dapat menggunakan fitur ini.

Fitur ini akan sangat bermanfaat terutama bila anda sedang melakukan traveling ke tempat – tempat baru, tentunya kita akan lebih memilih tempat yang memiliki hotspot atau sinyal Wi-Fi gratis saat sedang beristirahat di sebuah café atau tempat – tempat lainnya. Fitur ini juga dapat menghemat penggunaan kuota data internet yang kita miliki.


Cara Menemukan Hotspot Wi-Fi Internet Gratis Terdekat Menggunakan Facebook Locator
CNET

Cara Mencari dan Menemukan Hotspot Wi-Fi Internet Gratis dengan Facebook Locator


Sebelum mulai ke langkah – langkah atau tutorial, pastikan Smartphone anda telah menggunakan aplikasi Facebook versi terbaru. Untuk OS Android (minimal) harus menggunakan versi 131.0.0.29.69. Untuk iOS (iPhone) minimal harus menggunakan versi 99.0.


  1. Buka aplikasi Facebook di Smartphone
  2. Klik tombol >Menu  (tiga garis mendatar). Untuk Smartphone Android berada di bagian kanan-atas layar, untuk Smartphone iOS iPhone berada di bagian kanan-bawah layar.
  3. Cari dan pilih tulisan >Find WI-FI. Pada penggunaan pertama anda akan diminta untuk mengaktifkan fitur. Klik >Enable Find WI-FI.
  4. Temukan lokasi. Setelah mengaktifkan fitur anda akan diperlihatkan map dimana anda berada dan juga lokasi – lokasi dimana sinyal internet atau hotspot tersebut berada yang ditandai dengan lingkaran merah dengan lingkaran putih didalamnya.
  5. Selesai! Setelah anda menemukan lokasi yang cocok, silahkan datangi tempat tersebut karena fitur ini hanya membantu anda mencarikan, bukan mendatangkan sinyal internet atau wifi yang berada di sekitar anda. Selamat mencoba!

Bila teman – teman tidak menemukan menu Find WI-FI, mungkin teman – teman perlu melakukan tindakan yang ekstra. Pada iPhone (iOS) anda dapat mencarinya pada bagian Explore dan untuk Android anda dapat mencarinya pada bagian Apps kemudian klik pilihan >See All.

Cara Menemukan Hotspot Wi-Fi Internet Gratis Terdekat Menggunakan Facebook Locator

Catatan!


  • Kita dapat melakukan zoom lokasi ataupun mengetahui lebih banyak tentang tempat yang menyediakan hotspot gratis tersebut dengan cara klik lokasi internet kemudian pilih >Visit Page dan anda akan menemukan informasi lebih banyak dari lokasi tersebut.
  • Kita juga dapat mencari sinyal wifi di area lainnya dengan cara menggeserkan map ke tempat yang diinginkan kemudian klik >“Search this area” di bagian atas layar.
  • Di beberapa area ada lokasi – lokasi yang tidak sesuai, entah itu belum didaftarkan ataupun belum di update oleh pihak facebook jadi untuk berjaga – jaga pilihlah lebih dari satu tempat bila anda ingin mendatanginya sehingga bila tidak menemukan di tempat yang pertama anda masih bisa beralih ke tempat selanjutnya.
  • Fitur ini tidak dapat digunakan bila menggunakan komputer meskipun menggunakan versi mobile. Fitur ini hanya bisa ditemukan dan digunakan menggunakan aplikasi Facebook untuk Android dan iOS (Apple).

Semoga artikel tutorial ini bisa menjadi solusi bagi teman – teman yang kesulitan dalam menemukan tempat yang memiliki hotspot atau sinyal wifi gratis, bila ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar seperti biasa, insyaallah akan kami bantu semaksimal mungkin. Terima kasih. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUSer!.

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »