Beranda
Assetto Corsa
Games
Tutorial
Cara Pasang File Setup JSON di Game Assetto Corsa Competizione
Cara Pasang File Setup JSON di Game Assetto Corsa Competizione

Berikut ini adalah cara pasang file Setup JSON di game Assetto Corsa Competizione. Dengan cara ini kita akan bisa menggunakan atua install setup dengan type file JSON di game ACC secara otomatis. Hanya perlu copy-paste ke folder setup dan kita bisa langsung menggunakannya sesuai dengan mobil dan sirkuit yang diinginkan.

Sebelumnya saya juga bingung kenapa orang - orang membagikan setup berupa file json yang dimana saya hanya tau file json itu semacam bahasa pemrograman komputer. Namun setelah saya mencari tahu, justru dengan setup berupa file json kita tidak perlu lagi merubah settingan secara manual satu per satu, tetapi bisa otomatis langsung di load atau langsung digunakan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, biasanya setup file ini digunakan untuk mencatatkan waktu terbaik (hotlap), jadi dari sisi fuel/bahan bakar yang digunakan juga biasanya diatur seminimal mungkin. Jadi jika ingin digunakan untuk balapan, silahkan atur dulu jumlah fuel nya agar cukup sampai akhir balapan atau sampai masuk pit stop.

Cara Pasang File Setup JSON di Game Assetto Corsa Competizione

  1. Siapkan File setup JSON. Sebagai contoh saya akan menyimpan file setup json untuk mobil Porsche 911 di sirkuit Brands Hatch.
  2. Silahkan buka folder "C:\Users\YOUR_PC_USERNAME\Documents\Assetto Corsa Competizione\Setups". Ingat ya, folder dokumen! bukan folder instalasi game!
  3. Di folder Setups silahkan >Buka folder merk mobil, kemudian >buka folder sirkuit. Berarti pada contoh ini saya harus membuka folder Brands Hatch didalam folder Porsche 911. (Jika folder merek mobil dan surkuit tidak bisa ditemukan silahkan buat dulu setup 'dummy' (setup asal-asalan) seperti cara di sub-judul dibawah).
    Cara Pasang File Setup JSON di Game Assetto Corsa Competizione
  4. Jika folder sudah benar. Silahkan simpan atau copy/paste file setup JSON yang tadi disiapkan di folder sirkuit.
  5. Selesai. Silahkan buka game ACC dan coba main dengan mobil dan sirkuit yang telah kita simpan setupnya. Jika berhasil, file setup akan muncul di daftar setup (Load Setup).

Di setup biasanya fuel/bahan bakar di atur seminimal mungkin (untuk hotlap), jadi kalau ingin digunakan untuk balapan pastikan kita atur jumlah bahan bakarnya terlebih dahulu agar cukup hingga akhir balapan atau sampai pit stop.

Selain itu, agar lebih nyaman untuk balapan biasanya dilakukan penyesuain di bagian rear-wing atau ride-height agar mobil lebih stabil. Namun bila setup yang didownload langsung cocok, berarti tidak perlu lagi penyesuaian, tinggal pakai saja apa adanya.

Cara membuat setup "dummy"

Yup! seperti judulnya, kita akan membuat setup dummy (setup asal-asalan, yang penting ada dulu) agar sistem membuat folder sesuai dengan merek mobil dan nama sirkuit yang kita inginkan.

Pada contoh ini kita skenariokan folder mobil Porsche dan folder sirkuti Brands Hatch belum ada di folder dokumen.
  1. Silahkan buka atau jalankan game ACC seperti biasa
  2. Buat race (single player) sesuai dengan file setup yang ingin kita simpan. Pada contoh ini berarti saya harus membuat balapan di Brands Hatch dengan menggunakan mobil Porsche 911.
  3. Jika sudah masuk ke game (sudah di menu balapan) silahkan >buka bagian setup dan simpan setup yang sedang dipakai (tidak perlu dirubah-rubah setupnya, yang penting kita berhasil menyimpan setup di sirkuit tersebut dengan mobil yang diinginkan). Nama setup bebas, tidak akan berpengaruh.
  4. Jika setup sudah tersimpan di game. Silahkan tutup game dan kembali cari folder setup yang tadi.
  5. Selesai. Jika berhasil folder setup mobil dan sirkuit yang baru disimpan akan muncul, jika sudah ada foldernya, silahkan simpan file setup JSON seperti di tutorial diatas.

Bagaimana cara mendapatkan setup berupa file JSON?

Dulu sebenarnya ada beberapa website yang khusus menyediakan file setup untuk mobil ACC berupa file JSON, namun kini sudah tidak aktif. Namun jangan khawatir, selalu ada google yang bisa kita datangi, ketik saja "acc setup (nama mobilat (nama sirkuit) json file download" atau keyword - keyword lainnya agar mudah ditemukan.

Selain itu, sekarang sudah banyak sim racer/youtuber yang juga membagi setupnya di channel youtube mereka masing masing. Yang penting kita rajin - rajin saja mencari, insyaallah pasti ada yang berbagi secara gratis.

Sebagai contoh, saya sedang mencari file setup untuk mobil Porsche 911 di sirkuit Brands Hatch. Maka saya cari saja di Google atau Youtube "ACC setup Porsche 911 at Brands Hatch", pasti muncul berbagai macam alternatif setup. Jika sudah muncul silahkan dicoba - coba saja dan pilih yang paling nyaman untuk digunakan.

Semoga tulisan mengenai cara pasang file setup JSON di Game Assetto Corsa Competizione ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!