Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya

YouTube telah mengeluarkan fitur terbaru agar konten kreator bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan, fitur itu bernama YouTube Super ...
Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya

YouTube telah mengeluarkan fitur terbaru agar konten kreator bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan, fitur itu bernama YouTube Super Chat. Singkatnya, fitur ini sama seperti gift atau donasi secara langsung kepada pemilik channel (YouTuber). Lalu bagaimana agar kita bisa mengaktifkan fitur ini?

Fitur Super Chat ini membawa 2 fitur lainnya, jadi ada 3 fitur yang bisa digunakan saat in di YouTube yang berhubungan dengan donasi atau memberikan hadiah langsung kepada YouTuber.

  • Super Chat
  • Super Thanks
  • Super Sticker

Fitur seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru, situs live streaming Twitch sudah menerapkan konsep donasi ini sejak lama, begitu juga dengan TikTok dan aplikasi berbagi video lainnya. Hanya saja mereka menggunakan istilah yang berbeda dan yang paling umum adalah menggunakan istilah "gift".

Selain Super Thanks, YouTube juga memperkenalkan fitur baru bernama YouTube Handle, untuk pembahasan lengkapnya silahkan baca tulisan dibawah ini.

Baca juga: Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?

Apa bedanya gift dan super chat di YouTube? 

Jika anda adalah orang yang sering melihat tayangan langsung atau live streaming di berbagai aplikasi seperti Twitch, Bigo, Nimo TV, Nonolive, Facebook Gaming, dll, pastinya tidak asing dengan istilah "gift" atau hadiah atau saweran.

Bedanya, gift menggunakan satuan yang unik seperti koin, diamond, bunga, singa, paus, dll, dan setiap gift tersebut memiliki nilai beragam. Berbeda dengan istilah gift, Super chat di YouTube langsung menggunakan satuan uang seperti dolar atau rupiah (sesuai mata uang negara masing - masing).

Contoh transaksi gift

Contoh, anda ingin memberi saweran di tiktok kepada saya yang sedang live. Pertama anda melakukan topup koin tiktok. Kemudian koin tiktok tersebut anda bisa gunakan untuk membeli gift untuk diberikan kepada saya saat live. Bersamaan dengan itu, anda juga bisa menambahkan pesan atau kata - kata saat mengirim gift yang nantinya bisa dibaca oleh saya saat sedang live. 

Nantinya, pihak TikTok merubah gift tersebut menjadi berupa uang kembali dan dikirim ke akun TikTok saya. Tentunya setelah dipotong biaya bagi hasil antara pihak tiktok dan saya sebagai penerima gift.

Contoh transaksi super chat

Contoh, anda ingin memberikan saweran saat saya sedang live. Anda hanya perlu menekan tombol Super Chat di area live chat kemudian anda bisa memilih nominal uang yang ingin anda berikan kepada saya. Selanjutnya anda bisa menambahkan kata - kata atau pesan bersamaan dengan pemberian saweran tersebut.

Jika anda sudah memilih nominal dan menuliskan pesan, selanjutnya anda akan diminta untuk mebayar sesuai nominal uang yang dipilih (belum termasuk pajak) kepada pihak YouTube. Pembayaran berhasil, pihak YouTube akan meneruskan uang yang anda kirim kepada akun youtube saya (Setelah dipotong bagi hasil dengan YouTube tentunya).

Jadi, apa perbedaannya?

Jika dilihat dari contoh transaksi memberikan gift dan super chat diatas, proses transaksi super chat lebih singkat dibanding transaksi memberikan gift. Untuk memberikan gift anda harus melakukan top up terlebih dahulu, sedangkan dengan super chat anda bisa langsung bertransaksi dengan nominal uang.

Ingin melakukan live streaming tapi aplikasi streaming terlalu berat untuk komputer? Silahkan coba alternatif live streaming menggunakan fitur gratis dari Nvidia Geforce Experience. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca tulisan dibawah ini.

Baca juga: Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience

Apa Itu Super Chat, Super Thanks dan Super Sticker di YouTube?

Super Chat YouTube adalah fitur yang disediakan oleh YouTube agar penonton dapat memberikan donasi secara langsung kepada YouTuber saat sedang live streaming. Nominal donasi yang bisa dipilih (saat ini) adalah minimal Rp 20.000,- sampai maksimal Rp 500.000,-

Super Thanks YouTube adalah fitur agar penonton bisa memberikan donasi didalam video on-demand (bukan video live). Nominal donasi yang bisa diberikan sama seperti YouTube Super Chat yaitu mulai dari dua puluh ribu rupiah sampai dengan lima ratus ribu rupiah.

Super Sticker YouTube adalah fitur dimana kita bisa memilih sticker khusus dan menggunakannya didalam live chat saat YouTuber favorit kita sedang melakukan live. Stiker - stiker ini memiliki harga yang berbeda - beda. Nantinya penghasilan dari penjualan stiker ini akan diberikan kepada pemilik channel seperti halnya dana super chat.

Apakah ada bagi hasil untuk YouTube dari setiap donasi Super Chat?

Ada. Setiap donasi yang dikirim baik melalui super chat, super thanks, dan super sticker akan dipotong bagi hasil oleh pihak YouTube sebannyak 30% (tiga puluh persen). Yang berarti kita sebagai pemilik channel akan menerima sebanyak 70% (tujuh  puluh persen) dari total donasi yang diterima dari Super Chat.

Walaupun potongan 30 persen terlihat besar, namun angka bagi hasil ini masih 'lebih baik dari media streaming lainnya. Contohnya Twitch, sekarang para streamer hanya mendapatkan bagi hasil 50/50 untuk setiap sub atau donasi yang didapatkan. Hanya streamer - streamer besar yang masih mendapatkan bagi hasil 70/30 (70% untuk streamer dan 30% untuk pihak Twitch).

Syarat untuk Mengaktifkan fitur Super Chat

Sebelum ke cara mengaktifkan fitur Super Chat di YouTube, sebaiknya anda mengetahui apa saja syarat agar channel kita bisa mendapatkan akses ke fitur super chat ini. Berikut adalah 3 syarat utama yang dari pihak YouTube agar kita bisa mengaktifkan fitur Super Chat

  • Channel kamu sudah dimonetisasi
  • Umur diatas 18 tahun
  • Berada di lokasi /negara yang sudah masuk daftar 

Seperti yang telah dituliskan diatas, jika channel kamu belum memenuhi syarat monetisasi (adsense) maka fitur ini tidak akan tersedia. Jadi silahkan fokus dulu untuk mengaktifkan fitur monetisasi di channel YouTube kamu.

Syarat monetisasi channel YouTube

  • Channel selalu mengikuti peraturan monetisasi di YouTube 
  • Channel tidak pernah mendapatkan peringatan keras dari YouTube (Community Guidelines strikes)
  • Memiliki lebih dari 4000 jam tayang yang valid dalam 12 bulan terakhir
  • Memiliki lebih dari 1000 subscriber
  • Memiliki akun Adsense yang terhubung dengan channel YouTube

Bagaimana Cara Mengaktifkan fitur Super Chat di YouTube?

Pastikan anda telah menerima email dari YouTube yang memberitahukan bahwa channel YouTube anda sudah memenuhi syarat untuk mengaktifkan fitur Super Chat atau Super Thanks. Didalam email tersebut silahkan klik tombol dengan tulisan ENABLE NOW atau ikuti langkah dibawah ini.

  1. Login ke akun Channel YouTube seperti biasa
  2. Buka halaman YouTube Studio. Lanjut buka menu Monetization. 
  3. Pada sub-menu Monetization silahkan buka menu Supers. Kemudian klik tombol GET STARTED. Halaman pop-up perjanjian akan muncul.
  4. Silahkan isi kolom Nama Lengkap, Alamat Email, dan Nama Perusahaan. Jika channel anda milik pribadi (bukan perusahaan) silahkan tulisan "N/A" pada kolom nama perusahaan.
  5. Silahkan ceklis bagian yang menunjukan bahwa anda telah menyetujui semua syarat yang dituliskan diatas. Selanjutnya silahkan klik tombol ACCEPT (TERIMA). Tunggu beberapa saat hingga halaman Supers aktif.
  6. Jika halaman Supers telah terbuka silahkan aktifkan tombol Super Chat, Super Sticker, dan Super Thanks. Selesai.Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Jika semua proses berhasil, anda bisa langsung memeriksanya di semua video yang telah anda buat, akan terlihat fitur/tombol baru di video yang telah anda buat dengan tulisan "Thanks" atau "Terima kasih".

Baca juga: Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Cara melihat laporan atau transaksi Super Chat

Penonton yang memberikan donasi melalui super thanks atau super chat akan terlihat di kolom komentar dengan background warna. Jadi akan terlihat menonjol dari komentar - komentar lainnya. 

Kalaupun anda melewatkannya, anda tetap bisa melihat laporan siapa saja yang telah mengirim donasi melalui super thanks. Semua transaksi atau donasi yang diberikan penonton melalui super chat, super thanks, atau super stickers dapat dilihat di halaman Supers di menu monetisasi di halaman YouTube Studio.

 Apakah chat Super Thanks bisa dihapus? Apakah uangnya akan dikembalikan?

Bisa. Walaupun berstatus chat 'spesial' (karena telah berdonasi), chat tersebut masih bisa dihapus baik oleh pemilik komentar (chat) atau pemilik channel. 

Bisa saja yang memberikan donasi menuliskan kata - kata yang tidak pantas atau memberikan informasi palsu. Maka dari itu, kita sebagai pemilik channel/video masih berhak menghapus komentar (super thanks) tersebut walaupun telah berdonasi.

Bagaimana dengan uang yang telah didonasikan? Dalam informasi yang diberikan oleh YouTube, donasi atau saweran yang telah diberikan akan tetap menjadi hak milik penerima (pemilik channel) walaupun chat super thanks yang dikirim dihapus. Jadi aman ya.

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,5,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,26,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,54,Formula 1,18,Formula E,2,Games,48,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,25,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,266,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,292,Toko Online,51,Tutorial,332,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,14,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,22,
ltr
item
Rindi Tech: Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya
Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilMp52S92vcAL4M698JG5X5QYY8nHnX2xMnKH2hVZdQxItn6KxCktsLVR3ixe6W6Ppn6GSL8MGLpuRjxKf29V6fJEFqaZhSgxmjxzOC71PbuhM5BCD5aUdtzWIasSR4giuonpkr7xpS8MOYlrIf6y_wAtTkoa5ovwLTj6J1oQ90usdTfWMdlRDay6d8w/w640-h356/Apa%20Itu%20YouTube%20Super%20Chat%20dan%20Super%20Thanks%20Bagaimana%20Cara%20Mengaktifkannya.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilMp52S92vcAL4M698JG5X5QYY8nHnX2xMnKH2hVZdQxItn6KxCktsLVR3ixe6W6Ppn6GSL8MGLpuRjxKf29V6fJEFqaZhSgxmjxzOC71PbuhM5BCD5aUdtzWIasSR4giuonpkr7xpS8MOYlrIf6y_wAtTkoa5ovwLTj6J1oQ90usdTfWMdlRDay6d8w/s72-w640-c-h356/Apa%20Itu%20YouTube%20Super%20Chat%20dan%20Super%20Thanks%20Bagaimana%20Cara%20Mengaktifkannya.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/11/apa-itu-youtube-super-chat-super-thanks-bagaimana-cara-mengaktifkannya.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/11/apa-itu-youtube-super-chat-super-thanks-bagaimana-cara-mengaktifkannya.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content