Beranda
Indihome
Internet
Modem
Tutorial
Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome

Berikut ini adalah cara membagi jaringan WiFi Indihome. Dengan cara ini anda dapat menambah atau membagi jaringan atau sinyal WiFi menjadi dua atau lebih jaringan WiFi yang terpisah, tentunya dengan nama WiFi dan juga password yang berbeda untuk semua jaringan WiFi yang dibuat.

Caran nambah WiFi atau cara membagi jaringan WiFi Indihome ini juga dapat anda lakukan lewat HP atau smartphone, tanpa harus menggunakan komputer. Tetapi jika anda dapat mengaksesnya lewat komputer dengan sambungan kabel (RJ45) maka lebih baik.

Pada modem yang diberikan oleh pihak Telkom untuk setiap pelanggan Indihome memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah menambah atau membagi jaringan WiFi Indihome kedalam beberapa nama WiFi yang berbeda, dan pastinya dengan password yang berbeda (jika anda mau).

Dengan membagi - bagi sinyal WiFi di rumah anda bisa lebih mudah untuk melakukan kontrol terhadap pengguna, khususnya bagi pengguna - pengguna diluar anggota rumah. Contohnya, anda membuat 2 wifi Indihome di rumah, yang satu untuk anggota keluarga saja, dan satu lagi untuk teman atau tamu yang datang ke rumah.

Dengan begitu anda dapat dengan mudah untuk mengganti - ganti password, WiFi untuk tamu (jika ingin) dengan tidak mengganggu koneksi WiFi yang dipakai khusus untuk keluarga. Dan manfaat - manfaat lainnya yang bisa anda gunakan dari fitur membagi jaringan WiFi Indihome ini.

Modem Indihome Huawei atau ZTE?

Pihak telkom menggunakan 2 merek modem yang digunakan sebagai router untuk setiap pelanggan, dua merek tersebut yaitu HUAWEI dan ZTE. Cara yang ada pada artikel ini sebenarnya khusus untuk anda yang menggunakan modem Huawei HG8245H atau HG8245A.

Modem HUAWEI

  • Alamat: 192.168.100.1
  • Nama akun: telecomadmin
  • Password: admintelecom

Jika anda menggunakan modem ZTE kami sarankan untuk membaca terlebih dahulu caranya sampai selesai, dan mengerti bagian mana saja yang perlu dirubah. Setelah itu anda dapat mempraktekannya juga di pengaturan modem ZTE anda, walaupun dengan tampilan dan menu yang berbeda.

Modem ZTE

  • Alamat: 192.168.1.1
  • Nama akun: user
  • Password: user

Jika anda tidak bisa login silahkan dicari tahu dulu nama akun dan password modem ZTE anda. Anda bisa google "login modem ZTE Indihome" atau bisa juga langsung bertanya ke petugas Indihome yang terakhir memasang atau melakukan pengaturan di modem anda.

Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome

  1. Pastikan komputer atau HP yang akan digunakan untuk melakukan pengaturan ini sudah terhubung ke modem Indihome yang ingin diatur
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) di komputer atau HP anda
  3. Ketik di address bar alamat berikut ini: 192.168.100.1 kemudian tekan >Enter. Halaman login modem akan terbuka
  4. Masukan nama akun & password modem anda lalu tekan Enter atau klik tombol >Login. (secara default modem Huawei HG8245H memiliki nama akun: "Admin" dan password: "admin", untuk modem ZTE silahkan gunakan nama akun: "user" dan password: "user") Jika masih tidak bisa login, silahkan hubungi CS Indihome untuk bantuan.
  5. Pada menu tab silahkan buka bagian >WLAN untuk membuka pengaturan Wireless /WiFi
  6. Pada bagian pengaturan WLAN silahkan klik tombol "New" yang terletak di bagian kanan-atas. kolom pengaturan SSID /WiFi baru akan muncul
  7. Pada bagian SSID Name silahkan masukan nama WiFi yang ingin anda gunakan di jaringan WiFi baru ini (maksimal 32 karakter).
  8. Pada bagian Enable SSID silahkan klik atau aktifkan centang di kotak pengaturan
  9. Klik tombol >Apply. Modem akan menambahkan WiFi baru dalam pengaturanCara Membagi Jaringan WiFi Indihome
  10. Pada daftar di SSID Index silahkan klik nama WiFi yang baru saja dibuat untuk settings lanjutan
  11. Selanjutnya anda akan menemukan bagian Number of Associated Devices, silahkan masukan jumlah perangkat atau pengguna yang dapat mengakses internet melalui WiFi ini (maksimal 32 user atau pengguna).
  12. Pada bagian authentication mode silahkan rubah menjadi >WPA/WPA2 PreSharedKey
  13. Pada menu Encryption modem pastikan berada di pengaturan >TKIP&AES
  14. Pada tab "WPA PreSharedKey" silahkan ganti atau masukan password sesuai yang anda inginkan (minimal 8 karakter)
  15. Biarkan pengaturan lainnya secara default, kemudian klik tombol >Apply yang terletak di bagian bawah/akhir pengaturan.Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
  16. Selesai. Tunggu beberapa saat agar WiFi melakukan restart dan aktif kembali dengan nama (dan password) yang baru.

Setelah anda selesai melakukan pengaturan diatas, sistem wireless atau WiFi akan melakukan restart. Sinyal WiFi akan hilang beberapa saat kemudian aktif kembali dengan WiFi baru yang telah anda buat diatas.

Sinyal tetap rebutan!

Perlu diketahui bahwa setelah anda menambah jaringan WiFi di modem yang anda gunakan, tidak serta merta membagi dua kapasitas sinyal internet. Pembagian sinyal melalui modem langsung hanya membagi jalur distribusi sinyal saja, untuk kecepatan tetap rebutan layaknya menggunakan satu jaringan WiFi.

Contohnya anda membuat 2 buah SSID atau dua buah jaringan WiFi dari satu modem Indihome, jika disalah satu jaringan ada yang menggunakannya untuk mendownload dengan kecepatan penuh maka jaringan WiFi yang lain tetap akan terkena dampaknya (lemot).

Dengan modem Huawei ini anda bisa membuat sampai 4 (empat) jaringan WiFi dan setiap WiFi bisa menampung maksimal 32 user. 

Apakah bisa mengatur kecepatan WiFi setiap pengguna?

Saat ini fitur yang ada di modem yang diberikan oleh pihak Telkom tidak dapat mengatur atau membatasi kecepatan setiap pengguna sinyal WiFi. Saat ini hanya bisa sampai membagi sinyal saja, seperti yang dibahas di dalam artikel ini.

Jika anda ingin benar - benar mengatur atau membatasi kecepatan setiap pengguna WiFi maka anda harus menambah router seperti mikroTIK atau router lain yang memiliki fitur ini. Adapun aplikasi yang dapat digunakan sampai saat ini masih bersifat sementara, anda harus melakukan pengaturan setiap anda menyalakan komputer.

Semoga tulisan mengenai cara membagi jaringan WiFi Indihome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

58 komentar

  1. Gego Pratama
    Gego Pratama
    Senin, November 28, 2022
    Bang, seandainya ada 2 ssid, yg 1 kita batasi 5 user dan yg 2 kita batasi 10 user. Apakah ketika 15 user ini masuk akan rebutan bandwitch utama? ataukah bandwitch nya terbagi 2 dulu, baru dibagi ke masing2 usernya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 28, 2022
      Tetap akan rebutan
  2. Indragiri
    Indragiri
    Selasa, Mei 03, 2022
    Boz paralel wifi indihome apa harus izin telkom boz?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 04, 2022
      Kalau untuk dikomersilkan (di jual lagi) seperti nya harus ijin dulu.
  3. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 12, 2022
    Bang cara membuat jaringan prioritas di router Huawei gimana ya contoh kasus saya punya WiFi warung Dan saya ingin jaringan di hp saya menerima kecepatan yang lebih tinggi dari hp lain itu gimana ya caranya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 12, 2022
      Setau saya router dari Indihome tidak bisa mengatur kecepatan, hanya bisa membagi. Kalau mau mengatur kecepatan harus pakai router tambahan (yang bisa bagi kecepatan).
  4. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 26, 2022
    Biar roter 2 bisa ganti sandi dengan roter satu gimana bang.soalanya model pararel. Setiap login ke apk roter,selalau muncul roter 1.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 26, 2022
      Maksudnya gimana? Disini masih fokus bahas 1 router ya, router yang dari Indihome. Kalau sudah ada 2 router itu beda lagi, coba aja cari tutorial yang sudah pakai 2 router.
  5. Ningsih
    Ningsih
    Selasa, November 23, 2021
    Bang..jadi kalau menggunakan paket 10 mbps terus membuat 2 username wifi, kecepatannya 10 mbps dibagi dua ya bang ? Bukan tetap 10 mbps ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 23, 2021
      Lebih tepatnya sih dulu - duluan (seperti biasanya), kalau ada yang lagi download full speed, pengguna lain juga akan terpengaruh, baik yang di sesama username maupun yang di beda username.
  6. Wiguna Chayadi
    Wiguna Chayadi
    Jumat, Oktober 29, 2021
    Mau tanya Bang, router indihome saya Lan 4 untuk STB, LAN 2 saya setting untuk smart TV, tapi kenapa smart tv nya malah ada lag ya... Padahal kalau pakai wifi tidak ngelag....
    Terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 29, 2021
      Harusnya sih pakai kabel lebih stabil ya. Berarti ada masalah di sambungannya. Bisa coba dulu koneksinya di laptop/PC. kalau masih masalah, bisa coba ganti kabelnya.
  7. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 08, 2021
    Bang kalau untuk usaha wifi menggunakan provider Indihome, apa ada alat lain yg harus kita siapkan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 08, 2021
      Kalau mau dijadikan usaha harus konsultasikan dulu ke pihak Indihome, soalnya setau saya kalau di komersilkan lagi harus ada ijin dari pihak Indihome nya.
  8. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 23, 2021
    Ini berarti nanti bayarnya 2 jaringan ya bang, wifi A sama wifi B, atau gimana ya bang???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, September 25, 2021
      Nggak. Bayarnya tetap sama. Kan disini kita cuman bagi jalur internet yang kita dapat dari indihome, bukan nambah baru.
  9. Ali Basir
    Ali Basir
    Selasa, September 07, 2021
    Bang mau nanya
    Apa saja modal untuk nyambungin wifi tetangga ke rumah kita... Selain router?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 08, 2021
      kalau penggunaan normal sehari - hari sih router aja sudah cukup, paling siapkan aja kabel yang panjang untuk nyambungin routernya.
  10. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Agustus 28, 2021
    Bang mau tanya kalau saya pasang dirumah tapi tetangga mau gabung tpi pakai router sendiri apakan sinyal yang dirumah saya terbagi sama tetangga?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Agustus 28, 2021
      Kalau langsung colok ke modem Indihome nya sih lebih ke rebutan bandwidth nantinya, bukan bagi dua. Kamu harus pasang router/mikrotik dulu biar bisa ngatur kecepatan/bandwidth ke tetangga, jadinya gak rebutan.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 28, 2021
    bang mau nanya ni.. gmn cranya kita buat 1 router 2 SSID tp beda bandwidth misalnya ssid1 di 2,4 dan ssid2 di 5g..??mksih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 28, 2021
      Kalau itu saya kurang tau, di option nya gak ada pengaturan itu.
  13. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 26, 2021
    Bang cara mengetahui org itu paling banyak memakan signalnya gimana ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 27, 2021
      Bisa dilihat di bagian >Status terus buka bagian >User Device Information
  14. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 20, 2021
    Gan mau nanya, kemaren kan saya sudah paralel tuh wifi nya. Lah sekarang wifi yang paralel nya saya riset untuk ganti pasword soal nya lupa username sma pasword buat login routernya. Habis itu langsung saya konekin kabel nya kok internet ga mau nyambung ya. Apakan harus di komfigurasi ulang ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 20, 2021
      Setau saya sih gak ada hubungannya ganti password wifi sama kabel LAN. Berarti ada yang salah di sambungannya, coba saja dikonfigurasi ulang.
  15. Unknown
    Unknown
    Rabu, April 28, 2021
    Selamat malam bg,
    Saya mau tanya nih,
    Saya dirumahkan pake wifi indihome nih nah terus saya paralelkan sama tetangga saya tapi kok setelah diparalelkan jaringan yg dirumah saya kok jadi lemot ya malahan terkadang sampai tidak ada jaringan. Itu solusinya gimana ya bg biar internet yg dirumah saya tetap stabil seperti semula.?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 29, 2021
      kalau seperti itu harus beli lagi router tambahan seperti MikroTIK jadi bisa atur kecepatan juga, bukan hanya bagi jaringan. Kalau langsung dibagi gitu jadinya rebutan bandwidth.
  16. MRF
    MRF
    Minggu, April 04, 2021
    Untuk penambahan mikroTIK apakah ada penambahan biaya bulanan dari telkom nya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, April 05, 2021
      Gak ada biaya tambahan ke tagihan telkom karena mikrotik itu kita beli sendiri dan pasang sendiri.
  17. Ghix21
    Ghix21
    Minggu, Februari 14, 2021
    bang, solusi dong saya langganan Indihome patungan bareng tetangga. Trus sinyal WiFi ke rumah tetangga sgt lemah,oleh karena itu saya mohon solusi dong bang,bagaimana caranya biar tetangga bisa dapet sinyal yg bagus jga dirumahnya.Terimakasih sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 15, 2021
      Harus pakai wifi extender, banyak yang jual di toko online
  18. exca
    exca
    Rabu, Februari 03, 2021
    Apakah bisa kita melihat ip address device yang digunakan untuk membagi 2 SSID dalam 1 router? jadi maksud saya, untuk mengetahui siapa pelaku yang telah membagi wifi tsb, terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 03, 2021
      Untuk melihat history perubahan bisa dilihat di bagian user log, tapi tidak lengkap dengan IP atau perangkat yang mengakses
  19. Sip
    Sip
    Sabtu, Januari 16, 2021
    Mf nanya, jika saya membuat 2 wifi, wifi 1 buat keluarga dan wifi 2 buat kerja. Apakah saat user wifi 1 melakukan download akan mempengaruhi kecepatan internet bagi user wifi 2? Dan apabila itu bisa mempengaruhi wifi 2, terus apa fungsi pembagian wifi tersebut?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 16, 2021
      Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jika ada yang download kecepatan full maka user lain di wifi lain tetap terganggu. Jadi ini fitur basic yang cuman bisa bagi wifi doang, saya pribadi sangat terbantu sama fitur ini. Tapi kalau mau sama bagi kecepatan juga ya harus beli lagi router tambahan yang fiturnya lebih lengkap.
  20. Opini Kita
    Opini Kita
    Rabu, Januari 13, 2021
    Berapa jmlh ssid untuk WiFi baru yg bisa kita buat gan ? Apakah ada batasan ?
    Terus jg, boleh tidak kita mengatur jumlah user yg bisa akses ssid yg baru kita buat ? Thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 13, 2021
      Jumlah SSID yang bisa dibuat bisa sampai 4. setiap SSID bisa nampung 32 user, jumlahnya bisa dibatasi di kolom 'number of associated devices' dituliskan saja berapa jumlahnya disana.
  21. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 24, 2020
    Software untuk pembagi Bandwidth apa ya gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 24, 2020
      langsung di google saja gan. Sudah banyak juga kyknya tutorialnya. Saya belum berani ngasih rekomendasi karena belum pernah coba
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Otm
    Otm
    Senin, Desember 21, 2020
    kak, cara ganti sssid dan password yg di bagi 2 gimana? soalnya sy udah searching di google dan yg keluar malah ssid yang utama (huawei). jd saya agak frustasi kenapa yg di bagi di google hanya cara ganti ssid dan password yang utama. mohon bantuannya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 21, 2020
      Di bagian WLAN di klik dulu SSID yang mau di rubah (di bagian atas), nanti muncul detailnya. Baru bisa diganti detailnya, termasuk ganti password
  24. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 10, 2020
    Kak, kalo mau ganti nama dan password wifi yg dibagi dua gimana ya? Aku pake zte. Pas udah login malah yg muncul nama wifi yg utama, aku mau ganti nama wifi yg satunya? Makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 10, 2020
      Kalau ZTE saya kurang tau ya, tapi sih harusnya semua wifi muncul disana. Kalau mau lengkap sih mending langsung google lagi aja 'cara ganti password modem zte' nanti keluar yang cocok dengan jenis modemnya
  25. Pinaa
    Pinaa
    Jumat, November 27, 2020
    Kak di rumah saya ini memakai WiFi tetapi tetangga saya mengetahui password dan IP dari router saya, jadi kemarin aku cek di pengecekan WLAN itu ada yang baru yg 1 nama WiFi saya dan yg 1 Huawei terus yg nama WiFi yg saya pakai 2.4g nah yang Huawei itu 5G apakah itu berdampak buruk kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 28, 2020
      Dampaknya ya koneksi internet jadi dibagi - bagi. Kalau dua2 nya lagi download jadinya nanti rebutan, dan akhirnya kecepatannya dibagi 2. Mending hapus aja itu wifi yang gak kamu bikin, dan segera ganti password modemnya nya kalau memang gak mau di otak-atik sama tetangga.
  26. andrixbm1
    andrixbm1
    Jumat, November 06, 2020
    Apakh ada biaya tambahan tagihan jika wifi indihome di bagi menjadi dua,kalau Wifi 1 untuk internet browsing dan wifi 2 untuk bermain game.. Terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 06, 2020
      Ga ada. Biaya tagihan tetap sesuai paket yang dipilih. Penerapannya itu nanti jadi bandwidh nya yang dibagi dua, bukan dikali 2.
  27. 2312
    2312
    Minggu, Februari 23, 2020
    ummmmm Tenkyu! :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 06, 2020
      Yup! Sama - sama ya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!