Beranda
Adobe
Premiere Pro
Tutorial
Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro
Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro

Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Adobe Premiere Pro setelah di import ke timeline. Dengan cara ini kita dapat memperbaiki video yang tidak pas antara audio dan visual di adobe premiere pro. Cara ini dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan tanpa perlu aplikasi tambahan seperti handbrake atau converter sejenisnya.

Masalah audio dan visual yang tidak sinkron ini umumnya disebabkan oleh proses recording yang tidak stabil sehingga menghasilkan framerate yang juga tidak stabil. Framerate yang tidak stabil ini akhirnya membuat audio dan visual yang tidak cocok/sinkron.

Jika diputar di video player biasa masalah ini tidak akan terlihat, namun jika dimasukan ke aplikasi video editor seperti adobe premiere pro, akan terlihat kerusakannya. Maka dari itu, mulai sekarang pastikan PC/laptop yang digunakan untuk merekam dalam keadaan fit dan tidak banyak gangguan didalam sistemnya. 

Setelah melihat beberapa tutorial baik di youtube maupun di google, umumnya orang – orang menggunakan aplikasi Handbrake untuk memperbaiki video yang tidak singkron. Namun dalam pengalaman saya, menggunakan aplikasi handbrake memerlukan waktu yang cukup lama karena prosesnya hampir sama dengan satu kali export file video di premiere pro.

Setelah melakukan beberapa eksperimen, akhirnya saya menemukan cara yang sangat singkat dan juga mudah. Silahkan disimak baik – baik, jika ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro

  1. Pertama, bagi yang belum, silahkan buka file video yang ingin diperbaiki di aplikasi Adobe Premiere Pro dan jangan lupa langsung masukan atau insert ke timeline.
  2. Selanjutnya silahkan klik-kanan pada file video di timeline, kemudian cari dan klik pada tulisan “Unlink”. Pada tahap ini file audio dan video sudah terpisah.Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro
  3. Selanjutnya silahkan klik-kanan pada file video (visual) kemudian pilih ”Speed/Duration” hingga muncul menu di jendela baru.Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro
  4. Pada pengaturan Speed/duration silahkan lakukan eksperimen dengan mempercepat atau memperlambat video dengan merubah persentase di kolom speed. Umumnya antara 100.01% sampai 100.20% (tergantung durasi video), yang berarti ada sekitar 20 kemungkinan speed yang bisa dicoba sampai audio dan visual benar2 sinkron. 
  5. Untuk percobaan pertama, pada speed/kecepatan silahkan bisa dicoba 100.03%, kemudian klik tombol >OKMengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro
  6. Silahkan putar di bagian akhir - akhir video dan lihat perbedaan antara audio dan visual. Jika audio masih lebih cepat dari visual, silahkan naikan lagi speed/kecepatan ke 100.04% dan seterusnya, jika hasilnya visual lebih cepat dari audio maka kecepatannya perlu diturunkan, silahkan coba 100.02% dan angka dibawahnya.
  7. Silahkan ujicoba terus ke kecepatan selanjutnya sampai benar - benar sinkron atau cocok antara audio dan visual. (Pada contoh ini saya menemukan kecepatan yang pas di 100.07%).
  8. Jika sudah sinkron, silahkan tekan dan tahan tombol Ctrl kemudian pilih/aktifkan file audi dan visual di timeline, jika audio dan visual telah dipilih silahkan >klik kanan di salah satu file kemudian klik menu "Nest". Fungsi Nest adalah untuk menggabungkan kembali audio dan visual yang telah dipisah di awal agar mudah saat proses editing.Mengatasi Audio dan Visual tidak Sinkron di Premiere Pro
  9. Selesai. Jika audio dan visual sudah sinkron, anda bisa melanjutkan mengedit file/video tersebut di aplikasi Premiere pro seperti biasa.

Perbedaannya dengan menggunakan aplikasi Handbrake /konverter lain

Jika ini adalah kali pertama anda membaca tutorial personal saya ini, mungkin terlihat lebih ribet dan tidak pasti karena kita harus melaukan eksperimen sendiri untuk menemukan kecepatan yang pas agar sinkron. Tetapi percayalah, saya sudah mencoba cara menggunakan aplikasi seperti handbrake, dan hasilnya jauh lebih lama menggunakan aplikasi konverter tersebut.

Selain harus membuka lagi aplikasi tambahan, menggunakan konverter seperti handbrake untuk memperbaiki framerate video, memerlukan waktu yang cukup lama. Waktu ini jika dibandingkan dengan 'eksperimen kecepatan' di premiere pro, sangat beda jauh.

Untuk cara yang saya sebutkan diatas, paling lama 5 menit agar kita mendapatkan waktu yang pas. Dan saya pribadi rata - rata hanya memerlukan waktu 1 - 2 menit untuk meng-sinkron-kan audio dan visual yang bermasalah ini.

Jika menggunakan aplikasi konverter seperti handbrake, untuk membuka file nya saja di aplikasi memerlukan waktu sekitar 2 menit ditambah memilih setting dan lain-lain, belum lagi waktu rendering/konversi ke file video nya yang sangat lama seperti waktu export file di premiere pro.

Tapi kembali lagi ke preferensi masing - masing ya, kalau teman - teman lebih nyaman menggunakan aplikasi handbrake silahkan dilanjutkan. Jika teman - teman merasa cara saya ini lebih baik, silahkan manfaatkan sebaik mungkin.

Semoga tutorial mengenai cara mengatasi masalah audio dan visual tidak sinkron di premiere pro ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkansimpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!