Beranda
Indihome
Internet
Modem
Tutorial
Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi Indihome
Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi Indihome

Berikut ini adalah cara membatasi jumlah pengguna WiFi Indihome. Cara ini berlaku untuk semua WiFi Indihome di rumah, cafe, ataupun kantor anda. Dengan cara ini anda dapat mengatur berapa jumlah maksimal pengguna koneksi internet di WiFi Indihome anda.

Cara ini telah kami praktekan kepada WiFi Indihome dengan modem Huawei lewat HP (smartphone) ataupun komputer, kedua cara tersebut berhasil tanpa masalah berarti. Caranya sangat mudah, namun anda tetap harus teliti jangan sampai ada yang terlewat apalagi salah pengaturan.

Umumnya kualitas sinyal internet di jaringan Indihome dipengaruhi oleh jumlah pengguna. semakin banyak pengguna maka semakin buruk juga kualitas interenet yang dirasakan oleh setiap pengguna, dengan kata lain ibaratnya itu satu jalur dipakai rame - rame, jadinya berdesakan.

Dengan kondisi seperti ini, anda harus pandai - pandai mengelola jumlah pengguna WiFi Indihome di rumah atau tempat kerja anda. Walaupun terlihat jahat, tetapi cara ini bisa menjadi andalan disaat keadaan darurat. Baca juga: Cara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu

Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi Indihome

  1. Pastikan komputer atau HP yang akan digunakan untuk melakukan pengaturan ini sudah terhubung ke jaringan internet Indihome
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) di komputer atau HP anda
  3. Ketik di address bar alamat berikut ini: 192.168.100.1 kemudian tekan >Enter. Halaman login modem akan terbuka
  4. Masukan nama akun & password modem anda lalu tekan Enter atau klik tombol >Login. (secara default modem Huawei HG8245H memiliki nama akun: "telecomadmin" dan password: "admintelecom", silahkan dicoba)
  5. Pada menu tab silahkan buka bagian >WLAN untuk membuka pengaturan Wireless
  6. Pada bagian SSID Name pastikan namanya sesuai dengan nama WiFi yang ingin anda atur jumlah penggunanya. Jika mau, anda juga dapat merubah nama WiFi pada bagian ini (maksimal 32 karakter).
  7. Pada bagian selanjutnya anda akan menemukan bagian Number of Associated Devices, silahkan anda masukan nomor sesuai jumlah perangkat atau pengguna yang dapat mengakses internet melalui WiFi ini (maksimal 32 user atau pengguna).

    Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi Indihome

  8. Jika anda ingin merubah password WiFi tersebut silahkan cari tab "WPA PreSharedKey" kemudian ganti password sesuai yang anda inginkan (jika tidak ingin merubah password silahkan lewati langkah ini)
  9. Kemudian klik tombol >Apply yang terletak di bagian bawah/akhir pengaturan.
  10. Selesai. Tunggu beberapa saat agar WiFi melakukan restart dan aktif kembali dengan nama (dan password) yang baru.

Setelah melakukan pengaturan ini modem anda akan melakukan restart sinyal WiFi, diharapkan untuk tidak melakukan download file - file yang besar saat melakukan pengaturan ini jika tidak ingin proses download nya terganggu.

Tunggu beberapa saat hingga WiFi benar - benar aktif kembali dengan pengaturan pembatasan jumlah pengguna WiFi Indihome yang baru, yang telah anda atur diatas. Baca juga: Solusi Tampilan WAN di Modem Indihome yang Berbeda

Koneksi Ideal

Idealnya kualitas yang didapatkan setiap pengguna tidak dipengaruhi oleh pengguna lain didalam satu jaringan WiFi. Misalnya jika kita menggunakan paket dengan kecepatan 20 Mbps, maka jika ada 10 pengguna, setiap pengguna tetap akan mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan 20 Mbps sama rata.

Hal ini sebenarnya sudah diterapkan oleh beberapa provider interent di Indonesia, namun sayangnya Telkom dengan Indihome nya belum menerapkan sistem distribusi seperti ini. Semoga secepatnya pihak telkom menerapkan sistem 'sama rata' ini ya.

Dengan kondisi seperti ini, anda sebagai pengguna dan admin harus pandai - pandai mengatur penggunaan atau pembagian koneksi internet di jaringan yang anda kelola.

Semoga tulisan mengenai Cara membatasi jumlah pengguna WiFi Indihome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel menarik lainnya dari rinditech.com

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!