Lebih Mudah! Ini Syarat Untuk Dapat Gaji Monetisasi dari X / Twitter Sebagai Konten Kreator

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Peraturan
Social Media
Tutorial
Twitter
X
Lebih Mudah! Ini Syarat Untuk Dapat Gaji Monetisasi dari X / Twitter Sebagai Konten Kreator
Lebih Mudah! Ini Syarat Untuk Dapat Gaji Monetisasi dari X / Twitter Sebagai Konten Kreator

Setelah dibeli oleh Elon Musk, Twitter mendapatkan beberapa penyesuaian, salah satunya dari sisi perlakukan kepada pengguna. Twitter atau X membuat program bagi hasil pendapatan yang mereka dapatkan dari pengiklan kepada para pengguna twitter atau akun yang memenuhi syarat. Walaupun sekarang syaratnya lebih mudah namun Anda tetap harus mengeluarkan uang untuk membayar Twitter Premium.

Syarat terbaru untuk memenuhi persyaratan bagi hasil dari X adalah Anda harus memiliki setidaknya 5 juta views dari akun yang telah verified atau akun premium dalam 3 bulan terakhir. Angka ini lebih kecil dari dari peraturan sebelumnya yang mengharuskan 15 juta views dalam 3 bulan terakhir.

Di peraturan baru juga disebutkan bahwa minimal payout (pembayaran) diturunkan dari $50 menjadi $10.

Namun selain harus mendapatkan minimal views, Anda tetap harus menggunakan akun verified dan untuk mendapatkan akun verified Anda harus berlangganan akun X Premium seharga Rp 120.000 /per bulan atau Rp 1.250.000 /per tahun.

Syarat Utama Dapat Gaji Monetisasi dari X / Twitter

  1. Memiliki akun X Premium atau Terhubung dengan Organisasi yang terverifikasi.
  2. Memiliki minimal 5 juta impresi organik yang didapatkan dari semua postingan 3 bulan terakhir
  3. Memiliki minimal 500 followers

Saat ini ada 2 jenis monetisasi yang tersedia di aplikasi X agar Anda sebagai pengguna mendapatkan penghasilan atau menerima bayaran. Pertama ada monetisasi dari bagi hasil iklan (Ad Revenue Sharing) yang ada di X dan yang kedua ada monetisasi dari subscriber yang membayar biaya langganan ke akun Anda.

Selain syarat utama diatas, ada juga syarat umum agar akun X yang kita miliki mendapat izin untuk mengaktifkan fitur monetisasi seperti fitur subscribe berbayar dan bagi hasil dari pendapatan iklan di X atau Twitter.

Jumlah Minimal Views Dikurangi jadi 5 Juta Views

Salah satu syarat paling sulit agar bisa mengaktifkan monetisasi di akun X yang kita miliki adalah jumlah minimal views. Mungkin Anda mempunyai uang untuk berlangganan Twitter / X Premium tapi belum tentu akun Anda bisa mendapatkan lebih dari 15 juta view dalam waktu 3 bulan.

Belum lagi views yang dihitung hanya dari akun yang telah berlangganan Twitter Blue yang sekarang berubah nama menjadi X Premium. Jadi jika Anda membuat ribuan akun fiktif pun itu semua tidak akan masuk hitungan karena akun - akun tersebut tidak terdaftar sebagai akun Premium.

Sekarang batas minimum itu sudah diturunkan dari 15 juta view menjadi 5 juta view dalam waktu 3 bulan terakhir atau 90 hari terakhir. Walaupun 5 juta view masih termasuk angka yang sangat tinggi, tetapi jika dibandingkan sebelumnya yang sampai 15 juta, maka perubahan ini termasuk angin segar bagi para pemula.

Mendapatkan 500 Followers itu PR besar bagi sebagian orang

Bagi seorang public figure mendapatkan 500 followers itu sangat mudah, sudah terbukti saat beberapa artis atau orang yang sebelumnya memang sudah terkenal membuat akun baru, ribuan bahkan puluhan ribu orang sudah otomatis jadi followers mereka walalupun hanya baru satu kali update status.

Berbeda dengan orang baisa yang sebelumnya jarang berinteraksi di sosial media atau hanya berinteraksi hanya sebatas dengan orang dekat, mendpatkan 500 followers itu lumayan sulit apalagi dengan akun biasa tanpa logo verifiied.

Tetapi bukan suatu hal yang mustahil jika kita berusaha terus pasti akan ada orang yang tertarik untuk jadi followers kita apalagi jika konten atau media yang kita bagikan disukai dan bermanfaat bagi orang lain. 

Tetap harus berlangganan X Premium (Verified)

Meskipun nantinya Anda akan mendapatkan uang dari aktivitas anda di Twitter/X, Anda tetap diwajibkan untuk berlangganan akun X Premium yang ditandai dengan simbol verified (centang biru) di akun Twitter Anda.

Saat ini harga untuk berlangganan X Premium di Indonesia sebesar Rp 120.000 (seratus dua puluh ribu rupiah) / per bulan, atau Rp 1.250.000 (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) /per tahun. Dengan berlangganan Twiiter atau X Premium Anda bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan yang hanya bisa digunakan oleh pemilik akun verified/premium.

  • X Premium Rp 120.000 /per bulan
  • X Premium Rp 1.250.000/ per tahun

Jika sudah mendapat gaji atau monetisasi dari Twiiter sepertinya harga diatas tidak masalah, namun jika dibandingkan dengan biaya berlangganan lain seperti Netflix dan media hiburan lainnya, harga ini menurut saya masih mahal, apalagi Twitter itu masih termasuk kategori sosial media, bukan media hiburan, yang berarti kalaupun kita berlangganan Twitter, tidak menjadi akan ada hiburan saat kita mengakses Twitter.

Maka dari itu, jika Anda hanya pengguna biasa yang tidak terlalu bergantung kepada Twitter, akun biasa tanpa berlangganan pun sudah cukup sebenarnya. Kecuali Anda ingin mengejar monetisasi atau gaji dari Twiiter maka berlangganan Twitter itu wajib.

Keuntungan berlangganan X Premium (Verified)

  • Mendapatkan prioritas lebih di setiap percakapan dan di hasil pencarian.
  • dapat melihat 2x lebih banyak post diantara iklan di halaman "For You" dan "Following".
  • Dapat menambahkan efek "bold" dan "italic" di postingan /tweet yang dibuat.
  • Bisa upload video dengan durasi lebih panjang dengan kualitas 1080p.
  • Bisa membuat tweet panjang. Anda bisa membuat postingan, reply dan quotes hingga 25000 karakter.
  • Edit Post /Tweet hingga 5 kali dalam 30 menit
  • Profile picture yang Anda gunakan bisa dijadikan NFT yang otomatis Anda miliki.
  • Dapat semua fitur Twitter Blue seperti Edit Tweet, Bookmark Folder dan akses lebih awal ke fitur terbaru.

Syarat umum agar bisa melakukan monetisasi di X / Twitter

  • Negara Anda sudah masuk kedalam daftar program monetisasi X / Twitter
  • Umur 18 Tahun atau lebih
  • Mempunyai 500 followers atau lebih
  • Akun Twitter sudah aktif minimal 3 bulan terakhir.
  • Melengkapi profile seperti nama, bio, profile picture, dan gambar header.
  • Alamat email sudah terverifikasi
  • Mengaktifkan two-factor authentication
  • Tidak terafiliasi dengan media milik negara
  • Tidak melanggar peraturan Twitter secara berulang
  • Belum pernah melanggar peraturan sebagai pengiklan
  • Menghubungkan akun Stripe untuk menerima pembayaran

Semoga informasi mengenai tutorial atau syarat - syarat untuk dapat gaji dari monetisasi X atau Twitter ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!