Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
YouTube
Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience
Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience

Berikut ini adalah cara Live Streaming YouTube menggunakan Nvidia GeForce Experience. Dengan cara ini kita bisa langsung melakukan live streaming ke channel YouTube tanpa harus menggunakan aplikasi eksternal seperti OBS, StreamLab, dll.

Seperti judulnya, aplikasi streaming ini hanya bisa digunakan oleh pengguna graphic card (VGA) dengan basis NVIDIA, bukan AMD. Untuk merek GPU/VGA tidak ada batasan, yang penting VGA tersebut menggunakan NVIDIA seperti seri GTX atau RTX.

Berbeda dengan OBS, fitur streaming dari Nvidia ini lebih sederhana dan tentunya memiliki beberapa batasan modifikasi jika dibandingan dengan aplikasi streaming seperti OBS. Namun jika anda menggunakan PC atau Laptop dengan spesifikasi minimal, maka aplikasi streaming dari NVIDIA ini patut untuk dicoba.

Sebelum melakukan live streaming pastikan VGA anda telah menggunakan software / driver terbaru ya. Silahkan periksa dulu dibagian pengaturan driver kemudian pilih >Check for updates.

Pada pengalaman saya menggunakan aplikasi streaming dari Nvidia ini sangat ringan terhadap penggunakan sumber daya di PC. Jika dibandingkan dengan OBS yang bisa menggunakan CPU dan GPU yang lumayan besar, Nvidia GeForce tidak terlalu berat untuk PC ketika digunakan untuk streaming.

Baca juga: Volume Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Cara Login ke Akun Youtube di Nvidia GeForce Experience

Sebelum melakukan Live streaming, ada beberapa pengaturan yang harus diselesaikan termasuk login ke akun Youtube yang ingin digunakan. Jika semua pengaturan ini selesai maka selanjutnya anda tidak perlu lagi melakukan login dan bisa langsung melakukan live streaming.

  1. Buka Gmail /Youtube di browser
  2. Login ke akun Gmail/Youtube yang ingin digunakan untuk streaming lewat Nvidia
  3. Alt+Z hingga In-Game Overlay Nvidia muncul. Jika tidak muncul silahkan buka dulu pengaturan di aplikasi Nvidia GeForce Experience dan aktifkan IN-GAME OVERLAY di bagian General settings.
  4. Silahkan buka menu >Settings (ikon gerigi di bagian kanan menu)
  5. Selanjutnya silahkan buka pengaturan >Connect. Akan muncul beberapa aplikasi streaming seperti Twitch dan Youtube.Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience
  6. Silahkan pilih klik/pilih >Login to Youtube. Pastikan pilihan YouTube benar - benar terseleksi.
  7. Klik tombol >Log in (tombol di kanan-atas). Sistem akan otomatis membuka pengaturan akun Google (YouTube) di browser.
  8. Di halaman akun google silahkan pilih salah satu akun youtube /channel yang ingin dihubungkan ke sistem Nvidia untuk streaming di channel tersebut.Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience
  9. Sistem Google akan meminta anda memberikan persetujuan akses, biasanya dengan tulisan seperti ini: "NVIDIA GeForce Experience wants to access your Google Account" Silahkan klik tombol >Allow (Izinkan).

Selesai. Jika berhasil maka akun Youtube anda akan muncul di bagian Account di pengaturan /Overlay Nvidia dan siap untuk digunakan streaming secara instant dari aplikasi Nvidia ke channel YouTube.

Baca juga: Nvidia GeForce Experience Tidak Bisa Rekam? Ini solusinya

Cara Live Streaming YouTube Dengan Nvidia GeForce Experience

  1. Silahkan klik tombol Alt+Z hingga menu overlay Nvidia muncul.
  2. Kemudian silahkan klik di bagian >Broadcast LIVE
  3. Untuk live pertama saya sarankan untuk klik bagian >Settings terlebih dahulu untuk mengatur kualitas seperti Resolusi, FPS, dan Bitrate video untuk live nanti. Jika sudah mengatur bagian settings untuk live silahkan klik tombol >SAVE. Sistem akan kembali ke halaman utama overlay.Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience
  4. Pada halaman utama overlay silahkan klik lagi bagian >Broadcast LIVE. kemudian pilih >Start.
  5. Pada kolom Destination pastikan anda >pilih logo YouTube (Menandakan bahwa anda akan streaming ke channel di Youtube). Masukan juga judul yang ingin digunakan di bagian Title. Terakhir silahkan atur visibilitas video seperti Public, Unlisted, Private di bagian Audience.
  6. Jika semua pengaturan sudah diisi, silahkan klik tombol >Go LIVE. Jika berhasil maka sistem Nvidia akan langsung melakukan live di channel YouTube anda. *Mungkin ada delay beberapa detik, tapi itu normal.Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience

Selesai Silahkan periksa beberapa detik setelah klik tombol Go LIVE di channel anda, pastikan channel anda benar - benar sudah live.

Baca juga: Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows

Cara aktifkan tampilan Webcam ke Streaming

Jika anda ingin menambhakan tampilan webcam ke live streaming silahkan ikuti langkah dibawah ini. Pastikan kamera eksternal atau webcam sudah terdeteksi di PC/laptop dan bisa digunakan secara normal

  1. Aktifkan kembali menu overlay Nvidia dengan klik Ctrl+Z.
  2. silahkan klik menu >Settings
  3. Selanjutnya silahkan pilih >HUD layout untuk membuka pengaturan tampilan di layar.
  4. Pada halaman layout silahkan pilih tulisan "Camera" kemudian di bagian position silahkan pilih posisi untuk menampilkan kamera.
  5. Jika berhasil, tampilan kamera atau webcam akan otomatis muncul di streaming. 

Jika tampilan webcam atau kamera tidak muncul di streaming pastikan di halaman utama overlay, icon camera (disamping tombol settings) tidak di coret/nonaktif. Jika ikon kamera dicoret silahkan klik icon tersebut hingga tanda coret hilang. 

Baca juga: Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Perbedaan Streaming di Nvidia dengan OBS

Kalau dijabarkan mungkin butuh satu artikel khusus, tapi sesuai pengalaman saya melakukan streaming dengan aplikasi Nvidia GeForce Experience jauh lebih mudah dan jauh lebih ringan dari pada menggunakan aplikasi OBS.

Jika PC anda masih menggunakan spesifikasi jadul atau PC kentang, maka aplikasi yang disediakan oleh Nvidia ini sangat wajib untuk anda coba, apalagi jika anda hanya ingin melakukan streaming sederhana.

Pada pengalaman saya saat menggunakan VGA GTX 750 Ti, pengalaman menggunakan aplikasi OBS sangat beda dengan Nvidia. Di aplikasi OBS kita bisa membuat beberapa penyesuaian dan modifikasi. Kita bisa menambahkan efek transisi, mengatur posisi webcam, menambahkan banyak kamera dan banyak lagi pengaturan yang bisa digunakan.

Namun kembali lagi, OBS ini bisa nyaman digunakan jika anda menggunakan PC atau laptop dengan spesifikasi menengah - atas. Jika spek pas - pasan seperti yang saya gunakan, jangan harap bisa menggunakan OBS dengan lancar. Untuk aplikasi OBS saja bisa menggunakan hampir 50% kapasitas VGA, itupun belum digunakan untuk bermain game.

Jadi kebayang kan bagaimana beratnya menggunakan OBS dengan kapasitas VGA yang sangat terbatas, maka dari itu aplikasi dari Nvidia ini sangat saya sarankan untuk dicoba. Cocok atau tidaknya itu kembali lagi ke preferensi masing - masing.

Semoga cara live streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce untuk Streaming ini bermanfaat. Jika anda mengalami kendala silahkan simpan pertanyaan anda di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUset.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!