Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?

Baru - baru ini YouTube memperkenalkan fitur baru bernama Handle, lalu apa itu YouTube Handle dan bagaimana cara merubahnya?. Mudahnya, YouT...

Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?

Baru - baru ini YouTube memperkenalkan fitur baru bernama Handle, lalu apa itu YouTube Handle dan bagaimana cara merubahnya?. Mudahnya, YouTube Handle itu seperti username di aplikasi sosial media. Bisa digunakan untuk mention atau tag channel YouTube.

YouTube handle sangat mirip dengan username di sosial media seperti twitter, instagram, maupun tiktok. Nantinya pengguna bisa melakukan mention atau tag channel youtube dengan alamat handle channel youtube manapun.

Kegunaan fitur Handle di YouTube

  • Bisa digunakan didalam video shorts
  • Alamat handle setiap channel unik (tidak bisa ditiru)
  • Bisa digunakan untuk mention/tag channel didalam video /komentar
  • Memudahkan orang menemukan channel kita
  • Lebih mudah dibagikan

YouTube handle diperkenalkan agar pengguna bisa dengan mudah menemukan channel youtube hanya dengan menggunakan handle. Seperti username, handle ini bersifat unik dan tidak bisa digunakan oleh channel youtube lain.

Seperti yang kita tahu, nama channel YouTube tidak bisa dieksklusifkan. Jadi jika kita membuat channel baru dan menamai channel tersebut dengan nama channel yang sudah ada, bahkan yang sudah terkenal pun bisa - bisa saja. Walaupun bisa dilaporkan oleh pemilik nama original, tetapi itupun harus dengan alasan yang jelas.

Dengan adanya handle, akun lain tidak bisa menggunakan nama handle yang sama yang telah kita pilih.

Selain YouTube Handle, fitur Super Thanks, Super Chat, dan Super Sticker juga telah diperkenalkan untuk para pemilik channel. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca tulisan dibawah ini.

Baca juga: Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Saya hanya penonton dan tidak memiliki channel youtube, apakah bisa mendapatkan fitur handle?

Bisa. Didalam presentasinya, pihak YouTube memastikan bahwa semua akun baik yang memiliki channel atau hanya penonton biasa, semuanya akan mendapatkan nama handle masing - masing.

Awalnya, pihak YouTube membatasi fitur ini hanya untuk channel yang memiliki minimal 100 subscriber. Namun akhirnya peraturan tersebut dicabut sehingga sekarang semua akun akan dapat memilih nama handle masing - masing.

Fitur ini akan diterapkan secara bertahap, jadi ditunggu saja ya. 

Nantinya fitur handle ini juga bisa digunakan saat anda membuat status di youtube, untuk penjelasan yang lebih detail mengenai update status di youtube anda bisa membaca artikel dibawah ini. 

Baca juga: Cara Membuat Status di Youtube (Syarat Posting, Polling, dan Video sharing)

Apa perbedaan Handle dan custom URL channel di YouTube?

Pada dasarnya sama, keduanya diatur agar setiap channel memiliki link/url unik agar tidak tertukar dengan nama channel yang mirip - mirip atau tiruan. Namun handle memiliki fungi lain, yaitu bisa digunakan untuk mention dan tag oleh pengguna lain baik di kolom komentar, judul video, dll.

Pada umumnya jika anda telah memiliki custom url channle, custom url tersebut akan diatur sebagai alamat handle anda. Namun jika anda ingin menggunakan alamat handle yang berbeda, bisa dirubah didalam pengaturan, dengan catatan alamat handle tersebut belum digunakan oleh channel lain.

Sebagai contoh dibawah ini adalah nama channel, alamat custom url, dan alamat handle dari channel Rindi Tech di Youtube.

  • Nama channel: Rindi Tech
  • Custom URL: youtube.com/rinditech
  • Handle: @rinditech (youtube.com/@rinditech)

Data custom url dan handle diatas, memiliki sedikit perbedaan (ada tanda "@"), namun jika kita masukan kedua alamat tersebut di address bar di browser maka akan langsung membuka channel youtube yang sama, yaitu channel YouTube Rindi Tech.

Jika kita melakukan pencarian "Rindi Tech" di kolom pencarian YouTube, bisa jadi yang muncul pertama bukan channel youtube Rindi Tech yang kita maksudkan, yang muncul bisa saja channel youtube lain yang memiliki nama yang sama atau mirip - mirip. Dengan alamat handle, pengguna dipastikan membuka channel youtube yang benar. 

Cara Merubah nama YouTube Handle

  1. Pastikan sudah login ke akun YouTube yang ingin anda rubah
  2. Buka halaman YouTube Studio
  3. Pada menu sidebar silahkan pilih Customization
  4. Pada sub-menu Customization silahkan buka menu Basic info
  5. Jika sudah tersedia, anda akan melihat kolom bernama "Handle". Silahkan masukan nama handle yang anda inginkan di kolom tersebut. Pastikan nama handle tersebut masih tersedia dan bisa dipilih.
    Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?

  6. Jika sudah yakin dengan nama handle anda, silahkan simpan pengaturan dengan menekan tombol Publish.

Jika sudah tersimpan, anda bisa langsung test dengan menuliskan alamat "youtube.com/@nama_handle_yang_anda_pilih" (contoh: youtube.com/@rinditech) di address bar di browser seperti biasa. Jika berhasil maka halaman channel YouTube anda akan langsung terbuka.

Jika anda ingin memulai aktifitas live streaming di YouTube namun spesifikasi komputer anda kurang memadai, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi bawaan dari Nvidia yang tergolong lebih ringan jika dibandingkan aplikasi streaming pada umumnya. Silahkan baca penjelasan lengkapnya di artikel dibawah ini.

Baca juga: Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience

Kolom Handle tidak muncul di pengaturan YouTube?

Jika kolom pengaturan handle tidak muncul, berarti channel anda masih dalam proses antrian. Pihak YouTube mengatakan bahwa proses pemberian akses ke kolom pengaturan handle ini dilakukan secara bertahap dan diperkirakan akan selesai beberapa minggu kedepan.

Nantinya semua channel youtube akan memiliki pengaturan handle ini. Jadi jika anda belum memiliki pengaturan handle, ditunggu saja ya. Pada akhirnya semua channel youtube akan memiliki pengaturan handle di halaman youtube studio.

Pada pengalaman saya di channel youtube Rindi Tech, saya mendapatkan email notifikasi dari YouTube yang menjelaskan bahwa channel youtube saya sudah bisa menggunakan nama handle dan bisa langsung dirubah dari halaman YouTube Studio.

Bagaimana jika saya lupa mengatur nama handle?

Ada kemungkinan kita lupa atau bahkan tidak menyadari adanya fitur baru ini, bagaimana jika kita tidak mengatur nama handle channel youtube dalam waktu yang lama?

Pada umumnya pihak youtube akan mempersiapakan nama handle secara otomatis, umumnya nama handle akan menyesuaikan atau identik dengan nama custom URL atau nama channel youtube yang kita gunakan.

Jika anda terlalu sibuk untuk mengurus channel youtube, anda juga bisa menggunakan fitur jadwal otomatis di YouTube. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca artikel dibawah ini.

Baca juga: Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Bagaimana jika nama handle yang kita inginkan tidak bisa dipilih?

Perlu diingat, maksimal karakter saat memilih nama handle youtube adalah 30 karakter dan pemilihan username handle juga harus tetap mengikuti panduan komunitas YouTube (Youtube's Community Guidlines). 

Jika nama handle tersebut sudah dipakai oleh channel youtube lain, maka kita tidak bisa menggunakan nama handle yang sama. Konsekuensinya kita hanya bisa memilih nama handle yang tersedia.

Seperti halnya memilih username, jika nama handle yang kita inginkan sudah digunakan oleh orang lain maka kita bisa melakukan sedikit modifikasi seperti menambahkan angka atau menambahkan huruf lain yang belum dipakai oleh pengguna lain.

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,5,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,26,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,54,Formula 1,18,Formula E,2,Games,48,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,25,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,266,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,292,Toko Online,51,Tutorial,332,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,14,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,22,
ltr
item
Rindi Tech: Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?
Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMYBUnHBY-4hKummWtwR_var43g2KXZiVpKb8WYfspF9VGmoXENeq0TmD6k6RFBKuS1W_QLqzLP8H7Jrvq22SxRv4c3SbqrPt2YzaPYjnXqKXIXC-qGq51HJCk7nWzvHdKr0NnDECWDsJG2RZKr0qLgG-LAvp-j_Kb20pQo7qLHwgez_h6BlG1fu9RUA/w640-h356/Apa%20Itu%20YouTube%20Handle%20dan%20Bagaimana%20Cara%20Merubahnya%20Cover.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMYBUnHBY-4hKummWtwR_var43g2KXZiVpKb8WYfspF9VGmoXENeq0TmD6k6RFBKuS1W_QLqzLP8H7Jrvq22SxRv4c3SbqrPt2YzaPYjnXqKXIXC-qGq51HJCk7nWzvHdKr0NnDECWDsJG2RZKr0qLgG-LAvp-j_Kb20pQo7qLHwgez_h6BlG1fu9RUA/s72-w640-c-h356/Apa%20Itu%20YouTube%20Handle%20dan%20Bagaimana%20Cara%20Merubahnya%20Cover.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/10/apa-itu-youtube-handle-dan-bagaimana-cara-merubahnya.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/10/apa-itu-youtube-handle-dan-bagaimana-cara-merubahnya.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content