Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp

Tutorial atau Cara mengirim Foto High Resolution /Full Resolusi di WhatsApp. Jika Anda mencari agar file foto tidak di kompress ini solusinya

Berikut ini Tutorial atau Cara untuk mengirim Foto dengan High Resolution atau Full Resolusi di WhatsApp. Jadi jika Anda sedang mencari cara agar file foto yang dikirim melalui whatsapp tidak di kompress kualitasnya, semoga mendapatkan solusi didalam artikel ini.

Seperti yang kita tahu bahwa mengirim file foto atau video di aplikasi WhatsApp akan di kompres atau diperkecil ukurannya sesuai standar yang telah ditentukan. Seakan - akan kita tidak dapat mengirim video atau foto dengan full resolusi di WhatsApp.

Contohnya ketika kita memiliki foto dengan ukuran yang besar seperti 5 MB, maka sebelum dikirim file tersebut akan dikompresi terlebih dahulu kemudian baru dikirim ke kontak atau group yang kita kirimi.

Dengan begitu ukuran foto yang diterima tidak akan sama dengan ukuran foto yang ada di sumber file (pengirim). Walaupun tidak ada perubahan dalam komposisi gambar tetap saja dapat mengganggu pengalaman berkomunikasi, terutama bagi pengirim yang ingin menunjukan gambar secara detail.

Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp

Perbedaan akan terlihat jika gambar diperbesar (zoom)

sekilas di layar HP mungkin tidak akan terlihat perbedaannya, namun hasil kompresi akan terlihat setelah kita memperbesar gambar (Zoom), gambar akan terlihat pecah - pecah saat diperbesar, walaupun di perbesar sedikit.

Kenapa mengirim foto selalu diperkecil? tidak full resolusi di whatsApp

Bagi teman - teman yang masih heran "kenapa sih foto yang kita kirim selalu diperkecil (di kompres)? kenapa nggak dibiarin aja apa adanya, toh yang bayar kuota kan kita, bukan whatsapp".

Hal ini berkaitan dengan kestabilan dan kelancaran aplikasi tersebut, pihak WhatsApp ingin tetap mengedepankan pengalaman yang nyaman bagi penggunanya, termasuk dalam berkirim foto. Kita tahu bahwa mengirim foto antar kontak selalu ada, tidak hanya satu atau dua foto, tetapi puluhan bahkan ratusan foto dikirim dalam satu waktu.

Jika dalam satu waktu tingkat berkirim file sangat tinggi maka otomotis akan berpengaruh terhadap kelancaran aplikasi. Bisa jadi aplikasi akan berhenti bekerja (error) karena tidak sanggup memproses file yang besar - besar dalam satu waktu (berat). Maka dari itu, solusi (sampai sekarang) yang paling memungkinkan adalah melakukan kompresi terhadap file yang akan dikirim.

dengan begitu Proses berkomunikasi akan tetap lancar secara global di seluruh dunia. dengan demikian juga penerima file foto tersebut akan memiliki ruang penyimpanan yang lebih banyak jika file tersebut telah di perkecil (di kompres).

Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp

Lalu bagaimana cara agar mengirim gambar di WhatsApp tetap dengan ukuran file yang asli, tidak dikompres (diperkecil)? Ada 2 cara agar kita dapat mengirim file foto asli /original di WhatsApp. ikuti langkah - langkahnya dibawah ini:

#1 Cara Pertama (Attach as Documents)

Cara pertama ini kita akan memperlakukan file foto seperti file dokumen secara umum contohnya file PDF Powerpoint, dll. Kenapa? Karena WhatsApp mempunyai pengaturan sendiri terhadap file selain foto dan video, kita diperbolehkan mengirim file dokumen dengan ukuran yang besar sampai 100MB. Pastinya cukup kan jika hanya mengirim file foto! :) Langsung aja ikuti langkah - langkah dibawah ini:
  1. Buka Aplikasi WhatsApp di HP seperti biasa.
  2. Buka /Masuk ke Chat yang ingin dikirimi Foto
  3. Klik ikon Klip (Attach File)
  4. Pilih "Document"
  5. Klik "Browse other docs"
    Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp
  6. Cari dan Pilih file Foto yang ingin dikirim
  7. Klik Send. Selesai!
    Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp

Dengan cara ini kita tetap dapat mengirim file foto dengan jumlah yang banyak seperti biasa. Apabila berhasil didalam chat tidak akan terlihat seperti foto karena yang ditampikan adalah icon file tetapi tidak masalah karena foto akan tetap terlihat jika di klik (tap).

Hal yang perlu diketahui tentang mengirim foto full resolusi di WhatsApp

  • Waktu pengiriman akan lebih lama karena file yang dikirim juga lebih besar
  • Jika mengirim dalam jumlah yang banyak, Perhatikan kuota dan Baterai (Memerlukan lebih banyak Sumber daya walaupun tidak terlalu signifikan)
  • Disarankan mengirim foto dalam beberapa kali pengiriman, tidak sekaligus banyak (agar aplikasi tidak berhenti tiba - tiba atau error)
  • Jika HP penerima tidak mempunyai ruangan untuk menyimpan file maka tidak akan terkirim atau error.
  • Jika tidak bisa menggunakan cara pertama diatas, ikuti cara kedua dibawah ini.

Cara Kedua (Attach as ZIP)

Hampir sama dengan cara pertama tetapi sebelum mengirim kita rubah dahulu file yang akan dikirim ke dalam format .zip ikuti caranya dibawah ini:
  1. Download dan Install aplikasi SEFM: Solid Explorer File Manager (Hanya sebagai contoh, bisa menggunakan aplikasi lain sesuai keinginan, yang penting dapat melakukan kompresi ke format .ZIP)
  2. Buka aplikasi SEFM yang telah di download
  3. Buka Bagian Picture
  4. Pilih foto - foto yang ingin dikirim
  5. Klik tombol Menu (ikon 3 titik kecil) di bagian kanan-atas
  6. Klik Archive
    Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp
    Pic: Guidingtech
  7. Pilih ZIP atau 7ZIP (sama saja)
  8. Beri nama sesuai keinginan
  9. klik Create.
  10. Kemudian kirim file seperti Seperti cara pertama. Selesai!
    Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp
    Pic: Guidingtech
Cara kedua ini memang akan memakan waktu lebih lama dari cara yang pertama, namun dari sisi penerima akan lebih praktis karena semua foto akan berada didalam satu buah file dan tidak perlu melakukan download berkali - kali untuk setiap foto yang diterima.

Semoga tutorial atau cara untuk mengirim foto full resolusi di whatsapp ini dapat membantu teman - teman yang sedang mencari solusi agar foto yang dikirim tidak diperkecil oleh whatsapp. apabila ada pertanyaan atau kendala silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Lainnya Terkait WhatsApp:
Cara Membuat Shortcut ke Langsung ke Chat WhatsApp
Cara Matikan Notifikasi di Group WhatsApp
Cara Menambah Teman WhatsApp dari Luar Negeri
Cara Mudah Mengirim Video dari Facebook ke WhatsApp
Cara Copy-Paste Tulisan Caption pada Foto di Chat WhatsApp
Cara Mengutip (Quote) Pesan /Chat di WhatsApp
Cara Blok atau Unblock Kontak di WhatsApp
Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring Coret di WhatsApp

COMMENTS

BLOGGER
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Corel,6,Crime,18,Google,9,HTML,5,Internet,35,Microsoft,6,Modem,7,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,18,Tips 'n Trick,87,Toko Online,9,Tutorial,108,WhatsApp,18,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp
Cara Mengirim Foto Full Resolusi di WhatsApp
Tutorial atau Cara mengirim Foto High Resolution /Full Resolusi di WhatsApp. Jika Anda mencari agar file foto tidak di kompress ini solusinya
https://2.bp.blogspot.com/-A2-w0KsfAck/WsnIy9_P32I/AAAAAAAAEho/uLdIMiRvQUgwYN0utK-z8col5hOS8sk_ACLcBGAs/s640/Cara%2BMengirim%2BFoto%2BFull%2BResolusi%2Bdi%2BWhatsApp.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-A2-w0KsfAck/WsnIy9_P32I/AAAAAAAAEho/uLdIMiRvQUgwYN0utK-z8col5hOS8sk_ACLcBGAs/s72-c/Cara%2BMengirim%2BFoto%2BFull%2BResolusi%2Bdi%2BWhatsApp.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2018/04/cara-mengirim-foto-full-resolusi-di-whatsapp.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2018/04/cara-mengirim-foto-full-resolusi-di-whatsapp.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy