Beranda
Toko Online
Tokopedia
Tutorial
Cara Daftar Flash Sale Tokopedia Sebagai Penjual
Cara Daftar Flash Sale Tokopedia Sebagai Penjual
Image Credit: Tokopedia

Berikut ini adalah cara daftar flash sale Tokopedia. Bagaimana produk kita dapat muncul di halaman flash sale tokopedia? Bagaimana langkah - langkah nya agar barang kita muncul di halaman flash sale di Tokopedia?

Flash sale akhir - akhir ini telah menjadi "senjata" andalan setiap platform toko online, termasuk yang ada di Indonesia. Mulai dari Shopee, BukaLapak, Lazada, Jd.id, sampai pada Tokopedia yang saat ini menyandang gelar unicorn, dan mungkin sebentar lagi decacorn.

Flash sale ibarat tempat dimana calon pembeli dipastikan akan mendapatkan harga yang miring, atau mendapatkan penawaran - penawaran yang sulit untuk ditolak. Tidak sedikit juga produk - produk elektronik dijual secara perdana di halaman flash sale, tentunya dengan harga yang super murah.

Untuk pihak penjual pun, flash sale menjadi sebuah tempat berpromosi secara gratis karena hampir sebagian besar calon pembeli pasti melihat halaman flash sale sebelum melakukan pencarian barang yang benar - benar sedang mereka cari.

Maka dari itu pesanan atau orderan pun akan berkali - kali lipat biasanya, dan tentunya omset penjualan pun akan meningkat bergerak seiring dengan laba yang juga meningkat. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa masuk di halaman flash sale Tokopedia? 

Baca juga: Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia untuk Tarik Dana Diawal Transaksi

Tidak Semua bisa mendaftar

Yup! Benar. Tidak semua 'pelapak' bisa mengajukan produk atau mendaftar agar berada di halaman flash sale Tokopedia.

Sangat beralasan, dengan kondisi semakin banyak tenant atau penjual di flatform Tokopedia maka agar produk yang ditawarkan di halaman flash sale tetap terjaga kualitas dan pelayanannya, seleksi perlu dilakukan.

Sayangnya proses penilalian dan seleksi untuk penjual yang berhak muncul di halaman flash sale tokopedia dilakukan secara tertutup. 

Begitupun dengan toko Rindi Tech yang ada di Tokopedia, tanpa tahu bagaimana kami dinilai dan kapan penilaian tersebut, tiba - tiba pihak Tokopedia (Tokopedia Seller) mengirim pesan dan memberitahu bahwa kami dapat mengajukan produk untuk masuk flash sale di bulan depan.

Kira - kira seperti ini isi pesan tersebut, sangat singkat, namun berisi peluang yang luar biasa:

Kabar gembira! 

Kamu terpilih untuk ajukan produkmu untuk masuk Flash Sale di Bulan -------. Periode pendaftaran akan dibuka selama --------------.

Mau kan dapat kesempatan eksklusif ini? Yuk, Daftar Sekarang!

Kuota terbatas!

-Tokopedia Seller

Bagaimana Jika belum mendapatkan penawaran flash sale?

Lalu, bagaimana jika Saya belum mendapatkan penawaran untuk mendaftarkan produk saya di halaman flash sale? Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda belum mendapatkan undangan tersebut dari pihak Tokopedia. Anda bisa mulai mempersiapkan produk Anda dan juga dengan penawaran terbaiknya. 

Kami yakin bahwa setiap penjual akan mendapatkan gilirannya masing - masing. Toko Rindi Tech pun tidak mendapat orderan setiap hari tetapi masih bisa masuk kategori yang dapat mendaftar di flash sale. Jadi siap - siap saja.

Sambil menunggu saatnya tiba, kami sarankan agar Anda membaca detail syarat - syarat Agar toko kita dapat mengajukan produk di halaman flash sale Tokopedia di artikel yang telah kami susun berikut ini:

Baca juga: Syarat Mengikuti Flash Sale Tokopedia - Sebagai Penjual)

Cara Daftar Flash Sale Tokopedia

  1. Buka website /aplikasi Tokopedia
  2. Login (jika belum)
  3. Buka menu pesan /inbox. (ikon berbentuk amplop)
  4. Pilih Chat (atau, khusus website, bisa klik link berikut ini: https://www.tokopedia.com/chat)
  5. Cari dan buka pesan dari Tokopedia Seller. Cari yang spesifik membahas undangan mengikuti flash sale 
  6. Klik tombol "CEK SEKARANG" atau tulisan "Daftar Sekarang!" (pilih salah satu)
    Cara Daftar Flash Sale Tokopedia Sebagai Penjual
    pilih salah satu
  7. Isi halaman formulir yang muncul (akan terbuka di halaman /tab baru). Anda akan diminta mengisi data diri, link halaman toko di Tokopedia, kategori produk, nama produk, harga asli dan setelah di diskon, stok produk, dll.
  8. Klik >Submit. Selesai

Setelah kita menyelesaikan pengajuan dengan mengisi formulir secara lengkap, maka kita hanya perlu menunggu pemberitahuan dan konfirmasi selanjutnya dari pihak Tokopedia.

Ingat pada tahap ini kita masih dalam tahap pengajuan atau pendaftaran. Setelah kita menerima konfirmasi dari tokopedia bahwa produk kita akan benar - benar muncul di halaman Flash Sale baru Anda bisa tenang, dan lanjut ke persiapan pengiriman.

Setelah proses diatas, barulah kita fokus ke persiapan pengiriman / packing barang yang akan muncul di flash sale. Jika produk Anda sudah memiliki orderan rutin sebelum flash sale, maka siap - siap menerima pesanan berkali lipat.

Masalah Halaman "Error" setelah klik 'Cek Sekarang' atau 'Daftar Sekarang'

Setelah kita klik tombol Cek Sekarang atau Daftar Sekarang, ada beberapa akun yang membuka halaman yang error. 

Masalah ini kami temui jika mencoba membukanya melalui aplikasi Tokopedia. Sedangkan saat kami mencoba kembali login melalui PC /komputer ke halaman website Tokopedia dan melakukan klik kepada tombol CEK SEKARANG, tidak ada masalah.

jadi jika teman - teman mengalami error saat membuka halaman pendaftaran flash sale, kami sarankan untuk membukanya lewat laptop atau komputer lalu login seperti biasa ke halaman website Tokopedia.

Flash Sale Tokopedia bukan jaminan laku keras

Meskipun muncul di halaman flash sale meningkatkan potensi penjualan, tetapi tidak menjamin benar - benar akan laku keras. Ada juga produk - produk yang tetap tidak terlalu laris, bahkan sampai waktu flash sale selesai ada yang tidak mendapatkan pesanan satupun.

Hal diatas membuktikan bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan halaman flash sale tokopedia agar produk kita lebih laris. Kita juga perlu memoles produk kita agar lebih 'menggoda' untuk dipesan oleh calon konsumen.

Pelayanan dan penawaran ekstra tetap perlu dimaksimalkan. Orang - orang yang membuka halaman flash sale pasti mengharapkan diskon atau penawaran yang sangat spesial, bahkan mungkin mereka mencari penawaran yang 'tidak masuk akal'.

Semoga artikel mengenai cara daftar di flash sale Tokopedia ini dapat membantu Anda khususnya sebagai penjual yang bertanya - tanya bagaimana caranya agar produk kita bisa tampil di halaman flash sale Tokopedia.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau berbagi pengalaman seputar flash sale silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!