Beranda
Cellular
Finance
Tutorial
Cara Paling Mudah Transfer Pulsa Antar Kartu Indosat
Cara Paling Mudah Transfer Pulsa Antar Kartu Indosat

Cara paling mudah transfer pulsa antar kartu Indosat menurut saya adalah transfer pulsa lewat SMS langsung ke operator 151. Selain cara trasnfer pulsa melalui SMS, saya juga akan menambahkan beberapa cara alternatif untuk mengirim pulsa Indosat yang bisa Anda pilih.

Cara ini sering saya gunakan dan bahkan bisa terbilang rutin karena terkadang saya mengisi pulsa hanya untuk perpanjang masa aktif saja, pulsa nya jarang saya pakai karena saya jarang telepon atau SMS dan untuk kebutuhan internet saya biasa menggunakan Internet rumah (WiFi).

Apakah bisa transfer pulsa Indosat ke operator lain?

Tidak. Perlu diingat bahwa mengirim pulsa atau transfer pulsa ini hanya bisa dilakukan dari kartu dengan nomor Indosat ke kartu dengan nomor Indosat juga. Jadi Anda tidak mengirim pulsa dari Indosat ke Telkomsel, atau operator lainnya.

Syarat melakukan transfer pulsa antar kartu Indosat

  • Mulai Mei 2023, biaya transfer pulsa adalah Rp1000,- akan dipoton dari pulsa pengirim.
  • Kartu pengirim harus sudah aktif minimal 6 bulan atau 180 hari
  • Nominal transfer minimal Rp5000 dan maksimal Rp100 ribu
  • Sisa pulsa setelah melakukan transfer minimal harus ada Rp10ribu

Untuk sisa pulsa setelah transfer seingat saya itu hanya Rp5ribu, tapi ada yang bilang Rp10 ribu, jadi agar aman saya tuliskan 10ribu ya diatas sana. Semua syarat diatas harus terpenuhi semua ya, tidak bisa pilih - pilih.

Cara Transfer Pulsa Antar Kartu Indosat

  1. Ketik SMS dengan format seperti ini: Transferpulsa (Spasi) Nomor Ponsel Penerima (Spasi) Nominal pulsa. Contoh: Transferpulsa 085678910987 20000
  2. Kirim SMS tersebut ke 151. Jika tidak ada masalah, sistem akan membalas dengan kode token sebagai metode konfirmasi seperti contoh berikut ini: "No token: bb3e utk transaksi transfer pulsa Rp20000 ke 6285678910987 biaya Rp1000. Balas OK (spasi) <token> ke 151. Utk batal kirim NO. Ref code: ZABCDEFG"
  3. Silahkah balas dengan format: OK (spasi) No token. Pada contoh diatas kode tokennya adalah "aa5c", maka anda harus membalas ke 151 dengan format seperti ini: OK bb3e
    Cara Paling Mudah Transfer Pulsa Antar Kartu Indosat 2023
  4. Apabila proses berjalan lancar Anda akan menerima SMS konfirmasi seperti ini: "Anda mentransfer pulsa ke 6285678910987 sebesar Rp 20000 pada (tanggal transfer) jam 13:10 (Trans.ID =628567891098792833) biaya Rp1000."

Selesai. Silahkan periksa ke nomor penerima pulsa apakah pulsa yang anda transfer sudah diterima atau belum. Jika belum, silahkan tunggu beberapa menit kemudian silahkan lakukan cek pulsa lagi.

Cara alternatif transfer pulsa via USSD/UMB

  • Silahkan buka aplikasi Telepon
  • Hubungi atau lakukan panggilan ke nomor berikut ini: *123*151#
  • Masukan nomor tujuan (penerima pulsa)
  • Masukan nominal pulsa yang ingin Anda transfer
  • Jika tidak ada masalah, sistem akan mengirim anda SMS konfirmasi apakah proses transfer pulsa gagal atau berhasil.

Sebelum pulsa benar - benar di transfer, sistem bisa saja meminta anda untuk melakukan konfirmasi dengan mengirim kode token seperti di cara pertama diatas. Silahkan ikuti perintah tersebut (jika ada).

Cara transfer pulsa via aplikasi MyIM3

  • Jika belum, silahkan download aplikasi MyIM3 dari Google Play (Android) atau App Store (iOS)
  • Silahkan daftar atau login dengan nomor Indosat Anda. Jika ini adalah penggunaan perdana, anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi nomor telepon melalui SMS, silahkan ikuti langkahnya
  • sesuai perintah aplikasi.
  • Jika anda sudah berhasil mendaftar di aplikasi myIM3, silahkan pilih menu "Butuh Bantuan"
  • Anda akan diminta melakukan konfirmasi nomor Indosat yang sedang Anda gunakan.
  • Selanjutnya silahkan pilih menu "Transfer Pulsa"
  • Sistem akan memandu anda untuk langkah - langkah transfer pulsa, silahkan ikuti saja seperti biasa.

Jika tidak ada masalah, sistem akan membantu melakukan transfer pulsa sesuai dengan data - data yang Anda masukan.

Transfer pulsa gagal terus?

  • Pastikan nomor pengirim dan penerima masih aktif dan masih mendapatkan sinyal operator. Untuk mengujinya silahkan lakukan miss call dari nomor pengirim ke nomor penerima, pastikan teleponnya berdering ya (tersambung).
  • Setelah melakukan proses transfer pulsa, silahkan langsung cek pulsa baik di nomor pengirim dan di nomor penerima. Bisa jadi pulsa sudah dikurangi di pengirim tetapi masih proses pengiriman di sisi penerima.
  • Pastikan umum SIM Card anda sudah memenuhi syarat diatas dan pastikan juga pulsa Anda cukup. Ingat syarat minimal sisa pulsa dan biaya transfer pulsa.
  • Berikan jarak waktu 5 - 10 menit kemudian periksa lagi sisa pulsa di kedua nomor penerima dan pengirim. Umumnya memang proses transfer pulsa ini bersifat instant, namun ada kalanya juga mengalami penundaan (delay).
  • Periksa kembali nomor telepon penerima, pastikan anda tidak salah ketik dan nomor nya adalah benar nomor Indosat.
  • Pastikan Anda tidak salah ketik kode token. Jika menggunakan metode SMS, pastikan anda mengetik "Transferpulsa" tanpa spasi ya. Bukan "Transfer pulsa".
  • Jangan lakukan trasfer berkali - kali jika gagal terus, hentikan proses transfer dan bila perlu silahkan hubungi Customer Service Indosat (IndosatCare) di sosial media resmi mereka.

Tutorial transfer pulsa Indosat ini sangat bermanfaat khususnya dalam keadaan darurat. Kita bisa berbagi pulsa dengan keluarga maupun teman yang sama - sama menggunakan kartu Indosat. Sebelum melakukan transfer pulsa pastikan Anda sudah memenuhi syarat - syarat yang telah disebutkan diatas ya.

Jika Anda mengalami kendala silahakn dibaca lagi bagian troubleshooting diatas. Jika masih mengalami kendala silahkan hubungi Customer Service Indosat. Jika memiliki pertanyaan untuk saya seputar pembahasan ini silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!