Beranda
Assetto Corsa
Games
Tutorial
Cara Install Custom Livery di Assetto Corsa Competizione
Cara Install Custom Livery di Assetto Corsa Competizione

Berikut ini adalah cara install atau pasang custom livery di game Assetto Corsa Competizione. Cara ini bisa digunakan baik untuk bermain secara offline maupun online. Jadi desain mobil yang anda buat bisa dilihat oleh orang lain yang sedang balapan dengan Anda secara online.

Pada tutorial ini saya akan tunjukan cara download livery secara gratis dan memasangnya di game ACC (Assetto Corsa Competizione) yang anda miliki. Jadi disini tidak akan membahas cara membuat livery nya ya, karena itu proses yang berbeda dan memerlukan pembahasan khusus.

Siapkan File Livery yang akan di install di game ACC

Sebelum proses install custom livery, Anda harus menyiapkan file livery yang sudah jadi dan siap di install. Jika anda belum memilikinya anda bisa mencarinya di berbagai forum online atau bisa langsung dicari lewat Google seperti "Livery Audi R8 EVO II for ACC" atau "livery BMW M4 for assetto corsa competizione", dll.

Sebagai contoh, saya akan memasang livery mobil BMW M4 yang digunakan oleh Valentino Rossi di balapan 24h of Dubai yang banyak diisi oleh sponsor dari Indonesia (PASEO, BNI, KFC, dll) karena satu tim dengan Sean Gelael. Maka saya akan cari di google seperti ini: "livery bmw m4 valentino rossi assetto corsa competizione dubai 24h".

Cara Install Custom Livery di Assetto Corsa Competizione

Untungnya pada contoh ini sudah ada yang membuat livery yang saya inginkan dan siap di download di website racedepartment. Langsung saja saya buka halaman website tersebut dan download file livery yang disediakan seperti gambar diatas.

Install file Custom Livery di Assetto Corsa Competizione

  1. Setelah file livery yang diinginkan berhasil di download silahkan extract /unzip file tersebut (jika masih dalam bentuk zip) ke dalam folder yang mudah dicari. Biasanya didalamnya terdapat folder "Cars" dan "Liveries"
  2. Didalam folder hasil download silahkan buka folder "Cars" dan copy file yang ada didalamnya. Pada contoh ini type file nya berupa json: "CVW_Team_WRT_BMW_M4_Dubai24h.json". Silahkan COPY file tersebut.
  3. Silahkan buka file directory berikut ini: "C:\Documents\Assetto Corsa Competizione\Customs\Cars". Silahkan PASTE file diatas kedalam folder ini.
  4. Selanjutnya buka kembali folder hasil ekstrak dan buka folder "Liveries" dan copy file/folder yang ada didalamnya. Pada contoh ini isinya berupa folder dengan nama "CVW_Team_WRT_BMW_M4_Dubai24h". COPY folder tersebut.
  5. Silahkan buka directory berikut ini: "C:\Documents\Assetto Corsa Competizione\Customs\Liveries". Silahkan PASTE folder yang tadi sudah di copy kedalama folder ini.
    Cara Install Custom Livery di Assetto Corsa Competizione

Proses pemasangan custom livery telah selesai. Selanjutnya kita bisa langsung mencoba nya di dadalam game. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Memilih dan Menggunakan Mobil Custom Livery di Game

  • Setelah selesai memasang custom livery, silahkan jalankan atau mainkan game ACC seperti biasa.
  • Silahkan buka mode apa saja, bisa balapan offline, online atau bisa juga buka mode practice, yang penting didalam mode tersebut kita bisa memilih mobil.
  • Pada saat memilih mobil silahkan atur bagian FILTER menjadi "CUSTOM". Jika tidak ada masalah maka mobil dengan cutom livery akan muncul.
  • Pastikan pilih brand dan type mobil yang memiliki custom livery, pada contoh ini berarti saya harus memilih mobil BMW M4 GT3 dan memilih tim WRT.
    Cara Install Custom Livery di Assetto Corsa Competizione

Selesai. Anda bisa langsung menggunakan livery yang baru didalam semua mode game seperti balapan offline, online ataupun hanya sekedar melakukan latihan pun bisa dipakai.

File livery yang diinginkan tidak ada di google

Mencari file livery yang bisa di download dan gratis memang susah - susah gampang, tergantung para kreator livery. Jika livery nya memang terkenal dan banyak peminat, pasti akan mudah ditemukan di google.

Jika memang tidak ada di google, anda bisa mencoba mencari di YouTube atau di forum - forum sim racing lainnya. Jika livery yang anda cari masih tidak ada berarti memang belum ada yang membuatnya, solusinya ya Anda harus menunggu sampai ada yang buat atau Anda buat sendiri.

Folder Customs atau Liveries tidak bisa ditemukan?

  • Silahkan jalankan game ACC
  • Pada pilihan mobil silahkan klik tombol "ADD" pada menu CUSTOM
  • Silahkan pilih mobil yang ingin anda beri custom livery
  • Silahkan masukan nama tim di kolom TEAM (bebas) kemudian klik tombol "SAVE"
  • Terakhir, silahkan tutup atau close game dan cari kembali folder customs diatas.

Semoga tutorial cara memasang atau install custom livery di game Assetto Corsa Competizione ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!