Cara Install Fix 4G Saja di Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP - Mudah dan Cepat!

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Internet
Tutorial
Xiaomi
Cara Install Fix 4G Saja di Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP - Mudah dan Cepat!
Cara Install Fix 4G Saja di Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP - Mudah dan Cepat!

Berikut ini adalah cara mudah pasang atau install file fix 4G saja di HP Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP. Dengan cara ini Anda tidak perlu repot install ulang ROM yang lama karena kita hanya install file untuk aktifkan sinyal 4G saja. Cara ini saya bisa lakukan dalam kurang dari 5 menit saja!

HP Xiaomi Redmi Note 3 Pro atau biasa juga dikenal dengan nama Kenzo di Indonesia memang sangat problematis. Walaupun harganya murah dengan berbagai macam fitur premium tetapi ada masalah penting yang bisa menjadi red flag saat berniat untuk membelinya apalagi sekarang banyak yang jual second atau bekas pakai.

Walaupun HP ini keluaran tahun 2016, hingga saat tutorial ini ditulis (tahun 2023) HP ini masih bisa digunakan dan masih tetap nyaman untuk penggunaan ringan sehari - hari seperti menggunakan sosial media seperti whatsapp, instagram, twitter /X, YouTube, dll.

Setelah dipasang fix 4G ini HP jadi layak kembali untuk digunakan karena sekarang sinyal 4G sudah menjadi kewajiban agar bisa mengakses internet atau aplikasi apapun itu. Walaupun ada potensi beralih ke 5G sepertinya implementasinya masih lama dan HP Redmi Note 3 Pro ini masih tetap bisa diandalkan untuk beberapa tahun kedepan.

Syarat utama agar bisa menjalankan tutorial install file fix 4G saja seperti di tutorial ini.

  • Sudah install TWRP
  • Sudah Unlock Bootloader
  • Baterai HP diatas 50 %

Jika Anda belum memenuhi ketiga syarat diatas, jangan coba - coba lakukan tutorial dibawah ini karena kemungkinan besar akan berdampak negatif terhadap HP Anda mulai dari Bootloop, error, bahkan bisa sampai mati total.

Bagi yang belum install TWRP dan unlock bootloader silahkan lihat dulu tutorialnya di google atau YouTube, sudah banyak kok yang membuatnya. Begitu juga dengan unlock boot loader, silahkan cari tutorial ubl redmi note 3 pro atau kata kunci sejenisnya di Google atau YouTube. Setelah semua syarat diatas terpenuhi silahkan lanjutkan ke tutorial ini.

Cara ini telah saya coba di Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan MIUI 10 dan berhasil tidak ada kendala. Cara ini juga bisa untuk Anda pengguna MIUI 9 seperti yang ditulis di file prefer 4G dibawah.

Tutorial Install Fix 4G di Redmi Note 3 Pro via TWRP 

  1. Download file fix 4G disini: Patching_Prefer_4G_Kenzo_MIUI9_UBL.zip (via Google Drive)
  2. Copy atau simpan file prefer 4G yang telah di download di memori internal HP
  3. Matikan atau Nonaktifkan HP (turn off)
  4. Tekan Volume atas + Power. Tunggu hinga menu TWRP muncul.
  5. Pada menu TWRP pilih menu "Install".
  6. Cari dan pilih file "Patching_Prefer_4G_Kenzo_..." yang telah disimpan di internal HP.
    Cara Install Fix 4G Saja di Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP - Mudah dan Cepat!
  7. Swipe ke kanan untuk install file. Tombol swipe ditandai dengan tulisan "Swipe to confirm Flash". Silahkan tunggu hingga proses flashing selesai ditandai dengan tulisan "...done".
  8. Setelah selesai di flashing/install silahkan pilih tombol "Reboot system". Jika langkahnya benar HP akan otomatis melakukan reboot atau restart HP.
    Cara Install Fix 4G Saja di Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP - Mudah dan Cepat!
Tunggu saja hingga HP nyala kembali seperti biasa. Jika HP sudah hidup dan normal, silahkan lanjutkan ke tutorial langkah - langkah mengaktifkan sinyal 4G atau Prioritas LTE dibawah ini.

Langkah - langkah Aktifkan 4G atau Prioritas LTE di HP 

  • Setelah selesai memasang file patching prefer 4G diatas dan HP sudah nyala kembali, silahkan buka bagian "Settings"
  • Selanjutnya pilih menu "Kartu SIM dan jaringan seluler" 
  • Pada menu "setelan kartu SIM" silahkan pilih kartu yang akan Anda gunakan untuk akses internet.
  • Buka menu "Tipe jaringan prioritas". 
  • Akan ada 3 pilihan, Prioritas LTE, Prioritas 3G, dan 2G Only. Silahkan pilih "Prioritas LTE". Selesai.
    Cara Install Fix 4G Saja di Xiaomi Redmi Note 3 Pro via TWRP - Mudah dan Cepat!

Jika berhasil logo jaringan di HP anda akan berubah menjadi 4G. Silahkan lakukan test kecepatan internet untuk memastikan apakah langkah yang Anda lakukan sudah benar atau belum. 

 Apakah semua file internal akan terhapus melakukan flashing ini?

Tidak. Pada pengalaman saya, tidak ada file internal yang terhapus ataupun hilang. Saya bisa langsung menggunakan aplikasi yang sebelumnya telah terinsall tanpa ada masalah apapun. Namun unuk jaga - jaga sebaiknya Anda backup atau simpan dulu file penting yang ada di memori internal ke memori eksternal yang ada di HP.

Berbeda dengan install ROM, install prefer 4G ini tidak akan menghapus file internal HP dan hanya membutuhkan waktu sebentar, pada pengalaman saya hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit dan HP Redmi Note 3 Pro saya sudah bisa akses sinyal 4G.

 Apakah Perlu koneksi internet untuk menjalankan tutorial ini?

Anda hanya perlu koneksi internet untuk mendownload file prefer 4G saja. Setelah Anda simpan file prefer 4G di memori internal HP Anda sudah tidak memerlukan lagi koneksi internet karena proses install atau flashing file ke HP hanya perlu menu TWRP tanpa internet.

Mungkin untuk pengetesan sinyal 4G setelah selesai install Anda perlu koneksi internet, tapi setelah proses pemasangan selesai.

Semoga tutorial cara install fix 4G di Redmi Note 3 Pro ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasal. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!