Daftar Lengkap Kategori di Youtube - Bagusnya pilih yang mana?

Rindi Putra Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tutorial
YouTube
Daftar Lengkap Kategori di Youtube - Bagusnya pilih yang mana?
Daftar Lengkap Kategori di Youtube - Bagusnya pilih yang mana?

Berikut ini adalah daftar lengkap kategori di Youtube yang bisa dipilih. Dengan daftar ini kita bisa mengetahui video yang akan kita upload ini harus berada di kategori yang mana. Semoga teman - teman semua tidak pusing lagi saat memilih kategori di YouTube.

Dengan banyaknya jenis video di Youtube maka pastinya banyak juga kategori yang bisa dipilih. Namun saat ini sepertinya Youtube belum memperluas atau menambah jenis kategori yang bisa dipilih. Hal ini bisa dipahami karena dengan daftar kategori di Youtube saat ini saja sudah banyak jenisnya dan cukup beragam.

Tinggal kita sebagai youtuber atau pemilik video yang pandai - pandai memilih kategori yang cocok untuk setiap video yang kita upload. Karena dengan pemilihan kategori yang tepat, otomatis sistem atau algoritma youtube juga akan memilihkan penonton yang tepat untuk video kita.

Sebenarnya ada cara yang mudah, yaitu meniru atau mengikuti pilihan kategori yang orang lain pilih. Cara 'meniru' ini menurut saya sangat mudah dan efektif bagi kita sebagai pemula yang mungkin masih bingung harus pilih kategori yang mana.

Dibawah ini kita akan membahas secara lengkap semua kategori yang ada di YouTube dibawah ini:

  • Film & Animasi (Film & Animation)
  • Mobil & Kendaraan (Cars & Vehicles)
  • Musik (Music)
  • Hewan & Peliharaan (Pets & Animals)
  • Olahraga (Sports)
  • Perjalanan & Acara (Travel & Events)
  • Game (Gaming)
  • Blog & Orang (People & Blogs)
  • Komedi (Comedy)
  • Hiburan (Entertainment)
  • Berita & Politik (News & Politics)
  • Cara & Gaya (How-to & Style)
  • Edukasi (Education)
  • Sains & Teknologi (Science & Technology)
  • Nonprofit & Aktivisme (Nonprofits & Activism)

Kenapa pemilihan kategori sangat penting?

Pemilihan kategori yang tepat akan berpengaruh besar kepada kualitas dan minat dari penonton. Jika kita membuat video tentang jalan - jalan atau traveling pastinya kita juga ingin mempunyai penonton yang juga sama - sama punya minat terhadap traveling.

Contohnya, jika kita membagikan video traveling ke group whatsapp yang berisi teman - teman kelas atau alumni pastinya beberapa mereka akan menonton, namun hanya sedikit yang akan berinteraksi seperti komen/menonton video lainnya di channel anda.

Hal ini wajar karena tidak semua teman anda yang nonton memiliki ketertarikan terhadap traveling, maka dari itu dari sekian banyak yang menonton hanya sedikit yang melakukan interaksi seperti memberi like, komen ataupun subscribe.

Dengan pemilihan kategori yang tepat, sistem youtube (atau bahasa keren nya algoritma) akan memunculkan video anda kepada orang - orang yang memang minat terhadap traveling. Dengan begitu, kesempatan untuk video anda ditonton lebih banyak orang akan semakin tinggi.

Daftar Lengkap Kategori di Youtube

Berikut ini adalah daftar lengkap kategori yang bisa kalian pilih saat melakukan upload video ke Youtube. Saya akan coba jelaskan satu - persatu, silahkan dibaca baik - baik dan pilih kategori yang penjelasannya mendekati dengan isi dari video yang anda upload.

1. Film & Animation (Film & Animasi)

Kategori ini biasanya berisi tentang cuplikan, trailer dan review film dan animasi. Silahkan pilih kategori ini jika video teman - teman berisi film utuh atau animasi yang sudah jadi. Review film atau animasi juga bisa memilih kategori ini.

Video mengenai Review atau pembahasan seputar merchandise film juga bisa pakai kategori ini karena penonton - penonton yang tertarik terhadap film juga akan penasaran mengenai mainan atau merchandise dari film yang mereka tonton. 

2. Autos & Vehicles (Mobil & Kendaraan)

Kategori Autos & Vehicle ini biasanya berisi seputar otomotif, mulai dari mobil, motor, pesawat perahu, dan sejenisnya. Kategori in bisa juga dipilih untuk video yang berisikan tentang pameran kendaraan apapun.

Umumnya kategori ini dikhususkan untuk video yang berisi tentang keterangan teknis dari sebuah kendaraan atau apapun yang berhubungan dengan kendaraan. Video yang membahas tentang seputaran asesoris atau peralatan untuk kendaraan juga bisa memilih video ini. 

Untuk video yang berisi mobil - mobil lewat seperti video tentang Tanjakan Sitinjau Lauik yang sangat terkenal itu berada diantara kategori Autos dan Entertainment. Dan menurut saya sebenarnya video seperti ini lebih dekat ke Entertainment karena fokus kepada kejadian yang ada disana, tidak fokus pada mobil atau kendaraan secara spesifik.

Namun sepertinya pemilik video kebanyakan tetap memilih kategori Autos & Vehicles ini. Selama masih mendekati, tidak ada masalah, dan buktinya video mereka tetap mendapatkan banyak penonton atau viewers.

Kategori Autos & Vehicles ini sering digunakan oleh Youtuber Ridwan Hanif, Fitra Eri, Motomobi, dll. Jika video teman - teman konten atau materinya mirip - mirip dengan video - video mereka, silahkan pilih kategori ini.

3. Music (Musik)

Untuk kategori Musik/Music ini hampir sama penerapannya seperti kategori Film & Animation. Pertunjukan, konser, video clip, ataupun review lagu, bisa pilih kategori ini. 

Kategori ini juga bisa dipakai untuk video yang berisi tentang kursus vokal atau alat musik. Sebenarnya bisa juga memilih kategori How to & Style, namun memilih kategori Music juga masih masuk dan cocok. 

Kategori ini juga sering dipakai oleh youtuber yang sering melakukan cover lagu seperti Hanin Dhiya, Eka Gustiwana, dll. Jika teman - teman memiliki video yang sama seperti para youtuber tersebut silahkan pilih kategori Music ini.

4. Pets & Animals (Hewan & Peliharaan)

Seperti judulnya, kategori ini biasanya berisikan tentang hewan peliharaan atau binatang pada umumnya. Video tentang kucing, anjing, ikan, dll. Kategori ini juga sering digunakan oleh channel youtube Panji Petualang dan Alshad Ahmad

Video yang berisi tentang binatang , makanan binatang, dan asesoris binatang juga bisa menggunakan kategori ini. Jika teman - teman memiliki video yang serupa atau mirip - mirip dengan konten tersebut silahkan pilih kategori Pets & Animal ini.

5. Sports (Olahraga)

Kategori ini berhubungan dengan kegiatan atletism termasuk juga tayangan - tayangan olahraha seperti tayangan pertandingan bola, basket, dll. Termasuk juga tayangan analisa ataupu cuplikan - cuplikan pertandingan sperti ESPN, Olympics, NBA, World Cup, Super Bowl, dan channel klub bola seperti Manchester United, Chelsea, dll.

Kategori ini juga sering digunakan oleh para fitness atau gym influencer untuk membagikan konten - konten seputar olah tubuh agar tetap fit. Contoh channel fitness atau gym influencer yang menggunakan kategori sports adalah Ade Rai.

Selain itu, channel yang berisi atau membahas seputar balap mobil dan motor juga bisa menggunakan kategori ini. Contoh channel balap yang menggunakan kategori sports (Olahraga) adalah Formula 1, Nascar, Indycar, dll)

6. Travel & Events (Perjalanan & Acara)

Kategori Perjalanan & Acara (Travel & Events) biasanya berisi tentang review tempat wisata, vlog jalan - jalan ke tempat wisata, tips seputar traveling, dll.

Review atau tayangan sebuah acara atau pagelaran juga termasuk kedalam kategori ini seperti konser musik, pawai, dll.

Walaupun banyak yang membuat konten jalan - jalan seperti travel vlog, namun jarang yang benar - benar menggunakan kategori Travel and events. Salah satu channel yang saya temukan menggunakan kategori ini adalah Channel Youtube milik Adinda Thomas. Semua videonya yang berisi jalan - jalan diberi kategory Travel & Events.

Untuk channel berbahasa inggris dengan kategory Travel & Events ada youtuber bernama Hey Nadine, Cara and Nate, dll.

7. Gaming (Game)

Untuk kategori gaming sepertinya mudah ya, semua konten yang berhubungan dengan video game maka sebaiknya menggunakan kategori gaming agar mendapatkan penonton yang sesuai.

Beberapa Youtuber atau channel yang sering menggunakan kategori gaming diantaranya ada Miawaug, Windah Basudara, MILYHYA, dll.

8. People & Blogs (Blog & Orang)

Kategori People and Blogs di YouTube fokus kepada konten yang berisi tentang cerita - cerita personal, pendapat pribadi tentang sebuah keadaan, dll. 

Kategori ini juga digunakan sebagai kategori Default karena cakupannya sangat luas. Jadi jika anda tidak merubah atau tidak memilih kategori video, maka akan otomatis menggunakan kategori People & Blogs

Jika bingung memilih kategori biasanya kategori People and Blogs ini menjadi andalan karena bisa digunakan untuk hampir semua jenis konten.

Channel yang menggunakan kategori People & Blogs yang bisa saya temukan adalah Channel YouTube Jurnal Risa.

9. Comedy (Komedi)

Kategori komedi biasanya berhubungan dengan hiburan atau entertainment, konten - konten komedi secara khusus bertujuan untuk membuat penontonnya terhibur dan tertawa. Berbeda dengan konten entertainment yang hanya bertujuan untuk menghibur secara umum.

Video yang cocok dengan kategori ini bisa ditemui di channel - channel TV besar seperti acara program sketsa komedi BTS (Bercanda Tapi Santai), Lapor Pak, dll. Walaupun pada kenyataannya acara - acara tersebut menggunakan kategori Entertainment, tetapi secara teori harusnya program TV seperti itu menggunakan kategori Komedi karena secara spesifik bertujuan untuk membuat penonton tertawa. 

10. Entertainment (Hiburan)

Semua konten yang bermanfaat dan mempunyai konsep (walaupun sederhana) bisa masuk kedalam kategori Entertainment. Hampir semua channel TV lokal menggunakan kategori ini di semua video yang di upload, apapun jenis acaranya.

Kita ambil contoh channel TV Trans 7 di Indonesia. Program - program yang dimiliki oleh channel TV ini sangat beragam, mulai dari jalan - jalan (travelling), acara musik, pertandingan olah raga, sketsa komedi, dll. Tetapi semuanya seragam menggunakan kategori Entertainment, apapun jenis programnya.

Kenapa bisa begitu? Sepertinya channel - channel TV ingin mengangkat nama TV nya, bukan program - programnya. Secara umum sebuah program TV memang hadir sebagai hiburan (entertainment), jadi tidak heran jika semua video yang di upload menggunakan kategori yang sama, terlepas dari apapun jenis programnya.

Jadi jika anda mempunyai konten atau video yang bertujuan untuk menghibur, apapun isinya, bisa menggunakan kategori Entertainment.

11. News & Politics (Berita & Politik)

Kategori ini cocok untuk konten atau video yang berisi tentang berita seputar acara - acara politik, sosok atau berita seputar kebijakan pemerintah dan isu - isu sosial yang ada di masyarakat.

Debat politik, analisa kebijakan pemerintah, dan info seputar pemilu termasuk dalam kategori ini. Jika anda tidak mempunyai latar belakang keilmuan yang memadai mengenai ilmu politik, saya sarankan agar anda tidak masuk kedalam kategori ini.

Potensi penonton di kategori ini memang sangat besar, namun sekali anda salah berbicara bisa berurusan dengan hukum. Jadi pikirkan matang - matang jika anda ingin membuat video tentang politik.

Salah satu channel YouTube yang banyak membuat konten politik adalah TvOneNews

12. Howto & Style (Cara & Gaya)

Kategori How to & Style (Cara dan Gaya) ini cocok untuk konten video yang berisi informasi yang membantu penonton, biasanya didalam video terdapat proses yang bisa diikuti atau langkah - langkah dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Channel youtube Rindi Tech juga sebagian besar masuk kedalam kategori ini karena video yang di upload umumnya berisi tentang cara atau langkah - langkah dalam melakukan sesuatu seperti cara mengetahui kategori video di YouTube, cara menggambar di aplikasi CorelDraw, dll.

Selain di segmen teknologi, kategori ini juga cocok untuk video tutorial memasak, tutorial make up, tutorial memilih style pakaian, dll

Beberapa channel yang sering menggunakan kategori How to & Style diantaranya ada Wanda Hanan Rahayu,  Agus Cuguy, Pasril Ponsel, dll

13. Education (Pendidikan)

Kategori Edukasi cocok untuk konten video yang berisi tentang ilmu - ilmu yang sering diajarkan di dalam kelas seperti matematika, bahasa, ilmu sosial, sejarah, dll.

Beberapa contoh Channel YouTube yang fokus di kategori Edukasi ada TED-ed, Khan Academy, Harvard University, dll.

14. Science & Technology (Sains & Teknologi)

Kategori Sains dan Teknologi cocok untuk video yang berisi tentang eksperimen, penelitian, perkembangan terbaru dunia teknologi, dll. Kategori ini biasanya membahas seputar eksperimen, robotik, AI (Artificial Intelligent, Bioteknologi, dll.

Beberapa Channel yang sering menggunakan kategori ini diantaranya ada SmarterEveryDay, SpaceX, Physics Girl, Science Channel, dll

15. Nonprofits & Activism (Nonprofit & Aktivisme)

Kategori ini cocok untuk video - video yang membahas tentang isu yang berhubungan dengan lingkungan, keselamatan hewan, hak asasi manusia, dll. Kategory ini juga cocok untuk konten - konten organisasi yang bergerak di bidang sosial.

Contoh channel - channel yang sering menggunakan kategori ini ada Greenpeace, PETA, Amnesty International, dll.

Kenapa banyak video yang menggunakan kategori yang tidak sesuai tetapi masih bisa mendapatkan banyak penonton?

Pada dasarnya, pemilihan kategori yang tepat untuk sebuah video hanyalah salah satu faktor agar sebuah video bisa mendapatkan banyak penonton, masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi.

Bagi channel yang sudah mempunyai banyak subscriber atau pengikut mungkin pemilihan kategori tidak terlalu berpengaruh terhadap jumlah penonton, tetapi jika channel anda masih baru apalagi belum mempunyai subscriber yang banyak, pemilihan kategori yang tepat bisa membantu meningkatkan performa video di YouTube.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!