Beranda
News
Review
Samsung
Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional
Berikut ini adalah spesifikasi dan review Samsung Galaxy A50. Bagaimana hasil fotonya? Bagaimana AI (Artificial Intelligent) dapat membantu kita menghasilkan foto seperti dibantu oleh profesional fotografer.

Semakin banyak ponsel kelas menengah keluar tahun ini, sepertinya target pasar untuk ponsel pintar sudah bergeser dari ekonomis ke performa. Terbukti dari banyaknya smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun bukan termasuk flagship (premium).

Jika dulu produsen HP berlomba untuk menjual smartphone dengan harga terjangkau, berbeda dengan sekarang. Produsen smartphone sekarang berlomba untuk menjual dengan spesifikasi yang menggoda para calon konsumen.
Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional
Photo Credit: GSMArena

Terbukti dengan Samsung yang memperkenalkan Smartphone Galaxy seri A yang baru, yaitu Samsung Galaxy A50. Walaupun bukan termasuk kategori flagship, Samsung Galaxy A50 ini tetap memiliki kualitas dan spesifikasi "nuansa" premium.

Spesifikasi Samsung Galaxy A50

Berikut adalah spesifikasi dari Samsung Galaxy A50 yang kami dapatkan dari laman GSMArena. Dari data dibawah ini terkonfirmasi bahwa Galaxy A50 memiliki 3 buah kamera belakang 25 MP, 8 MP, dan 5 MP.

Untuk kamera depan dibekali kamera 25 MP. Dari data yang sama juga menunjukan bahwa A50 memiliki sensor sidik jari yang tersimpan dibawah layar seperti Samsung Galaxy S10.

  • Body: Gorilla Glass 3 front, plastic frame and back
  • Screen: 6.4" Super AMOLED; 19.5:9 aspect ratio; FullHD+ (1080 x 2340 px)
  • Rear cameras: 25 MP, f/1.7, PDAF; 8 MP, f/2.2, (ultrawide); 5 MP, f/2.2, depth sensor
  • Video capture: 1080p@30fps
  • Front camera: 25 MP, f/2.0, fixed-focus
  • Chipset: Exynos 9610 Octa (10nm), octa-core processor (4xCortex-A73 + 4xCortex-A53), Mali-G72MP3 GPU.
  • Memory: 4GB of RAM + 64GB storage / 6GB of RAM + 128GB storage; Up to 512GB microSD card support
  • OS: Android 9.0 Pie; Samsung One UI on top
  • Battery: 4,000mAh Li-Ion; 15W quick charge
  • Connectivity: Dual-SIM/ Single-SIM options available; LTE; USB 2.0 Type-C; Wi-Fi a/b/g/n/ac; GPS + GLONASS + BDS; Bluetooth 5.0; NFC
  • Misc: Single bottom-firing speaker, Under-display fingerprint reader

Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional

Desain dan istilah warna yang baru 

Dari sisi desain, nampaknya Samsung menawarkan 'rasa' yang baru. Khususnya dari segi warna yang dipilih. Secara khusus pihak Samsung memiliki istilah yang baru untuk warna di Samsung Galaxy A50 ini, yaitu Glasstic.

Glasstic berasal dari dua kata yaitu dari Glass (kaca) dan Plastic (plastik).

Hal ini sangat masuk akal karena mereka merubah tampilan cover belakang A50 menjadi seperti memiliki lapisan kaca, seperti bunglon yang dapat berubah tampilan sesuai warna di sekitarnya. Padahal aslinya cover belakang tersebut memiliki bahan utama plastik.

Pada bagian depan, samsung hanya memotong sedikit bagian layar di area tengah untuk memasang kamera dengan kapasitas 25 Mega Pixel. Dengan pemotongan layar sekecil ini diharapkan tidak mengurangi kenyamanan dalam memandang layar.

Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional

Jika dilihat dari website resmi Samsung, Galaxy A50 ini sepertinya memang diperuntukan bagi pengguna yang hobi mengambil foto. Baik itu foto pemandangan, kegiatan, maupun foto selfie, semuanya akan mendapatkan optimalisasi.

Semua optimalisasi, baik sebelum ataupun sesudah melakukan pengambilan foto, berasal dari sistem AI (Artificial Intelligent) kamera yang telah dipasang di smartphone Galaxy A50.

Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional
Deteksi mata berkedip
Peringatan foto kurang maksimal. Jika kita mengambil gambar namun hasilnya 'goyang' atau blur, sistem akan memberi tahu bahwa foto yang telah diambil 'sepertinya' memiliki hasil yang kurang tajam (blur).

Berkedip saat foto?. Sistem AI Samsung Galaxy A50 juga dapat mendeteksi jika ada orang yang berkedip (mata tertutup) saat pengambilan gambar /foto. Dengan memberi notifikasi "someone may have blinked" (seseorang mungkin berkedip).

Suka dengan efek bokeh?. Efek bokeh sangat digemari oleh anak jaman now, dimana foto yang dihasilkan memiliki fokus ke objek atau orang yang difoto dengan latar belakang memiliki efek blur. Dengan smartphone ini Anda akan sangat mudah mendapatkan efek bokeh tersebut.

Low light expert?. Anda sering kesulitan saat mengambil gambar dengan pencahayaan yang kurang? Samsung Galaxy A50 nampaknya tahu keinginan Anda. Samsung menjanjikan hasil foto akan tetap jelas dengan noise yang sedikit, bahkan Samsung mengklaim bahwa gambar akan tetap tajam.

Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional
Hasil foto bokeh (background blur) Samsung Galaxy A50

Kualitas video 4K?

Kamera Samsung Galaxy A50 memiliki sertifikat Exynos 9610's ISO yang berarti dapat merekam video dengan kualitas 4K. Namun sayangnya didalam pengaturan tidak ditemukan pilihan untuk merekam video dengan kualitas 4K.

Namun jangan berkecil hati, menurut jurnalis GSMArena, Anda tetep bisa mengambil video dengan kualitas 4K di Samsung Galaxy A50. Cukup dengan menggunakan aplikasi OpenCamera yang bisa didownload di PlayStore, dan selamat!, Anda dapat merekam video kualitas 4K.

Samsung Galaxy A50 - Foto Seperti dibantu Profesional
Hasil foto siang hari (daylight) & malam (low light)


Scanner sidik jari didalam layar kurang memuaskan

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. salah satunya yaitu pada performa sistem sidik jari. Salah satu fitur kekiniannya adalah scanner sidik jari (fingerprint scanner) yang berada didalam layar, tepatnya di bawah layar, seperti pada type HP Samsung Premium, Galaxy S10.

Namun beberapa jurnalis yang telah mencoba fitur ini memberikan kesan yang kurang menyenangkan. Walaupun cukup menempelkan sidik jari kita didalam layar, dari mulai menekan layar sampai layar terbuka (unlock) responnya dirasa terlalu lama.

Salah satu jurnalis dari GSMArena bahkan berpendapat fitur sidik jari yang dimiliki Samsung Galaxy A50 ini termasuk kedalam kelompok paling buruk dalam hal waktu merespon (respond time)

Tidak tahan air

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A50 ini adalah tidak kedap atau tahan air. Jadi jangan sekali - kali mencoba mengujinya didalam air, termasuk mengoperasikannya dibawah tetesan air hujan juga tidak disarankan.

Jika tetap ingin mengoperasikannya di dekat sumber air seperti pantai atau kolam renang, lebih baik siapkan pouch kedap air (bisa dibeli di toko online).

Dan masih banyak lagi pembahasan menarik lainnya dari Samsung Galaxy A50 ini.

Semoga pembahasan atau review Samsung Galaxy A50 ini dapat membantu teman - teman dan menjadi referensi. Jika Anda mempunyai pendapat lain tentang Samsung Galaxy A50 ini silahkan simpan di kolom komentar.

Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!