Beranda
Finance
Tutorial
Cara Bayar Pakai QRIS Aplikasi Livin Mandiri
Cara Bayar Pakai QRIS Aplikasi Livin Mandiri

Berikut ini adalah acara melakukan pembayaran menggunakan kode QRIS di aplikasi Livin by Mandiri. Aplikasi dari Bank Mandiri ini sekarang sudah bisa melakukan pembayaran dengan kode QR standard Indonesia (QRIS). Saya sendiri sudah mencobanya dan langsung berhasil di percobaan pertama.

Dalam tutorial ini saya akan menggunakan transaksi saya sendiri saat saya membeli sebuah produk secara online dan membayarnya menggunakan kode QRIS di aplikasi Livin Mandiri milik saya sendiri. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah ya.

Walaupun caranya mudah, anda tetap wajib berhati - hati terhadap kode QRIS yang anda scan ya, karena saat ini sedang marak penipuan yang menggunakan kode QRIS. Pastikan nama pemilik kode QRIS atau nama penerima dana sesuai ya, karena beda satu huruf saja berarti beda penerima.

Bagi anda yang belum tahu, kode QRIS adalah salah satu metode pembayaran yang bisa kita pilih saat akan membayar tagihan saat berbelanja atau mengirim dana ke pemilik akun QRIS lainnya. Anda tidak perlu memiliki akun QRIS, anda hanya perlu aplikasi yang mendukung sistem pembayaran QRIS saja. 

Cara Bayar Pakai QRIS Aplikasi Livin Mandiri

  1. Pastikan kode QR dari penjual atau penerima dana sudah siap untuk di scan.
  2. Buka aplikasi Livin Mandiri kemudian login seperti biasa
  3. Pada halaman utama aplikasi silahkan pilih menu QR Bayar (pakai logo QRIS)
  4. Aplikasi akan meminta izin untuk menggunakan kamera seperti ini: "Allow Livin' by Mandiri to take pictures and record video?" atau dalam bahasa Indonesia " Izinkan Livin' by Mandiri mengambil gambar dan merekam video?". Silahkan izinkan dengan klik tombol "Allow" atau "Izinkan".Cara Bayar Pakai QRIS Aplikasi Livin Mandiri
  5. Jika penggunaan kamera sudah diizinkan, tampilan kamera akan muncul di layar. Silahkan arahkan kamera ke kode QR penjual atau penerima dana.
  6. Jika berhasil melakukan scan kode QR, aplikasi akan menunjukan nama pemilik kode QRIS dan jumlah tagihan yang akan dibayarkan. Dalam beberapa metode seperti QR untuk donasi anda perlu memasukan nominal yang ingin dikirim secara manual.
  7. Pastikan nama penerima benar dan nominal uang sudah sesuai, jika sudah silahkan klik tombol "Lanjutkan".
  8. Terakhir, silahkan masukan PIN aplikasi livin milik anda sebagai konfirmasi transaksi.Cara Bayar Pakai QRIS Aplikasi Livin Mandiri

Selesai. Jika semua berjalan lancar anda akan melihat notifikasi "Pembayaran Berhasil!" berikut dengan bukti resi yang bisa dilihat dan di download jika perlu.

Masalah pembayaran tidak terkirim?

  • Pastikan saldo di rekening anda cukup. Jangan lupa juga untuk memisahkan Rp 100.000,- sebagai saldo minimal yang wajib ada di dalam rekening.
  • Pastikan anda memasukan data yang benar. Pastikan jumlah saldo yang anda masukan benar dan pastikan juga detail penerima dana sesuai.
  • Periksa jaringan internet. Pastikan jaringan internet yang anda gunakan tidak hanya kencang, tetapi juga stabil.
Jika masih bermasalah, saya sarankan untuk jangan dulu melakukan transaksi lain atau melakukan transaksi berulang, pastikan dulu transaksi yang pertama benar - benar selesai atau kalau gagal kita tahu apa penyebabnya.

kode QR tidak bisa di scan?

  • Bersihkan lensa kamera anda, pastikan tidak ada debu atau kotorang yang menghalangi dan mengganggu pola kode QR yang akan di pindai (scan).
  • Pastikan juga kode QR dalam keadaan bersih dan tidak rusak. Apalagi kode QR yang di print di kertas, biasanya tidak bisa di scan karena kotor atau sobek.
  • Pastikan pencahayaan cukup dan usahakan tangan anda tidak banyak gerak saat memegang HP untuk scan kode QR
  • Coba geser layar HP ke posisi berbeda, geser ke kiri atau ke kanan, atau geser ke atas dan bawah.
  • Restart aplikasi livin anda, mungkin HP anda sedang dalam keadaan penggunaan berat. Coba restart aplikasi dan juga tutup aplikasi lain yang sedang tidak digunakan. 

Detail pembayaran tidak sesuai?

  • Pastikan semua data yang anda masukan sudah benar, lihat lagi nama penerima dana, nomor akun QRIS, dan jumlah dana yang ditransfer.
  • Jika sedang berada di toko penjual, coba tanyakan ulang dan konfirmasi apakah QRIS yang anda scan sudah benar.
Jika masih bermasalah, saya sarankan untuk jangan dulu melakukan transaksi scan kode QRIS dulu, jika bisa gunakan metode pembayaran yang lain.

Pembayaran melalui kode QRIS memberikan kita tambahan pilihan dalam mengirim dana atau membayar tagihan saat berbelanja. Selain mudah, cara ini juga terbilang aman karena sudah disetujui secara resmi oleh negara.

Jika anda mengalami kendala, pastikan anda mengikuti semua saran yang saya tulis diatas atau anda bisa langsung menghubungi customer service bank Mandiri untuk panduan yang lebih detail.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!