Cara Mengirim Nomor WhatsApp Yang Benar ke Teman di Luar Negeri

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
Cellular
Tutorial
WhatsApp
Cara Mengirim Nomor WhatsApp Yang Benar ke Teman di Luar Negeri
Cara mengirim nomor WhatsApp yang benar ke teman di luar negeri

Berikut ini adalah cara mengirim nomor WhatsApp yang benar ke teman di luar negeri. Dengan cara ini anda tidak perlu bingung lagi dengan penomoran internasional di whatsapp. Jadi bagaimana penomoran yang benar jika ada teman di luar negeri yang meminta nomor kita yang di Indonesia?

Cara ini lanjutan dari cara menambahkan kontak teman dari luar negeri ke WhatsApp. Terkadang walaupun penomorannya benar, tetapi kontak whatsapp tidak muncul di daftar kontak. Dan cara alternatifnya adalah memberikan nomor kita terlebih dahulu untuk disimpan di kontak teman yang ada diluar negeri, dibalik.

Yes. Caranya sangat mudah dan mungkin juga beberapa orang sudah mengetahui ini sejak dulu. Tetapi bagi anda yang belum tahu, tenang, berikut ini adalah panduannya agar kita tidak salah mengirim nomor telepon whatsapp kita ke orang yang ada di luar negeri sehingga kita bisa chattingan atau bahkan video call melalui whatsapp.

Cara mengirim nomor WhatsApp yang benar ke teman di luar negeri

Yang perlu diketahui disini adalah format penomoran internasional pada umumnya. Untuk Indonesia sendiri sebenarnya sudah sering disebutkan ya, yup! kode telepon internasional untuk Indonesia adalah 62. Jadi kita hanya perlu menambahkan kode ini di nomor telepon whatsapp kita. Contohnya seperti dibawah ini.

  1. Contoh, kita akan memberikan nomor HP /whatsapp kita dengan nomor seperti ini: 08123-456-789 (contoh)
  2. Silahkan hilangkan angka nol dibagian awal menjadi seperti ini: 8123-456-789
  3. Lalu tambahkan kode nomor internasional Indonesia (62) jadi seperti ini: 62-8123-456-789
  4. Terakhir awali dengan tanda plus (+) sebelum kode internasional jadi seperti ini: +62-8123-456-789
  5. Selesai. Jadi silahkan berikan nomor anda dengan format seperti ini: +62-8123-456-789

Jadi jika teman anda yang ada diluar negeri bertanya nomor whatsapp anda, jangan berikan nomor dengan awalan nol (08123-456-789) tapi berikan nomor yang sudah diberi format internasional ini: +62-8123-456-789

Jika nomor anda sudah diberikan, silahkan minta teman anda yang diluar negeri untuk menambahkan nomor anda di HP mereka yang terhubung dengan WhatsApp. Jika berhasil, kontak anda akan muncul di kontak whatsapp teman anda, dan bisa langsung chat via WhatsApp.

Mintalah teman anda yang diluar negeri untuk melakukan test chat atau mengirim pesan melalui whatsapp ke nomor anda. Setelah anda menerima Whatsapp dari teman anda, silahkan simpan nomor teman anda tersebut dan anda pun dapat mengirim pesan ke teman yang ada di luar negeri.

Apakah setiap operator berbeda caranya?

Cara ini bisa diterapkan untuk semua operator ya, baik GSM maupun CDMA. Penomoran ini bersifat universal jadi nomor dari operator apapun seperti Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL, 3, dan operator lainnya bisa.

Contohnya jika anda memiliki nomor Indosat dengan nomor 0856-123-456 maka format nomor internasionalnya menjadi +62856-123-456. Begitu juga jika anda memiliki nomor Telkomsel dengan nomor 0812-345-678 maka format internasionalnya menjadi seperti ini: +62812-345-678.

Semoga tutorial cara mengirim nomor whatsapp ke teman di luar negeri ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, April 20, 2023
    Teman saya hidup di Singapura tapi WA nya kok gak aktif tp masih ada PP nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 22, 2023
      Klo PP bisa saja dari foto terakhir yang dipakai sebelum nonaktif, jadi gak akan tetap muncul wlopun gak aktif.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!