Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Berikut ini adalah cara membuat jadwal upload otomatis di YouTube. Istilah lainnya adalah membuat jadwal publikasi otomatis untuk setiap vid...

Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Berikut ini adalah cara membuat jadwal upload otomatis di YouTube. Istilah lainnya adalah membuat jadwal publikasi otomatis untuk setiap video yang sudah selesai di upload. Dengan cara ini kita bisa mengatur kapan sebuah video bisa ditonton secara publik di YouTube.

Bagaimana cara membuat jadwal upload otomatis di YouTube? Caranya sangat mudah, setelah video selesai di upload, pada bagian visibility pilih menu Schedule. Pada menu Schedule silahkan pilih tanggal dan waktu publik untuk video tersebut. Terakhir kita klik tombol Schedule untuk menyimpan pengaturan.

Saat ini channel YouTube banyak yang sudah memiliki sistem seperti di Televisi. Dimana proses pengambilan gambar (syuting) dilakukan dalam waktu yang berdekatan namun waktu tayang setiap episode bisa berjauhan.

Contohnya anda melakukan proses pengambilan video dalam waktu 1 hari penuh untuk 5 episode, di hari kedua anda selesai proses editing dan upload semua video ke channel YouTube. Walaupun semua video telah di upload, ke 5 video tersebut bisa di publish di 5 waktu/hari yang berbeda dengan menggunakan fitur jadwal publish otomatis ini.

Baca juga: Sekarang Jumlah Subscriber YouTube Tidak Boleh Disembunyikan, kenapa?

Apakah jadwal tayang bisa dirubah atau dibatalkan?

Bisa. Yang penting anda melakukan perubahan jadwal sebelum waktu publish. Misalnya anda telah mengatur satu video untuk dipublikasikan pada tanggal 6 Januari 2023, jam 5.30 PM. Anda masih bisa merubah jadwal publish tersebut sampai 6 Januari 2023, jam 5.29 PM. Karena pada jam 5.30 PM video akan otomatis di publish (jika tidak dirubah).

Anda juga bisa mengatur video tersebut kembali menjadi private jika jadwal tayang alternatif nya belum ada. Setelah video menjadi private anda bisa mengatur jadwal publish lagi seperti sebelumnya.

Selain itu anda juga bisa membuat video yang sudah diberi jadwal publish untuk di publish secara instant, tanpa perlu menunggu jadwal. Anda hanya perlu merubah pengaturan terjadwal menjadi publik di bagian visibilitas kemudian klik tombol Publish (seperti upload video biasa).

Baca juga: Cara Mengganti URL YouTube Dengan Nama Channel

Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

  1. Lakukan proses upload video YouTube seperti biasa
  2. Silahkan isi judul video, deskripsi, playlist, upload thumbnail, category, dll. Jika sudah silahkan klik tombol > Next untuk ke pengaturann video element.
  3. Silahkan atur bagian video element sesuai yang anda inginkan, anda juga bisa melewati (skip) pengaturan ini. Selanjutnya silahkan klik tombol > Next untuk melanjutkan ke bagian pemeriksaan video termasuk pemeriksaan copyrights. Jika sudah selesai di bagian pemeriksaan silahkan klik tombol > Next untuk masuk ke pengaturan Visibility.
  4. Pada halaman Visibility silahkan pilih kolom Schedule. Jika berhasil kolom akan membuka pilihan tanggal dan waktu publikasi video
  5. Silahkan pilih tanggal dan jam kapan video tersebut ingin dipublikasikan. (Anda juga bisa membuat video tersebut bersifat premiere dengan aktifkan pilihan > Set as Premiere). Jika sudah mengatur tanggal dan waktu publish silahkan klik tombol > Schedule
    Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Perbedaan video YouTube Premiere dan video biasa

Bagi anda yang belum terbiasa mungkin sedikit bingung perbedaan antara video biasa (Video On Demand) dengan video Premiere di YouTube. Untuk video yang di atur sebagai video Premiere, pada tayangan perdana video tersebut akan ditampilkan seperti halnya video Live, dimana penonton tidak bisa melakukan skip video.

Saat video premiere diputar, akan tersedia halaman live chat (seperti di live video) dimana semua penonton dapat berinteraksi secara langsung selama video tersebut diputar. Setelah video selesai, anda tetap bisa mengirim pesan melalui halaman komentar seperti biasa.

Jika video premiere telah berakhir, video tersebut akan otomatis berubah menjadi video biasa (VOD) dan dapat ditonton kembali dan bisa di skip seperti video YouTube pada umumnya. 

Perhatikan kesiapan video untuk HD version

Jika dipaksakan publish video sebelum versi HD selesai, kualitas video yang tersedia biasanya sangat rendah, dibawah 720p, bahkan kadang hanya tersedia versi SD (480p).

Bagi anda yang sering upload video dengan resolusi minimal 1080p, pastinya anda sering membaca notifikasi tentang video yang selesai di upload namun belum selesai memproses versi HD. Hal ini juga harus diperhatikan dalam menjadwal video di YouTube.

Jika waktu publish terlalu dekat dengan proses upload, kemungkinan kuailtas video yang ditampilkan tidak akan maksimal karena kualitas video maksimal berlum tersedia. Maka dari itu selalu pastikan video yang akan di publish telah selesai melakukan memproses video versi HD.

Apakah ada batasan jumlah video yang bisa diberi jadwal tayang?

Secara spesifik tidak disebutkan maksimal jumlah video yang diber jadwal, tetapi ada peraturan tentang jumlah video yang bisa di upload dalam satu hari (24 jam). Informasi terakhir yang saya dapatkan kita bisa melakukan upload sampai 100 video dalam satu hari. 

Jadi sepertinya batas jumlah video bukan masalah ya untuk kita - kita pengguna yang normal. Umumnya satu channel melakukan upload 1 - 10 video per hari. Mungkin pengecualian untuk pemilik channel stasiun TV, satu hari bisa upload sampai puluhan video karena mereka membagi upload satu acara TV menjadi beberapa video (per-segmen). 

Apakah video yang dijadwal bisa ditonton secara private?

Bisa. Namun hanya bisa ditonton oleh pemiliki akun/channel dimana video tersebut di upload. Jadi walaupun anda membagikan link video tersebut, orang lain tidak/belum bisa menonton video yang sudah diberi jadwal karena memang belum waktunya tayang.

Jika ingin membagikan video yang sudah di upload (namun belum mau di publikasikan) saya sarankan untuk membuatnya menjadi "Unlisted" dulu, dengan begitu link video bisa dibagikan dan ditonton meskipun bukan pemilik video. 

Baru setelah selesai ditonton, silahkan anda beri jadwal seperti diatas.

Semoga tulisan mengenai cara membuat jadwal upload otomatis di YouTube ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,4,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,22,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,53,Formula 1,10,Formula E,2,Games,47,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,24,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,256,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,288,Toko Online,51,Tutorial,325,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,20,
ltr
item
Rindi Tech: Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal
Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgVJPu192MEYVhQzJuXqIUHglbXkJw0aUoAG16oSOEN6xfj8EWNTdomk7Yh2VB1g-ehoxMZvV-5B34xHfFwDGdw8GAaHiixtsY9EBaA1TmV6YGmvGDB_EVFLNQ14CWB4gaFdOdGVbZVEBR1ZlpO8zVtvh5iEPNz8MgTvK-ykQSMmDE1PgqUJ_BYO1f_A/w640-h356/Membuat%20Jadwal%20Upload%20Otomatis%20di%20YouTube%20-%20Publish%20Terjadwal%201.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgVJPu192MEYVhQzJuXqIUHglbXkJw0aUoAG16oSOEN6xfj8EWNTdomk7Yh2VB1g-ehoxMZvV-5B34xHfFwDGdw8GAaHiixtsY9EBaA1TmV6YGmvGDB_EVFLNQ14CWB4gaFdOdGVbZVEBR1ZlpO8zVtvh5iEPNz8MgTvK-ykQSMmDE1PgqUJ_BYO1f_A/s72-w640-c-h356/Membuat%20Jadwal%20Upload%20Otomatis%20di%20YouTube%20-%20Publish%20Terjadwal%201.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/07/membuat-jadwal-upload-otomatis-di-youtube-publish-terjadwal.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/07/membuat-jadwal-upload-otomatis-di-youtube-publish-terjadwal.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content