Facebook dicurigai akses kamera pengguna Instagram secara ilegal

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Instagram
News
Security
Facebook dicurigai akses kamera pengguna Instagram secara ilegal
Facebook dicurigai akses kamera pengguna Instagram secara ilegal
Image: sfgate.com
Yup! Sepertinya Facebook selalu dalam masalah jika berkaitan dengan privasi pengguna. Kali ini mereka dituduh telah menggunakan kamera dari para pengguna Instagram secara ilegal atau diam - diam. Berita ini pun telah menyebar di kalagan media, tidak terkecuali media - media umum seperti Daily Mail, Bloomberg, dan Business Insider.

Dalam sebuah artikel di Bloomberg, tuntutan ini didaftarkan oleh seorang pengguna Instagram bernama Brittany Conditi di pengadilan bagian San Francisco, New Jersey. Didalam tuntutannya Brittanny menyebutkan bahwa Facebook  melalui aplikasi Instagram menggunakan kamera HP pengguna untuk mendapatkan data berhaga dari para pengguna instagram.

Didalam artikel disebutkan juga bahwa Facebook secara sengaja mengumpulkan data - data rahasia dari para pengguna Instagram secara diam - diam.

Baca juga: Hilangkan Konten "Suggested For You" di Feed Instagram dengan Cara ini

Didalam tuntutan lainnya Facebook juga dituduh menggunakan teknologi facial recognizion untuk mengumpulkan data biometrik para pengguna Instagram. Namun untuk tuduhan tersebut Facebook telah menyanggahnya dan mengklaim bahwa mereka tidak menggunakan teknologi seperti facial recognizion di aplikasi Instagram.

Walaupun beda aplikasi, nampaknya Facebook tidak bisa lepas dari tuduhan terhadap Instagram ini. Seperti yang kita tahu bahwa Instagram telah diakuisisi oleh Facebook beberapa tahun lalu, jadi untuk kebijakan dan arah perusahaan pastinya tidak akan lepas dari pengaruh orang - orang di Facebook, termasuk Mark Zuckerberg (CEO Facebook).

Facebook dicurigai akses kamera pengguna Instagram secara ilegal

Lalu bagaimana hal ini bermula? lalu siapa yang menemukan aktifitas ilegal yang ditudukan kepada Facebook ini?

Beberapa waktu yang lalu, seorang pengguna iPhone membagikan sebuah screenshot dimana disana terlihat tanda bahwa kamera sedang aktif merekam padahal yang dia lakukan adalah melihat - lihat 'scrolling' foto /video di aplikasi Instagram.

Pada saat itu, pihak facebook menyanggahnya dan memberi alasan bahwa hal tersebut dikarekan adanya bug atau kesalahan pada sistem di iPhone dengan software terbaru nya, iOS 14. Facebook mengatakan bahwa kamera hanya akan aktif jika pengguna yang mengaktifkannya, tidak bisa otomatis seperti yang dituduhkan.

Baca juga: Website DPR diretas seiring penolakan terhadap UU Cipta kerja

Di waktu lain, seorang pengguna bernama Twitter bernama KevDov membagikan sebuah screenshot yang menunjukan bahwa kamera di iPhone nya sedang aktif dan merekam. 

'Casually browsing Instagram when suddenly the new iOS 14 camera/microphone indicator comes on. Then the control panel ratted out the app behind it. This is going to change things,' -KevDov di Twitternya.

Sedang browsing Instagram lalu tiba - tiba indikator kamera/mikrophone muncul dan aktif. Lalu control panel menunjukan aplikasi apa yang sedang menggunakannya (Instagram). Ini akan mengubah beberapa hal, -KevDov

Diketahui bahwa update terbaru dari OS untuk iPhone iOS 14 mempunyai fitur yang dapat menunjukan apakah kamera atau mikrophone sedang aktif digunakan, dengan menyalakan indikator berwarna orange pada LED yang biasa digunakan untuk notifikasi.

Bagaimana menurut anda? apakah kita harus berhenti menggunakan Instagram?. Secara umum memang isu privasi atau keamanan data pengguna ini telah ada sejak ramainya aplikasi - aplikasi sosial media. Sepertinya harus dimulai dari kita dulu ya yang harus berhati - hati dalam membagikan atau menggunakan aplikasi, apapun itu.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika anda mempunyai pertanyaan atau pendapat sendiri silahkan simpan di kolom komentar dibawah ya. Tetaplah menjadi penggua yang bijak! #beWiseUser! 

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!