Beranda
Finance
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Transfer dari Jenius ke Bank Lain

Cara Transfer dari Jenius ke Bank Lain

Berikut adalah cara transfer dari Jenius ke Bank lain. Dengan cara ini anda dapat melakukan transfer dari akun rekening aplikasi Jenius ke bank lain didalam negeri. Anda dapat mengirim uang /transfer ke berbagai macam bank seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI Syariah, Bank Muamalat dll.

Dengan beberapa penawaran spesial dari pihak Jenius anda juga tidak akan dikenakan biaya transfer antar bank seperti di bank - bank lain. Dengan catatan anda masih termasuk dalam kriteria user yang bisa mendapatkan free biaya transfer antar bank.

Untuk lebih jelasnya tentang peraturan atau syarat untuk mendapatkan gratis transfer dari rekening Jenius ke bank lain ini, anda bisa langsung mendapatkan informasinya dari website Jenius atau bisa juga melalui mesin pencari seperti Google.

Karena kegiatan transfer ini sangat rentan gangguan, sebelum melakukan proses transfer kami sarankan anda untuk memeriksa kondisi HP dan koneksi internet terlebih dahulu. Pastikan koneksi internet stabil dan HP anda dalam keadaan baik (tidak sedang mengalami gangguan atau error).

Cara Transfer dari Jenius ke Bank Lain

Proses transfer uang dari rekening jenius ke rekening bank lain terbagi kedalam 3 bagian seperti dibawah ini, kemudian ketiga bagian tersebut akan dijelaskan secara rinci apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus diisi.  

  1. Tambah nomor rekening (tujuan transfer)
  2. Isi formulir transfer online
  3. Konfirmasi & verifikasi keamanan

Kali ini kita mempraktekannya pada aplikasi Jenius dengan bahasa defaultnya yaitu bahasa Inggris. Jika anda menggunakan bahasa indonesia di aplikasi jeniusnya tidak ada masalah, hanya perbedaan di bahasa saja, untuk proses dan pengisiannya 100% sama!.

1. Tambah nomor rekening

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Login ke akun anda seperti biasa
  3. Buka pilihan >menu (tiga garis memanjang di bagian kiri-atas layar)
  4. Pilih menu >Send it (kirim)
  5. Klik tombol >ADD RECIPIENT (Tambah penerima). Kita asumsikan anda belum pernah melakukan transfer kepada nomor rekening tujuan
  6. Pada halaman Add Recipient silahkan pilih Bank tujuan (bisa dicari dari pilihan bank - bank yang ada).
  7. Selanjutnya masukan nomor rekening (account) tujuan. Karena ini pertama kali anda melakukan transfer ke nomor baru, silahkan periksa kembali nomor tersebut.
  8. Silahkan klik tombol >CHECK (periksa) untuk memerika nomor rekening tersebut secara online. Nama pemilik rekening akan muncul, pastikan sesuai!
  9. Silahkan klik tombol >NEXT (Lanjut) dan halaman formulir transfer akan muncul.

    Cara Transfer dari Jenius ke Bank Lain

2. Isi formulir transfer online (dari rekening Jenius ke Bank lain)

  1. Silahkan masukan nominal uang yang ingin anda kirim /transfer
  2. Pilih tanggal kapan transfer tersebut dilakukan. Jika ingin mengirimnya secara instant biarkan pilihan berada di "Now" (sekarang).
  3. Anda juga dapat mengatur pengiriman secara berkala dari halaman ini. Jika anda hanya ingin sekali kirim saja maka di bagian Frequency biarkan berada posisi "Once" (sekali saja).
  4. Pada bagian Category anda dapat memberikan tanda pada transaksi tersebut seperti Outgoing (dana keluar), Account receivable, additional income, gaji, dll. Jika ini hanya transfer biasa, maka biarkan tetap di kategori Outgoing.
  5. Silahkan masukan catatan personal pada bagian "note" di bagian akhir formulir halaman transfer ini. Anda bisa menuliskan keterangan seperti "uang arisan" atau "bayar hutang bulan kemarin" atau apapu sesuai kebutuhan anda
  6. Jika sudah selesai silahkan klik tombol >NEXT pada bagian bawah layar. Halaman konfirmasi akhir akan muncul.

3. Konfirmasi & verifikasi keamanan

  1. Silahkan periksa kembali data transfer yang telah anda masukan.
  2. jika sudah yakin, silahkan klik tombol >SEND MONEY (kirim uang). Halaman verifikasi akan muncul
  3. Silahkan tuliskan password akun jenius kemudian klik tombol >SUBMIT pada halaman verifikasi ini agar proses transfer segera diproses. 
    Cara Transfer dari Jenius ke Bank Lain
    kiri = isi formulir transfer online | tengah = konfirmasi transfer | kanan = verifikasi keamanan transaksi
  4. Selesai. Jika halaman menunjukan keterangan "Money sent" dengan centang hijau maka anda berhasil melakukan transfer dari rekening Jenius ke bank lain.

Bukti transfer

Setelah sukses melakukan transfer dari rekening Jenius ke Bank lain silahkan klik tulisan >VIEW RECEIPT pada notifikasi /keterangan sukses dikirim. Aplikasi akan membuka halaman tanda terima berupa file pdf yang dapat anda download sebagai bukti transfer terlah berhasil.

Jika anda sudah terlanjut menutup notifikasi transfer sukses, maka tanda terima bisa juga dicari di menu >Card center >m-Card >Transactions. Kemudian silahkan pilih transaksi yang ingin anda lihat dokumen bukti transfer nya.

Silahkan gunakan atau kirim file bukti transfer tersebut atau bisa juga di screenshot saja halaman bukti transfer tersebut kemudian kirim ke penerima untuk dilakukan pengecekan atau konfirmasi untuk memastikan dana telah diterima.

Cara Transfer dari Jenius ke Bank Lain
Bukti transfer berupa file pdf

Tidak perlu mengulang proses

Jika anda telah berhasil menambahkan nomor rekening penerima pada proses transfer diatas, anda tidak perlu lagi melakukan tambah nomor rekening untuk kegiatan transfer selanjutnya.

Jika anda ingin melakukan transfer kepada nomor rekening yang sama, anda cukup memilihnya dari daftar nomor rekening atau kontak yang muncul di halaman transfer (tidak perlu lagi mengulang proses tambah nomor rekening).

semoga tulisan cara transfer dari aplikasi jenius ke bank lain ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan dikolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!