Cara Mudah Memblokir Akun WhatsApp yang Menggangu

Rindi Putra Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Mudah Memblokir Akun WhatsApp yang Menggangu
Cara Mudah Memblokir Akun WhatsApp yang Menggangu

Berikut ini adalah tutorial tentang cara mudah memblokir kontak yang mengganggu di WhatsApp. Jika Anda menggunakan WhatsApp setiap hari seperti saya, Anda mungkin pernah menerima pesan atau panggilan telepon yang tidak diinginkan dari orang yang tidak Anda kenal. Untungnya, WhatsApp memiliki fitur yang dapat mengatasi masalah seperti ini, yaitu fitur memblokir kontak.

Dalam tutorial ini, saya akan membagikan pengalaman saya sendiri, dan memberikan tip jika anda mengalami kendala atau masalah. Setelah selesai membaca tulisan ini, Anda akan mengetahui cara memfilter pesan yang tidak diinginkan, menggunakan aplikasi WhatsApp dengan tenang tanpa gangguan, dan bahkan melindungi diri Anda dari tidak penipuan digital.

Memblokir kontak di WhatsApp memiliki beberapa keuntungan. Pertama, dapat membantu Anda menyaring pesan yang tidak diinginkan, baik itu promosi massal, spam, ataupun percobaan penipuan. Kedua, Anda dapat melindungi privasi Anda dengan mencegah orang tertentu melihat foto profil, status, atau informasi terakhir Anda. Ketiga, cara ini dapat mencegah tidak kejahatan atau intimidasi dari individu yang menolak untuk menghormati batasan Anda. Dengan memblokir kontak, Anda dapat memastikan pengalaman yang lebih aman dan menyenangkan di WhatsApp.

Sebagai pengguna WhatsApp sendiri, saya memiliki beberapa pengalaman buruk dengan kontak yang tidak dikenal. Dari pesan spam yang tak henti-hentinya hingga panggilan dari nomor yang tidak saya kenal, sampai pekerjaan terganggu. Dengan melakukan pemblokiran akun, menjadi solusi yang sederhana dan efektif. 

Selain itu, jika Anda ingin mengambalikan blokir atau unblock kontak WhatsApp yang telah di blok Anda hanya perlu melakukan langkah yang sama dengan mudah.

Cara Mudah Memblokir Kontak yang Mengganggu di WhatsApp

Ikuti petunjuk ini jika Anda telah menyimpan nomor WhatsApp yang ingin anda blok di daftar kontak Anda. Jika Anda belum menyimpan nomornya, lewati tutorial ini dan ikuti metode selanjutnya di bawah.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Anda
  2. Buka halaman Menu Pengaturan (Settings)
  3. Pilih menu "Privasi". (Privacy)
  4. Buka menu "Kontak yang diblokir". (Blocked contacts)
    Cara Mudah Memblokir Akun WhatsApp yang Menggangu
  5. Klik ikon "+" atau "Tambah kontak" untuk menambahkan kontak yang akan diblokir.
  6. Cari dan pilih kontak yang ingin Anda blokir. Jika tidak ada masalah, aplikasi akan langsung menambahkan kontak tersebut ke daftar kontak yang telah diblokir.
    Cara Mudah Memblokir Akun WhatsApp yang Menggangu

Bagaimana jika kontak tersebut baru dan tidak pernah disimpan di buku telepon saya?

Pada pengalaman saya, terkadang ada kontak baru dan tidak dikenal yang mengirim saya chat atau pesan yang berisi spam atau promosi yang sangat mengganggu. Untuk memblokirnya tanpa menyimpan nomornya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka halaman daftar obrolan (Chat) di WhatsApp Anda
  2. Buka chat dari kontak yang ingin Anda blokir seolah-olah Anda ingin mengirim pesan kepada mereka (jangan mengirim mereka apa pun, hanya buka halaman pesan nya saja)
  3. Klik opsi "Menu" dan kemudian pilih opsi "Blokir" atau "Block". Jika Anda tidak menemukan opsi Blokir, coba buka opsi menu "Lainnya" atau "More" lalu pilih opsi Blokir.
  4. Jika Anda tidak menemukan opsi "Blokir", buka saja halaman profil WhatsApp mereka, gulir ke bawah, dan pilih opsi "Blokir".
    Cara Mudah Memblokir Akun WhatsApp yang Menggangu
  5. Jika diperlukan, aplikasi akan meminta konfirmasi, pilih "blokir" lagi jika Anda ingin melanjutkan.

Dalam beberapa kasus, Anda akan ditanya mengapa Anda ingin memblokir kontak tersebut. Pilih saja salah satu opsi seperti 'spam', 'Tidak mendaftar', atau 'lainnya', dan lanjutkan dengan mengklik tombol blokir atau Block.

Ada masalah saat melakukan blokir kontak?

  • Pastikan Anda menginstal WhatsApp versi terbaru di perangkat Anda. WhatsApp sering merilis pembaruan yang memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja aplikasi, sehingga memiliki versi terbaru dapat mencegah terjadinya masalah.
  • Bila masih mengalami kendala, silahkan simpan dulu kontak yang ingin anda blokir ke phone book anda kemudian silahkan blokir dengan cara pertama. WhatsApp menggunakan daftar kontak ponsel Anda untuk menampilkan kontak Anda di dalam aplikasi. Jika kontak yang ingin Anda blokir tidak tersimpan di daftar kontak ponsel Anda, WhatsApp mungkin tidak mengenalinya dan mencegah Anda memblokirnya.
  • Mulai ulang (restart) HP Anda dan buka WhatsApp lagi. Terkadang, hanya dengan memulai ulang perangkat Anda dapat menyelesaikan masalah dengan WhatsApp atau aplikasi lain. Coba tutup WhatsApp, matikan perangkat Anda, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Buka WhatsApp dan coba blokir kontak lagi.
  • Periksa pengaturan ponsel Anda untuk memastikan bahwa WhatsApp memiliki izin yang diperlukan. Jika WhatsApp tidak memiliki izin yang diperlukan, WhatsApp mungkin tidak dapat memblokir kontak atau menjalankan fungsi lainnya. Untuk memeriksanya, buka pengaturan ponsel Anda, temukan bagian aplikasi, dan temukan WhatsApp. Pastikan WhatsApp mengaktifkan izin yang diperlukan, seperti akses ke kontak dan penyimpanan Anda.

Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menghapus dan menginstal ulang WhatsApp atau menghubungi dukungan WhatsApp untuk bantuan lebih lanjut. Penting juga untuk dicatat bahwa memblokir kontak tidak selalu mencegah mereka mengirim pesan atau melakukan panggilan melalui WhatsApp, karena mereka mungkin masih dapat menghubungi Anda melalui cara lain.

Cara efektif untuk ber sosial media dengan lebih tenang 

Memblokir kontak yang mengganggu di WhatsApp adalah cara sederhana dan efektif untuk memfilter pesan yang tidak diinginkan, melindungi privasi Anda, dan memiliki pengalaman WhatsApp yang lebih tenang. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam tutorial ini, Anda dapat dengan mudah memblokir kontak dan merasakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan aman di WhatsApp.

Jika Anda mengalami masalah, jangan ragu untuk mencoba kiat pemecahan masalah atau ajukan pertanyaan di kotak komentar di bawah, atau hubungi customer service WhatsApp untuk bantuan lebih lanjut. Ingat, Anda selalu dapat membuka blokir kontak kapan saja. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!