Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius

Maka dari itu, jika sering menggunakan kedua kartu ini, anda akan familiar dengan proses pindah - memindah saldo atau refund dari kartu e-card ke m-card Jenius atau sebaliknya!

Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius
Berikut adalah cara refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius. Dengan cara ini anda dapat melakukan refund atau mengembalikan uang / dana yang telah dipindahkan ke e-Card kembali ke kartu utama (m-card).

melakukan refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan permintaan langsung dari aplikasi, tanpa harus menunggu lama atau menunggu persetujuan.

Jika proses request atau meminta sisteim untuk melakukan refund dari kartu e-card ke m-card Jenius ini anda lakukan dengan benar, tidak butuh waktu lama, 5 menit beres!

Dengan cara ini juga anda bisa lebih mudah untuk mengatur keuangan antar kartu di aplikasi Jenius. Pengaturan anda dapat lebih flexible dan tentunya semoga anda dapat mengelola keuangan lebih baik di aplikasi Jenius.

Perbedaan kartu e-Card dan m-Card Jenius

Pernahkan anda mengalami kesulitan saat akan transfer uang ke rekening lain? Terdapat keterangan "Saldo tidak mencukupi" atau "Amount exceeds your Active Balance"?. Yup! Itu tandanya uang atau saldo yang anda miliki tidak berada di kartu yang tepat.

Kartu e-card dan kartu m-card memiliki nomor kartu dan nomor CVV yang berbeda!

Sederhananya, kartu e-Card pada aplikasi Jenius adalah kartu virtual (tidak ada kartu fisiknya), sedangkan kartu m-Card adalah kartu utama (terdapat kartu fisiknya). 

Fungsi dari kedua kartu tersebut hampir sama, namun umumnya kartu e-Card digunakan untuk bertransaksi online, seperti belanja online dll. Dan kartu m-Card biasanya digunakan untuk transaksi offline, seperti tarik tunai, berbelanja di super market, dll.

Kartu m-card dapat digunakan seperti umumnya kartu debit dan menggunakan saldo yang tersimpan di rekening anda. Kartu e-card tidak dapat digunakan langsung seperti m-card, namun harus 'diisi' dahulu oleh saldo yang ada di rekening Jenius anda.

Maka dari itu, jika sering menggunakan kedua kartu ini, anda akan familiar dengan proses pindah - memindah saldo atau refund dari kartu e-card ke m-card Jenius atau sebaliknya!

Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Login seperti biasa
  3. Buka >menu >Card Center
  4. buka atau pilih e-Card untuk membuka bagian details
  5. klik tombol >More di bagian kanan-bawah layar untuk membuka menu tambahan (popup)
  6. pada menu popup yang muncul silahkan pilih >Refund (kembalikan uang) sampai halaman refund terbuka
    Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius
  7. masukan nominal dana /uang yang ingin anda refund
  8. tekan tombol >Next. halaman konfirmasi akan muncul
  9. Silahkan periksa kembali nominal yang ingin dikembalikan /refund. Kemudian tekan tombol >REFUND
  10. Selesai. Jika proses ini berhasil akan muncul notifikasi seperti ini (jika menggunakan bahasa inggris): "IDR X.000.000 has been refunded from e-Card"
    Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius

Setelah selesai melakukan proses diatas, segera lakukan pemeriksaan saldo yang ada di m-card dan di e-card. Pastikan saldo telah benar - benar berpindah. Jika masih belum berpindah silahkan tunggu beberapa menit sampai sistem benar - benar update.

Salah memasukan nominal?

Kalaupun terjadi kesalahan dalam nominal, anda bisa segera mengembalikannya saat itu juga. 

Misalnya anda melakukan refund dari kartu e-card ke m-card Jenius dengan nominal kelebihan satu nol yang seharusnya IDR 100.000 (Seratus ribu rupiah) anda salah ketik jadi IDR 1.000.000 (satu juta ripiah). 

Kesalahan seperti diatas sebenarnya bukan masalah besar, karena anda dapat mengembalikan dana 900 ribu langsung saat itu juga. Karena sejatinya anda hanya memindahkan uang di antara kantung celana (keduanya tetap milik anda).

Berbeda jika anda sedang mentransfer uang ke rekening milik orang lain, anda harus meminta pemilik rekening tersebut untuk mengembalikan uang yang lebih tersebut. Dan anda hanya bisa menunggu uang tersebut dikembalikan.

Masih belum berpindah?

Proses refund ini sebenarnya termasuk kedalam transaksi instant, jadi anda dapat melihat perubahannya secara langsung. 

Namun jika dana masih belum berpindah kami sarankan untuk menunggu beberapa saat (beberapa menit) sampai sistem benar - benar update. Terkadang sistem juga butuh 'istirahat' kan?

Jika setelah ditunggu dana atau saldo masih belum berpindah silahkan ulangi lagi langkah - langkah diatas. Proses ini juga termasuk kedalam transaksi atau kegiatan yang minim resiko karena sejatinya kita hanya memindahkan dana diantara kartu - kartu yang kita miliki.

Semoga tulisan tentang tutorial atau cara mengembalikan uang atau refund  dari kartu e-Card ke m-Card Jenius ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Android,34,Apple,27,Apps,15,ASUS,15,Automotive,5,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,22,Finance,15,Games,12,Google,19,HTML,5,Instagram,10,Internet,51,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,178,OPPO,1,Productivity,9,Review,38,Robot,1,Samsung,17,Security,33,Social Media,52,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,153,Toko Online,23,Tutorial,179,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,28,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius
Cara Refund dari kartu e-Card ke m-Card Jenius
Maka dari itu, jika sering menggunakan kedua kartu ini, anda akan familiar dengan proses pindah - memindah saldo atau refund dari kartu e-card ke m-card Jenius atau sebaliknya!
https://1.bp.blogspot.com/-VCV7c74KH1g/XaDMX2Oj1sI/AAAAAAAAHA8/za9qWslYHSYkbCOLUSELdfZjv93tw773QCLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BRefund%2Bdari%2Bkartu%2Be-Card%2Bke%2Bm-Card%2BJenius%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VCV7c74KH1g/XaDMX2Oj1sI/AAAAAAAAHA8/za9qWslYHSYkbCOLUSELdfZjv93tw773QCLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BRefund%2Bdari%2Bkartu%2Be-Card%2Bke%2Bm-Card%2BJenius%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/10/cara-refund-dari-kartu-e-card-ke-m-card.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/10/cara-refund-dari-kartu-e-card-ke-m-card.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy