Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome

Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
Berikut ini adalah cara membagi jaringan WiFi Indihome. Dengan cara ini anda dapat menambah atau membagi jaringan atau sinyal WiFi menjadi dua atau lebih jaringan WiFi yang terpisah, tentunya dengan nama WiFi dan juga password yang berbeda untuk semua jaringan WiFi yang dibuat.

Caran nambah WiFi atau cara membagi jaringan WiFi Indihome ini juga dapat anda lakukan lewat HP atau smartphone, tanpa harus menggunakan komputer. Tetapi jika anda dapat mengaksesnya lewat komputer dengan sambungan kabel (RJ45) maka lebih baik.

Pada modem yang diberikan oleh pihak Telkom untuk setiap pelanggan Indihome memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah menambah atau membagi jaringan WiFi Indihome kedalam beberapa nama WiFi yang berbeda, dan pastinya dengan password yang berbeda (jika anda mau).

Dengan membagi - bagi sinyal WiFi di rumah anda bisa lebih mudah untuk melakukan kontrol terhadap pengguna, khususnya bagi pengguna - pengguna diluar anggota rumah. Contohnya, anda membuat 2 wifi Indihome di rumah, yang satu untuk anggota keluarga saja, dan satu lagi untuk teman atau tamu yang datang ke rumah.

Dengan begitu anda dapat dengan mudah untuk mengganti - ganti password, WiFi untuk tamu (jika ingin) dengan tidak mengganggu koneksi WiFi yang dipakai khusus untuk keluarga. Dan manfaat - manfaat lainnya yang bisa anda gunakan dari fitur membagi jaringan WiFi Indihome ini.

Baca juga: Cara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu

Modem Indihome Huawei atau ZTE?

Pihak telkom menggunakan 2 merek modem yang digunakan sebagai router untuk setiap pelanggan, dua merek tersebut yaitu HUAWEI dan ZTE. Cara yang ada pada artikel ini sebenarnya khusus untuk anda yang menggunakan modem Huawei HG8245H atau HG8245A.

Modem HUAWEI
Alamat: 192.168.100.1
Nama akun: telecomadmin
Password: admintelecom

Jika anda menggunakan modem ZTE kami sarankan untuk membaca terlebih dahulu caranya sampai selesai, dan mengerti bagian mana saja yang perlu dirubah. Setelah itu anda dapat mempraktekannya juga di pengaturan modem ZTE anda, walaupun dengan tampilan dan menu yang berbeda.

Modem ZTE
Alamat: 192.168.1.1
Nama akun: user
Password: user

Jika anda tidak bisa login silahkan dicari tahu dulu nama akun dan password modem ZTE anda. Anda bisa google "login modem ZTE Indihome" atau bisa juga langsung bertanya ke petugas Indihome yang terakhir memasang atau melakukan pengaturan di modem anda.

Baca juga: Cara Restart Modem Indihome Huawei dari HP atau PC

Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome

  1. Pastikan komputer atau HP yang akan digunakan untuk melakukan pengaturan ini sudah terhubung ke modem Indihome yang ingin diatur
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) di komputer atau HP anda
  3. Ketik di address bar alamat berikut ini: 192.168.100.1 kemudian tekan >Enter. Halaman login modem akan terbuka
  4. Masukan nama akun & password modem anda lalu tekan Enter atau klik tombol >Login. (secara default modem Huawei HG8245H memiliki nama akun: "Admin" dan password: "admin", untuk modem ZTE silahkan gunakan nama akun: "user" dan password: "user") Jika masih tidak bisa login, silahkan hubungi CS Indihome untuk bantuan.
  5. Pada menu tab silahkan buka bagian >WLAN untuk membuka pengaturan Wireless /WiFi
  6. Pada bagian pengaturan WLAN silahkan klik tombol "New" yang terletak di bagian kanan-atas. kolom pengaturan SSID /WiFi baru akan muncul
  7. Pada bagian SSID Name silahkan masukan nama WiFi yang ingin anda gunakan di jaringan WiFi baru ini (maksimal 32 karakter).
  8. Pada bagian Enable SSID silahkan klik atau aktifkan centang di kotak pengaturan
  9. Klik tombol >Apply. Modem akan menambahkan WiFi baru dalam pengaturan
    Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
  10. Pada daftar di SSID Index silahkan klik nama WiFi yang baru saja dibuat untuk settings lanjutan
  11. Selanjutnya anda akan menemukan bagian Number of Associated Devices, silahkan masukan jumlah perangkat atau pengguna yang dapat mengakses internet melalui WiFi ini (maksimal 32 user atau pengguna).
  12. Pada bagian authentication mode silahkan rubah menjadi >WPA/WPA2 PreSharedKey
  13. Pada menu Encryption modem pastikan berada di pengaturan >TKIP&AES
  14. Pada tab "WPA PreSharedKey" silahkan ganti atau masukan password sesuai yang anda inginkan (minimal 8 karakter)
  15. Biarkan pengaturan lainnya secara default, kemudian klik tombol >Apply yang terletak di bagian bawah/akhir pengaturan.
    Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
  16. Selesai. Tunggu beberapa saat agar WiFi melakukan restart dan aktif kembali dengan nama (dan password) yang baru.
Setelah anda selesai melakukan pengaturan diatas, sistem wireless atau WiFi akan melakukan restart. Sinyal WiFi akan hilang beberapa saat kemudian aktif kembali dengan WiFi baru yang telah anda buat diatas.

Sinyal tetap rebutan

Perlu diketahui bahwa setelah anda menambah jaringan WiFi di modem yang anda gunakan, tidak serta merta membagi dua kapasitas sinyal internet. Pembagian sinyal melalui modem langsung hanya membagi jalur distribusi sinyal saja, untuk kecepatan tetap rebutan layaknya menggunakan satu jaringan WiFi.

Contohnya anda membuat 2 buah SSID atau dua buah jaringan WiFi dari satu modem Indihome, jika disalah satu jaringan ada yang menggunakannya untuk mendownload dengan kecepatan penuh maka jaringan WiFi yang lain tetap akan terkena dampaknya (lemot).

Dengan modem Huawei ini anda bisa membuat sampai 4 (empat) jaringan WiFi dan setiap WiFi bisa menampung maksimal 32 user. 


Baca juga: Cara Ganti Nama WiFi Indihome Modem Huawei

Apakah bisa mengatur kecepatan WiFi setiap pengguna?

Saat ini fitur yang ada di modem yang diberikan oleh pihak Telkom tidak dapat mengatur atau membatasi kecepatan setiap pengguna sinyal WiFi. Saat ini hanya bisa sampai membagi sinyal saja, seperti yang dibahas di dalam artikel ini.

Jika anda ingin benar - benar mengatur atau membatasi kecepatan setiap pengguna WiFi maka anda harus menambah router seperti mikroTIK atau router lain yang memiliki fitur ini. Adapun aplikasi yang dapat digunakan sampai saat ini masih bersifat sementara, anda harus melakukan pengaturan setiap anda menyalakan komputer.

Semoga tulisan mengenai cara membagi jaringan WiFi Indihome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!



Artikel menarik lainnya dari rinditech.com

COMMENTS

BLOGGER: 26
  1. Apakh ada biaya tambahan tagihan jika wifi indihome di bagi menjadi dua,kalau Wifi 1 untuk internet browsing dan wifi 2 untuk bermain game.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada. Biaya tagihan tetap sesuai paket yang dipilih. Penerapannya itu nanti jadi bandwidh nya yang dibagi dua, bukan dikali 2.

      Delete
    2. Saya sedikit kurang jelas jadi maaf bertanya kembali yah...
      misalkan saya dan anak saya pakai internet di rmh. Dan wifi sudah terbagi 2. Spt petunjuk di atas. Akan tetapi saya inginnya masing2 wifi bisa dibatasi bandwith nya. Jadi wifi yg lainnya tidak terdampak. Apakah itu mungkin ?

      Delete
    3. Kalau langsung dari modem Indihome (huawei) nya tidak bisa, harus pakai router tambahan kalau mau bagi2 kecepatan gitu. Sebenarnya bisa pake software tapi tidak rekomended, ribet dan gak efektif

      Delete
  2. Kak di rumah saya ini memakai WiFi tetapi tetangga saya mengetahui password dan IP dari router saya, jadi kemarin aku cek di pengecekan WLAN itu ada yang baru yg 1 nama WiFi saya dan yg 1 Huawei terus yg nama WiFi yg saya pakai 2.4g nah yang Huawei itu 5G apakah itu berdampak buruk kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dampaknya ya koneksi internet jadi dibagi - bagi. Kalau dua2 nya lagi download jadinya nanti rebutan, dan akhirnya kecepatannya dibagi 2. Mending hapus aja itu wifi yang gak kamu bikin, dan segera ganti password modemnya nya kalau memang gak mau di otak-atik sama tetangga.

      Delete
    2. bisa minta tutorial menghapus (maling wifi) atau wifi yang telah dibagi orang tanpa sepengetahuan kita??
      terimakasih
      salam

      Delete
    3. Di pengaturan WLAN dipilih/checklist wifi yang mau dihapusnya terus klik tombol DELETE ada di sebelah tombol ADD. Di gambar atas juga kelihatan tombolnya

      Delete
  3. Kak, kalo mau ganti nama dan password wifi yg dibagi dua gimana ya? Aku pake zte. Pas udah login malah yg muncul nama wifi yg utama, aku mau ganti nama wifi yg satunya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ZTE saya kurang tau ya, tapi sih harusnya semua wifi muncul disana. Kalau mau lengkap sih mending langsung google lagi aja 'cara ganti password modem zte' nanti keluar yang cocok dengan jenis modemnya

      Delete
  4. kak, cara ganti sssid dan password yg di bagi 2 gimana? soalnya sy udah searching di google dan yg keluar malah ssid yang utama (huawei). jd saya agak frustasi kenapa yg di bagi di google hanya cara ganti ssid dan password yang utama. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bagian WLAN di klik dulu SSID yang mau di rubah (di bagian atas), nanti muncul detailnya. Baru bisa diganti detailnya, termasuk ganti password

      Delete
  5. Software untuk pembagi Bandwidth apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung di google saja gan. Sudah banyak juga kyknya tutorialnya. Saya belum berani ngasih rekomendasi karena belum pernah coba

      Delete
  6. Berapa jmlh ssid untuk WiFi baru yg bisa kita buat gan ? Apakah ada batasan ?
    Terus jg, boleh tidak kita mengatur jumlah user yg bisa akses ssid yg baru kita buat ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah SSID yang bisa dibuat bisa sampai 4. setiap SSID bisa nampung 32 user, jumlahnya bisa dibatasi di kolom 'number of associated devices' dituliskan saja berapa jumlahnya disana.

      Delete
  7. Mf nanya, jika saya membuat 2 wifi, wifi 1 buat keluarga dan wifi 2 buat kerja. Apakah saat user wifi 1 melakukan download akan mempengaruhi kecepatan internet bagi user wifi 2? Dan apabila itu bisa mempengaruhi wifi 2, terus apa fungsi pembagian wifi tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, jika ada yang download kecepatan full maka user lain di wifi lain tetap terganggu. Jadi ini fitur basic yang cuman bisa bagi wifi doang, saya pribadi sangat terbantu sama fitur ini. Tapi kalau mau sama bagi kecepatan juga ya harus beli lagi router tambahan yang fiturnya lebih lengkap.

      Delete
  8. Apakah bisa kita melihat ip address device yang digunakan untuk membagi 2 SSID dalam 1 router? jadi maksud saya, untuk mengetahui siapa pelaku yang telah membagi wifi tsb, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melihat history perubahan bisa dilihat di bagian user log, tapi tidak lengkap dengan IP atau perangkat yang mengakses

      Delete
  9. bang, solusi dong saya langganan Indihome patungan bareng tetangga. Trus sinyal WiFi ke rumah tetangga sgt lemah,oleh karena itu saya mohon solusi dong bang,bagaimana caranya biar tetangga bisa dapet sinyal yg bagus jga dirumahnya.Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pakai wifi extender, banyak yang jual di toko online

      Delete
  10. Untuk penambahan mikroTIK apakah ada penambahan biaya bulanan dari telkom nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada biaya tambahan ke tagihan telkom karena mikrotik itu kita beli sendiri dan pasang sendiri.

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,25,Design,6,Facebook,24,Finance,43,Formula 1,4,Games,34,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,244,OPPO,1,Peraturan,6,PlayStation,3,Productivity,32,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,257,Toko Online,43,Tutorial,285,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome
Anda dapat dengan mudah untuk mengganti password WiFi untuk tamu dengan tidak mengganggu koneksi WiFi yang dipakai khusus untuk keluarga. Dan manfaat lainnya yang bisa anda gunakan dari fitur membagi jaringan WiFi Indihome ini.
https://1.bp.blogspot.com/-sVvLtNMdOxY/Xb0dSQXyMUI/AAAAAAAAHM8/dfQ6Mv0fm2slvpNfLRZWtCyblovuhX-vQCLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BMembagi%2BJaringan%2BWiFi%2BIndihome%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sVvLtNMdOxY/Xb0dSQXyMUI/AAAAAAAAHM8/dfQ6Mv0fm2slvpNfLRZWtCyblovuhX-vQCLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BMembagi%2BJaringan%2BWiFi%2BIndihome%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/11/cara-membagi-jaringan-wifi-indihome.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/11/cara-membagi-jaringan-wifi-indihome.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content