Beranda
Finance
News
Tips 'n Trick
Tutorial
Apakah kartu Jenius Bisa Langsung Digunakan Setelah Aktivasi?

Apakah kartu Jenius Bisa Langsung Digunakan Setelah Aktivasi

Apakah kartu Jenius Bisa Langsung Digunakan Setelah Aktivasi? Apakah kartu jenius anda dapat langsung digunakan untuk berbelanja online setelah proses aktivasi di hari yang sama? Apakah ada waktu tunggu setelah melakukan aktivasi?

Dengan banyaknya fasilitas yang diberikan oleh kartu Jenius, tidak heran jika layanan ini mulai ramai digunakan. Khususnya bagi para pekerja online yang malas keluar rumah karena dengan kartu yang diberikan oleh Jenius anda dapat melakukan pembayaran langsung dengan kartu tersebut.

Juga bagi anda yang malas atau tidak mau membuah kartu kredit, nampaknya kartu jenius ini juga bisa menjadi solusi. Kartu Jenius yang anda miliki dapat digunakan untuk melakukan transaksi layaknya kartu kredit.

Bedanya jika dalam sistem kartu kredit transaksi anda ditanggung terlebih dahulu oleh pihak bank, di kartu Jenius anda harus memiliki saldo terlebih dahulu untuk dapat bertransaksi.

Apakah kartu Jenius Bisa Langsung Digunakan Setelah Aktivasi?

Pada beberapa waktu yang lalu kami berkesempatan untuk bertanya langsung kepada salah satu customer service dari pihak Jenius. Banyak sekali pertanyaan yang kami ajukan dan salah satunya adalah tentang waktu penggunaan kartu Jenius ini.

Intinya kartu jenius yang anda dapatkan tidak dapat langsung digunakan saat itu juga. Anda harus menunggu minimal 3 hari SETELAH anda melakukan aktivasi kartu di aplikasi Jenius.

Tahapan sederhananya seperti ini:

  1. Sudah aktivasi akun
  2. Sudah aktivasi kartu
  3. sudah menunggu 3 hari setelah aktivasi kartu

Setelah anda menunggu minimal 3 hari setelah melakukan aktivasi kartu Jenius, barulah anda dapat menggunakan kartu tersebut untuk bertransaksi.

Beda aktivasi Akun dan Kartu

Perlu diketahui mungkin ada yang masih tertukar atau belum menyadari bahwa ada 2 aktivasi yang berbeda pada aplikasi akun jenius. Pertama adalah aktivasi akun dan satu lagi adalah aktivasi kartu.

Aktivasi akun ditandai dengan aktifnya akun Jenius anda di aplikasi. 

Aktivasi akun ini dapat dilakukan dengan 2 cara, pertama adalah dengan datang ke gerai Jenius atau ke bank BTPN terdekat. Cara kedua adalah dengan cara melakukan aktivasi online menggunakan video call dengan pihak Jenius.

Jadi jika anda hanya baru melakukan aktivasi akun Jenius, tidak otomatims anda telah melakukan aktivasi kartu Jenius. Jika anda baru melakukan aktivasi akun saja, berarti anda belum dapat menggunakan kartu jenius.

Begitu juga jika anda sudah melakukan aktivasi akun jenius dan baru menerima kartu yang dikirim oleh pihak Jenius, masih belum dapat digunakan. Karena anda harus melakukan aktivasi kartu Jenius terlebih dahulu lalu menunggu 3 hari dari waktu aktivasi tersebut.

Bisa di coba - coba, tapi..

"Ahh lama nunggu 3 hari, mending langsung dicoba aja transaksi, paling gagal kalau memang belum bisa.."

Pernah kepikiran seperti diatas? Mencoba transaksi kecil - kecilan untuk mengetahui kartu sudah aktif atau belum? Yup! anda tidak sendirian.

Namun sebelum melakukan percobaan tersebut, anda mesti memikirkan resiko lain selain gagal transaksi tersebut.

Dalam dunia online ada yang namanya resiko pemblokiran, dimana jika anda melakukan transaksi yang mencurigakan, pihak otoritas atau pemiliki website tidak akan segan untuk melakukan pemblokiran kepada anda, khususnya kartu yang anda gunakan.

Jika kartu anda sudah masuk kedalam daftar blokir, akan susah sekali untuk menarik status 'diblokir' tersebut. Pihak otoritas atau pemiliki website umumnya tidak mau ambil resiko kepada hal - hal yang mencurigakan.

Jadi, sebelum melakukan percobaan transaksi, ada baiknya anda mempertimbangkan resiko pemblokiran ini.

Jadi lebih baik anda ingat - ingat lagi 3 tahap ini:

  • Sudah aktivasi akun
  • Sudah aktivasi kartu
  • sudah menunggu 3 hari setelah aktivasi kartu

Apakah bisa langsung di isi saldo?

Bisa banget! Untuk isi saldo ke akun jenius atau rekening jenius baru anda tidak perlu mengunggu 3 hari. Setelah anda melakukan aktivasi akun, disaat yang sama juga rekening anda sudah aktif. Bisa langsung diisi saldo.

Akun dalam hal ini juga bisa dikatakan dengan rekening. Nomor akun bisa juga disebut nomor rekening karena sejatinya anda membuka rekening BTPN namun melalui program Jenius.

Jenius sendiri adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Bank BTPN untuk nasabah - nasabah yang memerlukan fasilitas khusus.

Jadi sambil menunggu 3 hari untuk dapat memakai kartu Jenius, anda bisa langsung mencoba mengirim saldo atau mentransfer uang kedalam rekening Jenius /BTPN yang anda miliki.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!