Beranda
Instagram
Social Media
Tutorial
Cara Hapus Story Instagram (Delete IG Story)

Cara Hapus Story Instagram (Delete IG Story)

Berikut ini adalah cara untuk hapus story Instagram atau cara delete IG story. Dengan cara ini kita dapat menghapus postingan yang terlanjur kita share atau posting di IG story (cerita) kita. Bagaimana caranya? Apakah ada syarat yang harus dipenuhi?

Setelah kita melakukan cara yang ada didalam tutorial ini, postingan gambar, video maupun tulisan yang telah kita posting akan hilang dari jajaran story akun kita dan juga tidak akan dapat diakses oleh follower atau pengguna lain di Instagram.

Sebelum ke langkah - langkah untuk menghapus /hapus story ig kita, ada hal yang harus diperhatikan. Setelah kita berhasil menghapus (delete) instagram story maka tidak ada pilihan untuk mengembalikannya lagi, jadi pikirkan baik - baik sebelum menyesal. hehe

Baca juga: Cara Mudah Dark Mode di Instagram Android & iPhone

Cara Hapus Story di IG (Delete Instagram Story)

  1. Buka aplikasi Instagram 
  2. Login. (Jika sudah otomatis login maka lanjutkan ke langkah berikutnya)
  3. Buka bagian story di akun kita
  4. Tunggu sampai postingan yang ingin kita hapus muncul
  5. Klik Menu. (Pada postingan yang ingin kita hapus klik menu pada pojok kanan-bawah)
  6. Pilih Delete (Hapus)
  7. Konfirmasi Delete (Hapus)

    Cara Hapus Story Instagram (Delete IG Story)

  8. Selesai! Enjoy!

Setelah menyelesaikan semua langhak diatas maka saatnya untuk pembuktian. Coba buka kembali bagian postingan story di akun Instagram Anda kemudian cari postingan yang telah kita hapus tadi. Apabila tidak ada maka Anda berhasil.

Untuk memastikan lagi coba lihat story anda menggunakan akun (orang) lain. Bisa minta bantuan keluarga Anda ataupun teman anda yang mudah untuk dihubungi atau yang sedang berada dekat dengan Anda.

Baca juga: Cara Regram /Repost Postingan di Instagram

Bagaimana jika ingin mengembalikan Story Instagram yang sudah dihapus?

Pada notifikasi yang muncul sebelum kita menghapus IG story, biasanya akan muncul informasi tentang peraturan penghapusan setiap konten, pada hal ini adalah Instagram Story. Disana terlihat pesan bahwa setiap story yang dihapus masih bisa dikembalikan dalam waktu 24 jam.

Jika story tersebut sudah disimpan dalam arsip (archive) maka anda masih memiliki waktu 30 hari sebelum story tersebut benar - benar dihapus /hilang secara permanen. Jadi pastikan anda memiliki file asli atau file original di HP agar ada cadangan bila story tersebut benar - benar dihapus.

Jika ingin mengembalikan story yang telah dihapus, silahkan buka halaman activity (kegiatan), disana akan terlihat setiap perubahan yang kita lakukan, termasuk menghapus story. Selanjutnya silahkan pilih story tersebut kemudian buka bagian menu dan selanjutnya silahkan cari menu atau pilihan untuk mengembalikan story tersebut.

Agar 'salah posting' ini tidak terjadi lagi maka sebelum benar - benar membagikannya di akun Instagram kita, baik itu di Story maupun di Feed, lakukan lagi dengan hati - hati dan tidak terburu - buru. Menghindari salah pencet, atau kepencet posting..

Baca juga: Cara Menambahkan Link Website di INSTAGRAM STORY

Jangan Asal Posting di Story Instagram

Perlu dipertimbangkan juga, apakah postingan kita ini nantinya akan bermanfaat untuk orang lain? atau apakah postingan kita ini malah akan membuat hati orang lain menjadi sedih? Cemburu? Iri?. 

Jika lebih banyak efek 'tidak baik'nya maka kita sarankan untuk menyimpannya secara pribadi saja. Tapi apabila postingan kita ini bermanfaat untuk follower kita, yang isinya cuman teman dan sahabat itu, hehe.. Maka silahkan dan semakin banyak postingan maka semakin banyak manfaat untuk orang lain.

Semoga artikel mengenai cara hapus story instagram ini dapat membantu teman - teman yang sedang mencari cara ini. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. Eni Umamah
    Eni Umamah
    Minggu, Desember 12, 2021
    kenapa story Instagram sudah 3 hari tetapi belum hilang". Padahal sy sudah menghapus
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 14, 2021
      Coba cek dari akun teman atau akun lain apakah story nya masih ada atau tidak, siapatau hanya masalah cache di HP. Atau bisa juga gak sengaja post reels (bukan story), karena kalau reels memang harus dihapus manual kalau mau hilang.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!