Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2 dari HM Engineering

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
Games
Tutorial
Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2 dari HM Engineering
Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2 Dari HM Engineering

Berikut ini adalah cara download Sirkuit Mandalika gratis untuk Game rFactor 2 dari HM Engineering . Dengan cara ini anda bisa mencoba sirkuit yang digunakan di balapan MotoGP ini di game rFactor 2 dengan mobil apapun yang anda punya di dalam game.

Cara download sirkuit Mandalika gratis untuk game rFactor 2 ini sangat mudah. Pertama, pastikan anda sudah memiliki base game atau game rFactor 2 di aplikasi steam. Selanjutnya silahkan buka halaman workshop khusus rFactor 2 kemudian cari dan subscribe ke halaman sirkuit mandalika. Jika berhasil sistem akan melakukan download sirkuit ke game rFactor 2.

Setelah aplikasi selesai melakukan download dan install file sirkuit mandalika di game rFactor 2, anda bisa langsung mencobanya. Untuk pemanasan silahkan coba lakukan time attact atau hotlap untuk memastikan semua fitur atau layout berjalan dengan benar, selanjutnya silahkan coba balapan dengan beberapa mobil AI.

Pastikan game rFactor 2 yang digunakan original

Perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan oleh game original atau resmi yang dibeli melalui aplikasi Steam. Untuk memastikan game anda resmi atau tidak silahkan buka aplikasi steam di komputer kemudian cek bagian Librari kemudian pilih menu Collections, jika game rFactor 2 ada di dalam daftar game maka game kamu dipastikan resmi.

Atau cara yang paling mudah untuk mengetahui game yang digunakan asli atau tidak adalah dengan melakukan balapan atau bermain secara online. Jika game kamu tidak bisa terhubung ke internet (mesikpun ada koneksi internet) ada kemungkinan game kamu tidak original karena tidak bisa diterima oleh server game tersebut.

Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2 dari HM Engineering

  1. Pastikan anda sudah memiliki game original rFactor 2 di aplikasi steam
  2. Silahkan buka aplikasi Steam dan klik menu > LIBRARY kemudian pilih > COLLECTIONS
  3. Silahkan buka halaman game rFactor 2 (jangan di play). Kemudian silahkan cari dan klik menu Workshop
  4. Pada halaman workshop silahkan gunakan kolom pencarian dan masukan kata kunci "HME Mandalika Circuit" kemudian klik tombol enter untuk memulai pencarian. Pada hasil pencarian silahkan buka atau pilih halaman HME Mandalika circuit dengan ciri ada tulisan By Harris Muhammad. Atau silahkan buka halaman berikut ini di browser: https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=2812574657
  5. Pada halaman konten sirkuit silahkan klik tombol Subscribe. Jika berhasil sistem akan melakukan download file sirkuit secara otomatis.
    Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2 Dari HM Engineering
  6. Jika proses download selesai, silahkan buka/mainkan game rFactor 2 seperti biasa untuk menyempurnakan proses pemasangan sirkuit ke dalam daftar sirkuit di game.
Silahkan coba balapan atau test track sirkuit Mandalika tersebut untuk memastikan tidak ada yang error. Untuk permulaan silahkan gunakan mode hotlap atau practice dengan menggunakan satu mobil saja.

Game terasa berat saat main di sirkuit Mandalika?

Anda tidak sendirian, saya pun merasa begitu sebagai pengguna GPU jadul. File sirkuit Mandalika ini cukup besar, dengan banyaknya detail yang ada tidak heran jika sirkuit ini memerlukan memori yang lebih besar dari pada sirkuit kebanyakan di dalam game.

Solusinya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan menurunkan tingkat detail atau kualitas sirkuit dari bagian settings. Silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini.

  1. Pada halaman utama game silahkan buka bagian > Settings
  2. Kemudian silahkan buka menu > Graphics
  3. Silahkan lakukan penyesuaian pada bagian > Circuit detail. Jika sebelumnya anda menggunakan pilihan Full, silahkan coba turunkan satu level kemudian coba lagi main. Jika masih ada lag atau berat silahkan turunkan lagi satu level sampai kamu puas.
  4. Jika masih berat silahkan turunkan juga pengaturan lainnya di bagian graphics seperti bagian Texture filter, shadow, environtmen reflection, dll.

Setelah MotoGP, ada GT World Challenge Asia.

Setelah gelaran balap motor MotoGP selesai sirkuit ini tidak langsung ditutup dan hanya menunggu gelaran motoGP tahun depan. Faktanya setelah balapan MotoGP selesai, banyak dari pembalap atau pecinta otomotif khususnya mobil melakukan track day atau mencoba aspal sirkuit yang ada di Lombok Indonesia ini.

Dan memang direncanakan akan ada beberapa balapan mobil di sirkuit mandalika ini seperti gelaran GT World Challenge Asia yang akan diikuti oleh mobil GT3 dan GT4. Jadi menggunakan track atau sirkuit Mandalika ini untuk balapan mobil di game juga sangat menarik.

Sangat mungkin para pembalap juga menggunakan sirkuit ini di game sebagai simulasi sebelum menuju ke balapan yang sebenarnya. Saya sendiri sudah mencobanya dan sirkuitnya benar - benar menantang, banyak tikungan cepat (fast corner) yang bisa digunakan oleh pembalap untuk susul - menyusul (overtake).

Desain sirkuit dan lap record

Dengan lebar jalan 15 meter sudah cukup untuk masuk standar balapan mobil (apalagi motor). Ditambah lagi, dari semua tikungan yang ada didominasi oleh tikungan - tikungan cepat yang akan membuat balapan menjadi lebih menarik.

Jika anda coba di game, anda akan kaget betapa banyaknya tikungan yang bisa dilewati dengan full throttle (full gass). Dengan begitu menambah kesulitan dan juga diperlukan konenstrasi penuh di setiap tikungan karena jika salah di tikungan pertama akan berdampak ke tikungan selanjutnya.

Untuk lap record mobil balap sampai saat ini belum ada tetapi jika ingin sedikit tantangan anda bisa mengejar track lap record yang dimiliki oleh om Fitra Eri menggunakan mobil GR Yaris, yaitu: 1:55.512. hehe

Semoga informasi mengenai cara download sirkuit mandalika gratis untuk game rFactor 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!