Sekarang Jumlah Subscriber YouTube Tidak Boleh Disembunyikan, kenapa?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
News
Peraturan
YouTube
Sekarang Jumlah Subscriber YouTube Tidak Boleh Disembunyikan, kenapa?
Sekarang Jumlah Subscriber Tidak Boleh Disembunyikan, kenapa?

Saya merupakan salah satu penganut aliran "sembunyikan jumlah subscriber" di YouTube tapi sepertinya tidak bisa lagi digunakan karena sekarang jumlah subscriber tidak boleh disembunyikan, kenapa?. Apakah ada sesuatu kejadian penting sehingga fitur hide subscriber di YouTube ini dihapus? Atau akan ada fitur lain sebagai pengganti?

Yup! Pada pertengahan bulan Juli 2022 ini channel YouTube saya mendapatkan notifikasi bahwa mulai tanggal 29 Juli 2022 setiap channel tidak boleh menyembunyikan jumlah subscriber nya. Intinya pesan tersebut menginformasikan bahwa mulai tanggal tersebut setiap semua channel tidak bisa lagi menyembunyikan jumlah subscriber di YouTube.

Starting on July 29, 2022, channels will no longer be able to hide their subscriber count on YouTube

Begitulah pesan yang muncul di halaman dashboard channel YouTube Rindi Tech. Isinya sangat singkat dan jelas tentang jumlah subscriber yang disembunyikan akan ditampilkan mulai tanggal 29 Juli 2022. Pada saat informasi tersebut masuk channel YouTube saya termasuk channel yang tidak ingin menunjukan jumlah subscriber. Hehe

Baca juga: Cara Posting Status dan Polling di YouTube

Jumlah Subscriber YouTube Tidak Boleh Disembunyikan, Apa Alasannya?

Setelah mencari tahu lebih lanjut tentang perubahan pengaturan ini saya menemukan bahwa tidak lain adalah untuk menghindari spam komen dan juga mempermudah pengguna untuk mengetahui channel - channel tiruan (impostor channel).

Making subscriber counts visible: Starting July 29, channels can no longer hide their subscriber count on YouTube. Displaying all channels’ subscriber counts makes it harder to impersonate others. To learn more about what we’re doing to tackle impersonation on YouTube

Channel - channel impostor atau channel yang dibuat semirip mungkin dengan channel besar sekarang memang sedang banyak. Mulai dari channel TV, channel olah raga, channel YouTuber besar, dan channel terkenal lainnya sekarang sudah banyak "kembarannya". Terkadang channel impostor tersebut yang mendapat keuntungan, bukan channel aslinya.

Baca juga: https://support.google.com/youtube/thread/169359445

Banyak penipuan dari celah ini

Dengan banyaknya channel impostor, membuat para pengguna kebingungan dan tidak sedikit yang menganggap channel impostor tersebut adalah channel asli. Dengan anggapan seperti itu, sangat mudah untuk channel impostor tersebut untuk melakukan penipuan karena pada dasarnya pengguna yang "polos" tersebut percaya kepada pemilik channel yang asli.

Biasanya, para calon korban dikirimi pesan personal (direct message) dan membujuk untuk melakukan sesuatu yang dapat merugikan misalnya meminta data personal, data rekening bank atau bahkan ada yang mengajak bisnis lalu diminta mengirim sejumlah uang.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kategori Video YouTube

Demi komunitas yang lebih aman

Sebenarnya secara pribadi saya sangat ingin jumlah subscriber saya disembunyikan, namun karena ini menyangkut dengan keamanan berinteraksi di dunia internet saya bisa menerima jika fitur menyembunyikan jumlah subscriber ini dihapus.

Bagi kita - kita yang melek teknologi dan selalu update tentang perkembangan dunia internet, mungkin bisa dengan mudah membedakan mana akun palsu dan mana akun asli. Namun bagi beberapa pengguna lain yang tidak terlalu faham dengan dunia internet secara dalam akan sangat rentan untuk ditipu.

Dari pengalaman saya membuat tulisan tentang website penipuan, banyak juga anak muda yang masih terkena penipuan lewat internet. Ada saja alasan penipu tersebut untuk membuat para calon korban percaya. Maka dari itu saya sangat setuju bila fitur ini dihapus untuk menjaga keamanan komunitas. 

Baca juga: Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Update lainnya dari YouTube

Selain update mengenai fitur hide subscriber yang dihapus, YouTube juga membawa update lainnya yang berhubungan dengan fitur mention untuk semua channel. Sebelumnya hanya beberapa channel saja yang bisa melakukan tag atau mention channel YouTube lain, sekarang semua channel bisa melakukan tag/mention ke channel lain.

Expanding mentions to all channels: All channels can now use the “@” symbol to mention other channels or be mentioned regardless of their subscriber counts. Learn more.

Sebelumnya untuk dapat melakukan tag/mention channel lain kita diwajibkan memiliki 'sekian' jumlah subscriber. Sekarang semua channel bisa melakukan tag/mention ke channel lain dengan menuliskan simbol "@" sebelum channelnya berapapun jumlah subscribernya.

Semoga tulisan mengenai jumlah subcriber yang tidak boleh disembunyikan di YouTube ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa.

Baca juga: Lebih Mudah! Ini Syarat Untuk Dapat Gaji Monetisasi dari X / Twitter Sebagai Konten Kreator

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!