Beranda
Indihome
Internet
Tutorial
Cara Ganti Password WiFi Indihome Telkom
Cara Ganti Password WiFi Indihome Telkom

Berikut ini adalah cara ganti password WiFi Indihome Telkom. Pada tulisan ini kita akan membahas bagaimana cara merubah atau mengganti password atau sandi wifi di modem Indihome (speedy) yang ada dirumah atau tempat kerja. Dengan cara ini juga anda dapat merubah nama WiFi sesuai keinginan anda.

Dalam beberapa kesempatan mungkin anda merasa koneksi internet indihome anda terasa sangat berat padahal saat itu hanya anda yang sedang menggunakan internet, mungkin saatnya anda ganti password WiFi Indihome fiber anda. 

Selain masalah teknis, mungkin di waktu tersebut ada yang sedang menggunakan koneksi WiFi anda secara berlebihan yang menyebabkan koneksi internet secara keseluruhan dirumah anda terganggu. Ketika hal itu terjadi, sudah saatnya anda untuk merubah atau ganti password WiFi Indihome anda secepatnya.

Dengan HP atau Komputer

Cara ini bisa dilakukan melalui berbagai macam gadget, bisa dengan smartphone, laptop dan komputer. Yang penting gadget atau perangkat yang akan anda gunakan sudah terhubung dengan koneksi internet dari modem yang digunakan. Koneksi menggunakan kabel (RJ45) ataupun WiFi, sama saja.

Sebenarnya saat melakukan pengaturan modem disarankan menggunakan koneksi via kabel ke komputer ataupun laptop. 

Namun karena saat ini kita hanya akan melakukan pengaturan WiFi saja, tidak ada masalah jika menggunakan HP atau laptop untuk melakukan pengaturan ini. Yang penting lakukan tutorial atau langkah - langkahnya dengan benar.

Cara Ganti Password WiFi Indihome Telkom

  1. Pastikan komputer atau HP yang digunakan sudah terhubung ke internet Indihome
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) di HP atau komputer
  3. ketik di address bar alamat berikut ini: 192.168.100.1 atau 192.168.1.1 kemudian tekan >Enter. Halaman login modem akan terbuka
  4. masukan nama akun & password modem lalu ketik Enter atau tombol >Login. (secara default modem Huawei HG8245H memiliki nama akun: "Admin" (huruf A besar) dan password: "admin" (huruf a kecil), untuk modem ZTE silahkan coba akun dan password yang sama seperti Huawei)
  5. Pada menu tab silahkan buka bagian >WLAN untuk membuka pengaturan Wireless
  6. Pada bagian SSID Name pastikan namanya sesuai dengan nama WiFi yang ingin dirubah. Anda juga dapat merubah nama WiFi jika memang diperlukan
  7. Selanjutnya Cari tab WPA PreSharedKey untuk mengganti password yang digunakan
  8. Silahkan masukan atau ganti password WiFi Indihome dengan sandi baru yang anda inginkan (minimal 8 karakter)
  9. Kemudian klik tombol >Apply yang terletak di bagian bawah/akhir pengaturan. Cara Ganti Password WiFi Indihome Telkom
  10. Selesai. Tunggu beberapa saat agar WiFi melakukan restart dan aktif kembali dengan password atau sandi yang baru.

Setelah anda menerapkan pengaturan baru ini, sinyal WiFi akan mati beberapa saat kemudian aktif lagi dengan password baru. Jika anda menggunakan HP silahkan periksa sinyal WiFi yang baru tersebut kemudian hubungkan dengan password baru.

Ganti password berkala

Password WiFi yang kita gunakan di rumah atau di kantor sebaiknya diganti secara berkala. Entah itu satu bulan sekali atau bahkan setahun sekali, ganti password WiFi perlu dilakukan secara rutin untuk keamanan dan juga menghindari penggunaan sinyal internet oleh pengguna - pengguna yang tidak kita inginkan.

Apalagi jika anda menggunakan koneksi internet berlangganan dari telkom (Indihome). Jika ada orang lain yang sudah tahu password WiFi kita dan menggunakannya secara berlebihan dan tidak wajar, pastinya akan otomatis mengganggu penggunaan internet anda dan keluarga di rumah atau di tempat kerja.

Semoga tulisan mengenai cara ganti password WiFi Indihome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijk!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!