Saldo PayPal Bisa Jadi Nol Setelah di Blokir Kominfo? Mungkin Ini Penyebabnya

Sedang ramai tentang kominfo yang sedang aktif bekerja, salah satu dampaknya adalah halaman website PayPal yang jadi tidak bisa diakses. Dan...

Saldo PayPal Bisa Jadi Nol Setelah di Blokir Kominfo? Mungkin Ini Penyebabnya

Sedang ramai tentang kominfo yang sedang aktif bekerja, salah satu dampaknya adalah halaman website PayPal yang jadi tidak bisa diakses. Dan dari beberapa reaksi ada yang membagikan skrinsut chat dimana disana dibilang bahwa saldo PayPal miliknya jadi Nol Setelah di Blokir Kominfo, benarkah bisa begitu? Mungkin ini bisa jadi penyebab aslinya.

Saya sendiri menggunakan PayPal sudah lebih dari 5 tahun, tujuan utamanya ya agar bisa menerima pembayaran secara instant dari luar negeri. Walaupun sekarang sudah jarang, tetapi sekali-dua kali saya masih aktif menerima pembayaran lewat PayPal.

Setelah berselanjar menjelajahi twitter yang sedang trending dengan pembahasan Kominfo yang blokir beberapa situs dari luar negeri dan salah satunya adalah PayPal, ada postingan yang menarik perhatian saya. Yaitu ada yang mengatakan bahwa saldo PayPal yang dimilikinya menjadi nol (kosong) setelah Kominfo melakukan pembatasan akses (blokir).

"Kasian temen ane yang dibayar sama client dari luar negeri pake paypal, saldo dia tadinya ada sekitar 15 ribu dollar, sekarang udah balik ke 0.00 :’v" kemudian dilanjutkan dengan "Sekitar segitu kira-kira. Dia ada rencana mau daftarin orangtuanya buat haji, tapi gara-gara saldonya jadi 0.00, dia langsung depresi banget. Mudah-mudahan dia nggak apa-apa sih." - @Krypton1716

Cuitan diatas saya temukan diantara cuitan - cuitan lainnya yang membalas kepada akun @kemkominfo saat sedang ramai - ramainya pemblokiran yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Apa benar karena 'badai' pemblokiran ini?

Baca juga: Cara Transfer Saldo PayPal ke eCard JENIUS, Berapa potongannya?

Apa benar Saldo PayPal bisa otomatis jadi nol setelah di blokir Kominfo?

Saldo PayPal Bisa Jadi Nol Setelah di Blokir Kominfo? Mungkin Ini Penyebabnya

Tidak, kecuali ada permintaan dari pemilik uang tersebut. "Pemilik uang" disini pun ada dua pihak, pertama yang mengirim (customer) dan kedua yang menerima (pemilik akun PayPal). Jadi jika ada permintaan dari salah satu "pemilik uang" tersebut, pihak PayPal tidak akan bisa seenaknya menarik/memindahkan saldo tersebut.

Sistem PayPal sama seperti sistem bank online lainnya, mereka sangat ketat dalam hal keamanan akun. Sekarang untuk daftar akun PayPal kita harus melakukan verifikasi data secara resmi dengan mengirimkan foto/scan KTP (National ID) agar bisa menggunakan fitur PayPal secara utuh.

Kembali ke "perdebatan" ini, besar kemungkinan si pemilik akun merasa panik (karena situs PayPal di blokir Kominfo) kemudian dia mengakses akun PayPal nya menggunakan VPN atau fitur sejenis lainnya. Setelah berhasil masuk ke akun PayPal miliknya, mungkin karena panik, dia menarik (withdraw) semua saldo yang ada di akunnya.

Saat melakukan transaksi seperti menarik saldo, sistem paypal akan menjadi lebih "agresif" dalam melakukan verifikasi pengguna, mungkin saat melakukan penarikan tersebut sistem PayPal "mencium" hal yang tidak biasa yaitu lokasi user yang berbeda dari biasanya (karena penggunaan VPN atau sejenisnya)

Karena transaksi dianggap "tidak biasa", kemungkinan besar sistem PayPal melakukan tindakan pencegahan yaitu membekukan semua transaksi yang sedang berjalan, sampai semua "kecurigaan" tersebut bisa dihilangkan oleh pemilik akun.

Pada posisi ini sangat mungkin bahwa saldo di akun menjadi nol (karena sudah melakukan permintaan penarikan) tetapi uangnya tidak kunjung sampai ke rekening bank lokal (karena keburu dibekukan sementara oleh PayPal).

Mungkin si pemilik akun ini lupa atau belum tahu bahwa sistem kemanan PayPal sangat sensitif terhadap apapun yang "tidak biasa". Dengan menghapus cache saja, sistem PayPal tidak akan lagi mengenali komputer/device yang kita gunakan sebelumnya. Padahal mungkin kita baru saja login di device yang sama sebelum menghapus cache.

Begitu juga dengan IP address atau lokasi pemilik akun yang tidak biasa, sistem PayPal biasanya akan melakukan tindakan pencegahan seperti memberikan peringatan atau meminta verifikasi ekstra untuk memastikan bahwa yang melakukan login adalah benar - benar pemilik akun.

Baca juga: Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal

Skenario lain saldo PayPal jadi nol: Customer minta refund

Walaupun ini kecil kemungkinan menjadi alasannya, tetapi bisa jadi saldo yang asalnya sudah masuk akun PayPal tersebut diminta kembali (refund) oleh si pengirim uang atau bisa juga pihak PayPal menganggap transaksi tersebut tidak bisa dipercaya dan mengembalikan saldo ke si pengirim.

PayPal memiliki sistem proteksi customer, dimana walaupun uang sudah dikirim, si pengirim masih bisa membatalkan transaksinya dalam kurun waktu yang telah ditentukan, jadi kalau si pemilik akun tidak merasa pernah menarik saldo, bisa jadi karena permintaan si customer yang meminta pembatalan transaksi atau refund.

Atau bisa juga pihak PayPal menganggap transaksi tersebut tidak sah karena salah satu pihak belum masuk "daftar hijau" di PayPal. Misalnya si pemilik akun menerima transferan saldo yang lumayan banyak padahal akun tersebut baru dibuat beberapa hari. Hal semacam ini jelas akan menarik perhatian sistem keamanan PayPal.

Dan masih banyak kemungkinan - kemungkinan lainnya kenapa saldo di akun PayPal nya bisa jadi nol, tetapi yang pasti bukan efek langsung dari kegiatan kominfo yang blokir akses ke PayPal. efek tidak langsung mungkin, karena membuat pemilik akun menjadi panik, tetapi bukan otomatis nol karena di blokir ya.

Baca juga: Cara Cancel Automatic Payment di PayPal

Respon warganet

Beberapa respon pengguna twitter yang melihat tweet saldo PayPal jadi nol tersebut menunjukan bahwa mereka heran karena jika pernah menggunakan PayPal, tidak seperti itu konsepnya.

Ngayal. Bukan mau bela kominfo tapi seriuslah dalam menanggapi ini malah sempet2nya ngedongeng. Saldo 0 itu mustahil kecuali lu sendiri yang ilangin.  Pakai VPN = Restricted, bukan jadi 0. Selama gw pernah di suspend sama paypal tetep kok saldo gue aman. Bahkan paypal ngasih waktu 180 hari untuk suspendnya kelar. Itupun gw kemaren akunnya udah balik lagi karena kontak support. - @miyamandud

Akun twitter diatas menjelaskan bahwa efek menggunakan VPN adalah akun dibekukan (restricted), tapi saldo masih ada dan bisa kembali digunakan setelah status pembekuannya dihilangkan.

Apaan saldo nya kok bisa jadi nol kalo hilang mah ini kesalahan user mungkin dia mau narik tapi VPN jadinya hilang saldo nya  Saya juga punya Paypal tapi ga dipake karna takut kejadian gitu klo maksa narik pake VPN - @ReonNV

Kemudian dibalas

Keknya nyoba buka pake VPN ya mungkin karena panik dengar beritanya - @Krypton1716

Ada juga yang merespon seperti ini.

Mau buka pake vpn pun gk bakal jdi 0, mentok² akunnya limit. Itu ke refund kli ke yg ngirim. Aneh² ajaa pendongeng handal - @comingsun_

Dan masih banyak lagi respon - respon lainnya yang menunjukan bahwa mereka tidak sepakat bahwa penyebab saldo nya jadi nol adalah karena efek langsung dari pemblokiran oleh pihak Kominfo. Mereka beranggapan bahwa ada hal lain yang tidak diceritakan oleh si pemiliki akun PayPal tersebut seperti apakah dia pernah akses menggunakan PVN, apakah dia pernah melakukan percobaan penarikan saldo? dll.

Semoga permasalahan mengenai pemblokiran ini segera selesai ya, semoga yang kehilangan saldo di akun PayPal nya juga bisa segera kembali. Semoga pembahasan mengenai saldo PayPal bisa jadi nol setelah di blokir Kominfo ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi penggun yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,4,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,22,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,53,Formula 1,10,Formula E,2,Games,47,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,24,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,256,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,288,Toko Online,51,Tutorial,325,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,20,
ltr
item
Rindi Tech: Saldo PayPal Bisa Jadi Nol Setelah di Blokir Kominfo? Mungkin Ini Penyebabnya
Saldo PayPal Bisa Jadi Nol Setelah di Blokir Kominfo? Mungkin Ini Penyebabnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYvSQsJVp9zMohfs2TsyFI1QrEr-W-BkSKcoE4mFNjRGZhOwNv7zxAzb0j91YoktK9JpKQE0Clmpt7g5_HbXMSvsct71IHvZMfLHVMGRclXKjbRsWX8KTAWjwvw4-xuu3Kz3aCpfMIJXPo3kOuGY0_w_PzFPovSwb_oEYDSaOAR0yvpG5X_tYECDnb8w/w640-h360/Saldo%20PayPal%20Bisa%20Jadi%20Nol%20Setelah%20di%20Blokir%20Kominfo%20Mungkin%20Ini%20Penyebabnya%201-min.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYvSQsJVp9zMohfs2TsyFI1QrEr-W-BkSKcoE4mFNjRGZhOwNv7zxAzb0j91YoktK9JpKQE0Clmpt7g5_HbXMSvsct71IHvZMfLHVMGRclXKjbRsWX8KTAWjwvw4-xuu3Kz3aCpfMIJXPo3kOuGY0_w_PzFPovSwb_oEYDSaOAR0yvpG5X_tYECDnb8w/s72-w640-c-h360/Saldo%20PayPal%20Bisa%20Jadi%20Nol%20Setelah%20di%20Blokir%20Kominfo%20Mungkin%20Ini%20Penyebabnya%201-min.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/08/saldo-paypal-bisa-jadi-nol-setelah-di-blokir-kominfo.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/08/saldo-paypal-bisa-jadi-nol-setelah-di-blokir-kominfo.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content