Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp
Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android dan iOS

Berikut ini adalah cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp atau WA. Dengan cara ini anda dapat merubah tampilan WhatsApp atau wa menjadi mode gelap atau dark mode seperti aplikasi Instagram, Twitter, Youtube, dll.

Seperti Instagram, dark mode di wa juga otomatis aktif ketika anda mengaktifkan mode gelap di pengaturan umum smartphone (khusus untuk smartphone dengan OS terbaru). Tetapi anda juga dapat mengaturnya secara manual dari sistem whatsapp dan akan dijelaskan di dalam tulisan ini.

Spesifikasi Minimal

Untuk Android anda, paling tidak, harus menggunakan versi Android 4.0 / Ice Cream Sandwich (atau lebih baru) dan menggunakan aplikasi versi whatsapp 2.20.13 (atau lebih baru). Selain versi OS dan versi aplikasi wa, jika smartphone anda sudah dapat menginstall whatsapp maka sepertinya tidak ada masalah untuk install whatsapp terbaru.

Untuk versi iOS / iPhone tidak disebutkan minimal versi dari Operating System yang harus dimiliki oleh iPhone anda, yang pasti versi aplikasi whatsapp harus sudah menggunakan versi terbaru. Saat ini memang masih terbatas untuk akun yang telah mendaftarkan diri untuk versi beta, tetapi sepertinya tidak lama lagi akan mulai di update untuk umum.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp

Sebelumnya, mode gelap di whatsapp masih terbatas untuk pengguna yang telah mendaftar sebagai beta tester, sekarang semua pengguna WhatsApp sudah dapat menikmati fitur mode gelap dengan syarat menggunakan aplikasi versi terbaru.

  1. Silahkan periksa versi whatsapp yang digunakan, jika telah menggunakan versi whatsapp 2.20.13 (atau lebih baru) silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika masih menggunakan versi lama, silahkan update terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi whatsapp seperti biasa kemudian buka bagian >Settings (pengaturan) kemudian buka menu >Chats (percakapan)
    Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android dan iOS
  3. Selanjutnya silahkan pilih pengaturan >Theme (Tema)
  4. Dilanjutkan dengan merubah pengaturan Tema menjadi >Dark (gelap) kemudian klik tombol >OK.
    Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android dan iOS
  5. Selesai. Tampilan akan langsung berubah menjadi mode gelap atau dark mode di WhatsApp anda.

Lebih sehat untuk mata?

Mode gelap di WhatsApp bagus untuk mata karena beberapa alasan. Ini mengurangi ketegangan mata dan kelelahan dengan memberikan kontras yang lebih tinggi dan meminimalkan emisi cahaya biru. Mode gelap juga mengurangi silau dan pantulan, sehingga lebih nyaman digunakan di lingkungan terang atau di malam hari. 

Selain itu, ini dapat membantu menghemat masa pakai baterai pada perangkat dengan layar OLED atau AMOLED. Secara keseluruhan, mode gelap di WhatsApp menawarkan pengalaman yang menyenangkan secara visual dan ramah mata, memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan aplikasi untuk waktu yang lebih lama tanpa menyebabkan ketidaknyamanan mata yang tidak perlu.

Update Terbaru!

Sekarang hampir semua HP sudah dapat menggunakan fitur dark mode. Tahap beta tester atau tahap uji coba telah selesai dan fitur dark mode sekarang sudah tersedia di semua perangkat. Jadi silahkan langsung buka pengaturan Theme seperti cara diatas dan silahkan pilih mode Dark.

Semoga tulisan mengenai cara mengaktifkan dark mode di whatsapp ini bermanfaat. Jika anda mengalami kendala silahkan simpan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!