Berapa Harga Game iRacing untuk Pemula? di Official Store dan Steam

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Games
News
Berapa Harga Game iRacing untuk Pemula? di Official Store dan Steam
Berapa Harga Game iRacing untuk Pemula? di Official Store dan Steam

Berapa harga game iRacing untuk Pemula di official store dan di aplikasi Steam. Berikut ini adalah daftar lengkap harga berlangganan game iRacing mulai dari harga langganan 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun, sampai 2 tahun. Apa saja yang akan kita dapatkan selama berlangganan? Apakah ada biaya lain selain bayar biaya berlangganan? 

Harga game iRacing untuk pemula di official store iRacing dibanderol seharga $7.80 untuk member baru yang berlaku selama 1 bulan. Untuk harga game iRacing di Steam dibanderol seharga $6.4 untuk member baru yang berlaku selama 1 bulan. Berlangganan lebih dari 1 bulan bisa mendapatkan harga lebih murah.

Jika dilihat dari harganya game iRacing ini memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan game balap sejenis. Jika anda belum pernah mencoba game balap lain seperti Assetto Corsa Competizione, rFactor 2, dll maka saya sarankan untuk mencoba game - game tersebut karena lebih murah dan sebenarnya tidak beda jauh kalau dari pengalaman membalap.

Game iRacing terkenal dengan komunitas nya yang sangat banyak, jadi jika ingin bermain online hampir setiap sesi ada yang main sehingga kita tidak akan balapan sendirian. Selain itu di iRacing ada sistem penilaian atau lisensi jadi kita akan bermain dengan orang - orang yang hampir satu level atau setidaknya tidak ada lagi pemain yang bermain asal - asalan (dirty driver).

Harga Game iRacing untuk pemula di Official Store & Steam

Dibawah ini adalah harga game iRacing yang saya dapatkan dari halaman Official Store iRacing. Dibawah ini ada harga normal dan harga untuk pemula atau member baru. Kenapa dinamakan "member baru", bukan pembelian perdana? karena game iRacing ini bersifat berlangganan atau subscription.

Subscription berarti kita tidak membeli sebuah game, melainkan membeli akses sebuah game dengan batasan waktu tertentu, seperti bulanan, atau tahunan. Dibawah ini ada beberapa pilihan, untuk pemula silahkan lihat harga pada bagian Member baru (diskon 40%), setelah masa berlaku "member baru" habis, maka perpanjangannya mengikuti harga normal.

Harga di Official Store iRacing

  • 1 Bulan: Harga Normal $13 /Member Baru 7.80 USD (40% Off)
  • 3 Bulan: Harga Normal $33 /Member Baru 19.80 USD (40% Off)
  • 1 Tahun: Harga Normal $110 /Member Baru 66.00 USD (40% Off)
  • 2 Tahun: Harga Normal $199 /Member Baru 119.40 USD (40% Off)

Harga iRacing di Aplikasi Steam

  • 1 Bulan: Regular Price Rp 99.999 /New Membership Rp 89.999
  • 6 Bulan: Regular Price Rp 399.999 /New Membership Rp 269.999
  • 1 Tahun: Regular Price Rp 699.999 /New Membership Rp 459.999

Dari daftar harga diatas terlihat bahwa penawaran harga game iRacing di aplikasi Steam lebih menarik (lebih murah) jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh official store iRacing. Apalagi jika kita bandingkan harga normal di iRacing dan Steam lumayan jauh. 

Jika di dolarkan harga normal 1 bulan di website iRacing dibanderol $13 dan di Steam (jika menggunakan mata uang USD) maka hanya seharga $7.14, selisihnya bisa lebih dari $5. Belum lagi kita bandingkan harga lainnya seperti 3 bulan, 1 tahun, dll.

Daftar Mobil dan Sirkuit Bawaan (Gratis) Untuk Pemula

Berikut ini adalah daftar mobil yang akan didapatkan dari paket pemula.

  1. Formula Vee
  2. Lucas Oil Off-Road Pro 2 Lite Truck
  3. UMP Modified
  4. VW Beetle
  5. Dirt Legends Ford ’34 Coupe
  6. Dirt Street Stock
  7. Global Mazda MX-5 Cup
  8. Dallara DW12 Indycar
  9. Kia Optima
  10. NASCAR Truck Series Chevrolet Silverado – Circa 2013
  11. Cadillac CTS-V
  12. Volkswagen Jetta TDi
  13. Radical SR8 V8
  14. Legends Ford ’34 Coupe
  15. SCCA Spec Racer Ford
  16. Pontiac Solstice Club Sport
  17. JR Motorsports Street Stock

Berikut ini adalah daftar sirkuit/track yang akan didapatkan dari paket pemula.

  1. Lime Rock Park – 2008
  2. Tsukuba Circuit
  3. Charlotte Motor Speedway
  4. Limaland Motorsports Park
  5. Lanier National Speedway – Dirt
  6. USA International Speedway – Dirt
  7. Southern National Motorsports Park
  8. Daytona International Speedway – 2008
  9. Oran Park Raceway
  10. Thompson Speedway Motorsports Park
  11. Charlotte Motor Speedway – 2008
  12. South Boston Speedway
  13. Oulton Park Circuit
  14. WeatherTech Raceway Laguna Seca
  15. Okayama International Circuit
  16. Phoenix Raceway – 2008
  17. Concord Speedway
  18. Oxford Plains Speedway
  19. Lanier National Speedway
  20. USA International Speedway
  21. Lime Rock Park
  22. Summit Point Motorsports Park
  23. Centripetal Circuit
  24. Langley Speedway

Dari daftar diatas memang terlihat sangat banyak, namun untuk konten - konten umum seperti mobil GT3 atau mobil Formula 1 dari Mercedes kita harus membeli lagi secara terpisah. Sama halnya dengan sirkuit, masih banyak sirkuit internasional yang tidak masuk kedalam daftar konten gratis bawaan pemula.

Baca juga: Daftar Mobil dan Sirkuit Gratis di iRacing Entry Level

Harga Mobil dan Sirkuit Tambahan

Untuk mobil tambahan iRacing membanderol konten tersebut seharga $11.95 /per mobil. Dan untuk sirkuit iRacing membanderol satu buah sirkuit seharga $11.95 - $14.95 (tergantung jenis sirkuit nya). Perlu di catat bahwa itu adalah harga normal, iRacing menawarkan harga diskon untuk beberapa kondisi pembelian, keterangan lengkapnya silahkan buka halaman resmi iRacing.

Pembelian konten tambahan ini bersifat one-time fee dimana  kita hanya perlu membeli sekali, dan konten tersebut akan tersedia selamanya di akun kita selama akun tersebut aktif dengan masa langganan.

Jadi jika kita membeli sebuah mobil di bulan januari kemudian waktu berlangganan kita habis bulan februari, mobil tersebut masih berada di akun kita. Misalnya, jika kita mengaktifkan kembali masa berlangganan di bulan desember maka mobil yang dibeli di bulan januari tersebut masih bisa dipakai.

Pilihan Pembayaran untuk membeli iRacing

Daftar pilihan pembayaran iRacing di website official iRacing

  1. Paymentwall
  2. PayPal
  3. Venmo
  4. Mastercard
  5. VISA (termasuk eCard JENIUS)
  6. Discover
  7. American Express
  8. JCB

Daftar pilihan pembayaran iRacing di aplikasi Steam

  1. VISA (termasuk eCard JENIUS)
  2. Mastercard
  3. DANA
  4. eClub Poing

Sabar, iRacing selalu ada diskon!

Jika dilihat dari harganya memang game balapan ini termasuk kedalam jajaran game sultan dimana harga game nya tidak sekali beli, tetapi berdasarkan langganan. Sepengetahuan saya, tidak ada game balap lain selain iRacing yang menerapkan harga berdasarkan waktu langganan, semua bersifat satu kali beli.

Walaupun di game lain juga ada konten tambahan seperti mobil dan sirkuit baru, di iRacing juga ada dan jika ditotalkan semua konten yang ada di iRacing jika dibeli dalam satu kali pembelian bisa mencapai ribuan dollar. Yup! ribuan dolah hanya untuk sebuah game, diluar dari PC dan Sim Rig!

Maka dari itu, bagi anda yang sedang berhemat pastikan anda selalu menunggu waktu diskon jika ingin melakukan pembelian atau berlangganan. Umumnya diskon ada berdasarkan hari libur dan hari - hari besar seperti tahun baru, liburan musim panas, dll.

Setiap bulan Steam juga pasti ada moment diskon, ditunggu saja, pasti ada. Apalagi jika anda hanya pemain kasual yang hanya memainkannya sewaktu - waktu saja. Menunggu diskon dalam membeli game sangat dianjurkan.

Bagaimana Jika Subscription Tidak Diperpanjang

Bagaimana jika akun atau masa berlangganan kita di iRacing tidak diperpanjang? Apakah mobil dan sirkuit yang kita beli akan hangus? bagaimana jika diaktifkan lagi satu tahun kemudian atau lebih?

Berdasarkan informasi dari iRacing, selama kita bisa login ke akun kita di game iRacing, maka semua mobil dan sirkuit yang dibeli tidak akan hilang, semua konten akan tetap berada di akun kita walaupun sudah lama tidak diperpanjang.

Misalnya, waktu berlangganan kita habis di bulan januari dan kita aktifkan lagi di bulan maret tahun depannya, maka itu tidak jadi masalah, semua mobil dan sirkuit yang kita beli akan langsung bisa digunakan seperti sebelumnya.

Perhatikan juga bagian perpanjangan otomatis, jika anda hanya ingin coba - coba dulu game iRacing saya sarankan nonaktifkan fitur auto-renew, di bagian Auto-Renew Options.

Semoga informasi mengenai harga game iRacing untuk pemula ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!