Cara membatasi kecepatan download di steam game

Cara membatasi kecepatan download di steam game

Berikut ini adalah cara membatasi kecepatan download di steam game dengan mudah. Dengan cara ini kita dapat mengatur atau memberikan limit download file game yang akan di install di PC atau komputer dari steam. Apakah memberikan batas unduhan ini dapat merusak file game yang akan di install?

Ukuran file game saat ini umumnya besar - besar, apalagi kalau kita membicarakan game dengan rating AAA bisanya bisa berkisar antara puluhan sampai ratusan Gigabyte. Dan ukuran tersebut baru file installasi nya saja, jika sudah di install di PC bisa lebih besar lagi bahkan bisa berkali lipat.

Di Steam juga tersedia game - game dengan file besar dengan rating AAA yang tentunya mengharuskan kita untuk menyediakan ruang penyimpanan di harddisk atau SSD yang luas juga. Dibawah ini beberapa contoh game dengan file download yang besar:

  • Final Fantasy XV: 148GB
  • Red Dead Redemption 2: 150GB
  • Call of Duty Modern Warfare: 175GB
  • Quantum Break: 178GB
  • dll

Dengan banyaknya game yang berukuran besar, kita sebagai pengguna juga harus teliti dan tahu kapan waktu yang tepat untuk download agar tidak menggangu pengguna internet lain. Apalagi di Indonesia ini kecepatan internet masih termasuk dibawah rata - rata, jadi harus tahu batas aman dan nyaman saat melakukan download.

Contohnya di rumah saya, walaupun menggunakan internet Indihome dengan kecepatan 20 MB/s namun kecepatan download maksimal biasanya sekitar 2.5 MB/s. Jadi jika sedang melakukan download game di steam biasanya saya batasi kecepatan di 1.5 MB/s atau 2.0 MB/s agar pengguna internet lain di rumah saya tetap dapat menggunakan internet secara normal.

Cara membatasi kecepatan download di steam game

Cara ini bisa dilakukan baik saat sedang melakukan download ataupun tidak. Sudah kami praktekan keduanya dan tidak ada masalah.

  1. Buka aplikasi Steam seperti biasa
  2. Pada menu bar (kiri-atas) silahkan klik menu >Steam
  3. Lalu pilih >Settings hingga jendela pengaturan terbuka
  4. Pada list menu (kiri) silahkan buka menu >Downloads
  5. Pada sub-menu "Download Restriction" silahkan klik menu dropdown >Limit bandwidth to hingga muncul pilihan batas kecepatan
  6. Silahkan >pilih batas kecepatan maksimal download aplikasi steam anda. Karena kecepatan download internet saya berada di 2.5 MB/s maka saya coba batasi kecepatan menjadi 1.5 MB/s agar tidak mengganggu pengguna internet lainnya
  7. Setelah memilih batas kecepatan, silahkan klik tombol >OK
    Cara membatasi kecepatan download di steam game

  8. Jika anda sedang melakukan download, tunggu beberapa saat hingga kecepatan download mendekati limit atau batas kecepatan download yang telah kita atur. Selesai
Meskipun kecepatan download tidak langsung turun atau naik sesuai limit yang telah ditentukan, tetapi waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama untuk sistem menyesuaikan dengan pengaturan baru. Kira - kira hitungan 10 detik kecepatan sudah menyesuaikan dengan pengaturan baru. 

Proses download jadi lebih aman?

Untuk keamanan sama saja, tapi memberikan batas download akan membuat proses download menjadi lebih stabil. Dengan proses download yang lebih stabil dan terukur akan membuat sistem bekerja secara terukur.

Secara default kecepatan download akan mengikuti limit atau bandwidth yang diberikan oleh modem, namun kecepatan tersebut selalu berubah karena menyesuaikan dengan penggunaan internet perangkat lain, seperti HP atau komputer lain.

Kecuali jika paket atau layanan internet yang anda gunakan memiliki kapasitas bandwidth atau kecepatan yang sangat besar, tidak perlu khawatir dengan batas kecepatan download, gunakan pengaturan default saja.

Gonti - ganti batas kecepatan dan menghapus limit?

Apakah aman jika kita mengganti terus atau merubah - rubah batas kecepatan saat sedang melakukan download? Jawaban singkatnya aman - aman saja. Beberapa kali juga saya sempat mengganti kecepatan /limit saat sedang melakukan download game, dan tidak ada masalah.

Namun perlu diingat, jika mengganti limit secara berlebihan dan tidak wajar tetap bisa membahayakan file yang sedang di download ya. Jadi ya sewajarnya saja.

Bagaimana jika ingin menghapus limit download? Gampang. Pada pilihan "Limit bandwidth to" silahkan pilih >No limit kemudian klik tombol >OK. Kecepatan download akan kembali normal mengikuti batas maksimal paket internet anda.

Semoga tulisan mengenai cara membatasi kecepatan download di steam game ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,24,Design,6,Facebook,24,Finance,40,Formula 1,4,Games,31,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,242,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,30,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,242,Toko Online,40,Tutorial,270,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara membatasi kecepatan download di steam game
Cara membatasi kecepatan download di steam game
mengatur atau memberikan limit download file game yang akan di install di PC atau komputer dari steam. cara membatasi kecepatan download di steam game
https://1.bp.blogspot.com/-0nydweHtZuQ/X2LXMHM0h_I/AAAAAAAAI08/sI6gIgdYjyo1zJucmMoI5ifHoQA51gzTACLcBGAsYHQ/w640-h356/Cara%2Bmembatasi%2Bkecepatan%2Bdownload%2Bdi%2Bsteam%2Bgame%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/-0nydweHtZuQ/X2LXMHM0h_I/AAAAAAAAI08/sI6gIgdYjyo1zJucmMoI5ifHoQA51gzTACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Cara%2Bmembatasi%2Bkecepatan%2Bdownload%2Bdi%2Bsteam%2Bgame%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/09/cara-membatasi-kecepatan-download-di-steam-game.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/09/cara-membatasi-kecepatan-download-di-steam-game.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content