Beranda
Finance
Toko Online
Tutorial
Cara Bayar Pakai Kode QRIS di Aplikasi Jenius
Cara Bayar Pakai Kode QRIS di Apliksi Jenius

Berikut ini adalah cara bayar pakai kode QRIS di aplikasi Jenius. Bagi yang belum tahu, kode QR adalah salah satu jenis pembayaran instant dan QRIS adalah jenis layanan pembayaran dengan metode kode QR. Kepanjangan QRIS adalah Quick Respond code Indonesian Standard.

QRIS saat ini dimiliki oleh salah satu badan usaha milik negara (Telkom Indonesia), jadi jangan heran jika nanti anda menemukan metode pembayaran dengan menggunakan metode kode QR namun tidak menggunakan jasa QRIS. Jadi, gimana cara bayar pakai QRIS?

Cara belanja atau membayar tagihan menggunakan kode QRIS di aplikasi Jenius sangat mudah, anda hanya perlu membuka aplikasi dan memilih menu "Scan QRIS". Selanjutnya silahkan arahkan kamera ke kode QR untuk di scan. Nominal tagihan akan muncul di layar HP, anda hanya perlu melakukan konfirmasi pembayaran dan saldo anda akan otomatis berkurang sesuai tagihan!

Apakah saya perlu daftar qris untuk membayar tagihan?

Tidak. Jika anda berposisi sebagai pembeli atau pihak yang membayar lewat fitur qris, anda tidak perlu membayar apa - apa. Fitur QRIS sudah otomatis tersedia di aplikasi Jenius atau aplikasi keuangan lainnya seperti QRIS Mandiri, QRIS Dana, QRIS Shopee, dll.

Jika fitur qris tidak tersdia di aplikasi keuangan yang anda gunakan, silahkan periksa aplikasi anda, pastikan anda menggunakan aplikasi versi terbaru, silahkan lakukan update aplikasi secara rutin. Jika masih tidak ada, silahkan periksa dengan pihak CS aplikasi yang anda gunakan, pastikan fitur QRIS memang sudah tersedia di aplikasi yang anda gunakan.

Cara Bayar Pakai Kode QRIS di Aplikasi Jenius

  1. Buka aplikasi Jenius dan masuk ke akun anda
  2. Pastikan saldo anda cukup untuk membayar tagihan pembayan
  3. Klik tombol "Scan QRIS". Jika tidak ada masalah, layar akan otomatis membuka tampilan kamera HP
  4. Arahkan kamera HP ke kode QR yang anda ingin scan/bayar. Pastikan semua bagian kode QR berada di dalam layar. Tahan dan tunggu hingga halaman "QR Payment" muncul
  5. Silahkan periksa jumlah tagihan dan nama merchant/toko yang akan menerima pembayaran. Anda juga dapat merubah kategori pembayaran di kolom kategori
  6. Jika semua data sudah benar, silahkan klik tombol "NEXT" (Lanjut). Pada halaman ini aplikasi akan menunjukan jumlah transaksi, transaction fee, dan tip for merchant (jika tersedia) Cara Bayar Pakai Kode QRIS di Apliksi Jenius
  7. Terakhir, silahkan klik tombol "PAY NOW" (Bayar Sekarang). Jika tidak ada masalah, saldo anda akan otomatis berkurang sesuai nominal tagihan dan akan muncul notifikasi transaksi seperti "You just paid "NOMINAL PEMBAYARAN" to "NAMA MERCHANT" with ref. ID #000000" (Notifikasi bisa menggunakan bahasa Indonesia/ Bahasa Inggris, sesuai pilihan bahasa di aplikasi Jenius anda)

Untuk memastikan apakah transaksi berhasil atau tidak, silahkan buka juga halaman daftar transaksi keluar masuk "View In Out". Jika masih ragu, langsung tanyakan saja ke merchant/toko yang menerima pembayaran, harusnya mereka juga mempunyai data transaksi terbaru secara instant.

Apakah ada biaya transaksi menggunakan QRIS?

Tidak. Saat saya menggunakan metode pembayaran q ris sebagai pembeli, tidak ada potongan apapun di detail pembayaran. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada toko/merchant yang menambahkan biaya transaksi (transaction fee) di setiap pembayaran.

Namun, jika anda toko/merchant yang menerima pembayaran menggunakan QRIS, maka ada beberapa biaya yang harus anda tanggung di setiap transaksinya. Biaya ini disebut MDR (Merchant Discount Rate) yang telah disusun oleh PT Telkom Indonesia (pemilik QRIS).

Selain biaya MDR, toko/merchant pengguna QRIS juga akan dikenai tagihan untuk biaya admin Bank sebesar 2000 - 3000 (Tergantung nominal transaksi) dan biaya SKN (jika menggunakan bank selain Bank BCA, Mandiri, dan BRI).

jadi, semua biaya transaksi dibebankan kepada penjual sebagai pemilik toko/merchant.

Bisakah Bayar QRIS pakai ShopeePay?

Bisa. Jika anda buka halaman saldo ShopeePay, anda akan melihat logo QRIS di bagian atas layar. Hal ini menandakan bahwa sekarang ShopeePay sudah bisa melakukan pembayaran melalui metode kode QRIS. Untuk membayar QRIS pakai ShopeePay silahkan ikuti langkah dibawah ini

  • Buka aplikasi Shopee kemudian buka halaman "saldo ShopeePay"
  • Klik atau pilih menu "Bayar" dengan ikon scanner. Tampilan kamera HP akan terbuka
  • Arahkan kamera HP ke kode QRIS yang ingin anda bayar. Jika tidak ada masalah, halaman Pembayaran akan muncul
  • Masukan nominal yang ingin dibayarkan. Anda juga bisa menambahkan deskripsi pembayaran seperti "untuk makan, bayar pulsa, dll". Jika semua data sudah dimasukan silahkan klik tombol "Lanjutkan"
  • Terakhir, silahkan periksa kembali detail pembayaran, jika sudah yakin silahkan klik tombol "Bayar Sekarang". Aplikasi akan meminta anda untuk melakukan verifikasi transaksi dengan sidik jari atau password seperti biasa.

Jangan Asal Scan Kode QR!

Dengan banyaknya pilihan pembayaran online seperti sekarang ini, banyak juga celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Jangan asal scan kode QR, pastikan merchant/toko sudah terpercaya dan pastikan setiap nominal yang muncul saat bertransaksi menggunakan metode pembayaran QR kode seperti q ris ini.

Kode QR pembayaran biasanya muncul SETELAH anda selesai memesan produk/jasa dan total tagihan atau pembayaran sudah tersedia. Jadi jika anda belum memesan apapun namun anda diminta melakukan scan kode QR, anda patut curiga.

Semoga tulisan mengenai cara bayar pakai kode QRIS di Aplikasi Jenius ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!