Beranda
Finance
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius
Cara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius

Berikut ini adalah cara membeli game di Steam online dengan kartu Jenius. Dengan cara ini anda akan dapat membeli game di steam meskipun anda tidak memiliki kartu kredit untuk pembayaran internasional. Anda hanya perlu memiliki rekening Jenius dari Bank BTPN.

Saat ini Steam hanya menerima pembayaran dari merchant - merchant internasional seperti VISA, Mastercard, PayPal, dll. Untuk kita orang Indonesia masih belum bisa melakukan pembayaran langsung seperti transfer antar bank atau bayar melalui Indomaret atau alfamaret layaknya bayar transaksi toko online.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena sekarang ada alternatif cara pembayaran bagi kita yang ingin membeli game di Steam, tanpa harus memiliki kartu kredit. Dengan kartu virtual dari Jenius saya sudah mempraktekannya dan berhasil membeli game dari halaman Steam.

Akun Jenius & Top up e-Card

Bagi anda yang belum memiliki akun jenius silahkan lakukan pendaftaran lebih dahulu, anda tidak perlu datang ke Bank, cukup lakukan pendaftaran online untuk pembukaan rekening baru. Untuk cara lengkapnya silahkan ikuti langkah - langkah yang ada di artikel dibawah ini:

Setelah itu silahkan isi atau top up akun jenius anda sesuai dengan harga game yang ingin dibeli. Usahakan untuk mengisi saldo lebih dari harga game yang ingin dibeli untuk menjaga perubahan harga atau perubahan kurs mendadak.

Anda juga mengisi saldo sesuai kebutuhan jika anda ingin sekalian menyimpan uang untuk transaksi lainnya juga bisa. Karena pada dasarnya ini adalah akun rekening resmi dari Bank BTPN dengan nama produk Jenius.

Untuk cara lengkap mengisi saldo e-Card Jenius silahkan ikuti langkah - langkah atau tutorial di artikel berikut ini:

Cara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius

Setelah anda memiliki akun rekening Jenius dan mengisi e-Card dengan saldo yang cukup untuk membeli game, silahkan ikuti langkah - langkah cara membeli game di Steam online dibawah ini.

  1. Pastikan anda telah memiliki akun Steam. Jika belum silahkan ikuti tutorialnya di artikel berikut ini: Cara Membuat Akun Steam Online
  2. Silahkan buka aplikasi Steam di komputer
  3. Login dengan akun Steam anda
  4. Buka Menu >Store
  5. Cari dan buka halaman game yang anda ingin beli. Pada contoh ini saya membeli game "Formula 1 2019 Legends Edition".
  6. Klik tombol >Add to chart pada paket game yang anda ingin beli. Halaman shopping chart akan terbuka.Cara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius
  7. Silahkan pilih >Purchase for myself karena saat ini kita membeli game untuk dimainkan sendiri, bukan untuk diberikan sebagai 'gift' atau kado. Halaman payment method akan terbuka
  8. Silahkan masukan data kartu elektronik atau e-Card Jenius yang anda miliki. Pastikan semua data terisi dengan benar. Nomor kartu dan security code bisa anda lihat di aplikasi Jenius.
  9. Jika telah terisi silahkan klik tombol >Continue. Halaman review pembelian akan munculCara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius
  10. Silahkan periksa kembali paket game yang anda pilih dan juga data yang anda masukan. Jika sudah benar dan yakin silahkan ceklis bagian agreement kemudian klik tombol >Purchase (bayar). Halaman konfirmasi pembelian akan muncul.
  11. Saldo yang ada di e-Card Jenius anda akan otomatis berkurang. Pada tahap ini anda telah berhasil membeli game di Steam. Periksa juga email anda untuk bukti dan konfirmasi pembelian. 

Selanjutnya silahkan lakukan langkah instalasi game dengan mengikuti langkah - langkah dibawah ini.

Install game di PC

Setelah membeli game di Steam online dengan kartu Jenius anda bisa langsung download dan menginstall game yang baru dibeli tersebut di PC. Silahkan kitu langkah - langkah dibawah ini.

  1. Klik tulisan >Install content yang ada pada halaman konfirmasi pembelian. Kemudian jendela instalasi akan muncul
  2. Secara default game akan di install di directory C:, jika ingin pindahkan folder install silahkan klik kolom "Choose location for install:" kemudian pilih folder yang ingin digunakan. Selanjutnya klik tombol >NEXT 
  3. kemudian konfirmasi agreement dengan klik tombol >I AGREECara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius
  4. Selesai. Sistem akan mulai download dan install game yang telah dibeli ke PC anda.

Jika telah selesai proses install, anda dapat memainkan game tersebut melalui aplikasi Steam atau bisa juga langsung dari shortcut game di halaman >desktop PC anda. Semuanya sama.

Downloadnya nanti saja, bisa?

Bisa. Atau anda pun bisa menunda proses download dan install jika anda rasa waktu tersebut kurang tepat untuk download game besar. Biasanya untuk download game besar paling enak itu malam hari dan anda bisa tinggal tidur proses download nya. hehe

Kalau anda sudah siap untuk download dan install game nya silahkan buka apliaksi Steam kemudian buka bagian >Library. Disana anda akan dapat menemukan koleksi game yang telah anda beli dan mainkan. Silahkan pilih game yang tadi baru dibeli dan lanjutkan dengan menginstallnya di PC.

Semoga tutorial menengai cara membeli game di Steam online dengan kartu Jenius ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!