Apakah Internet Indihome Gangguan Hari Ini? Segera Lakukan Langkah Berikut Ini

Rindi Putra Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Internet
Modem
Tutorial
Apakah Internet Indihome Gangguan Hari Ini? Segera Lakukan Langkah Berikut Ini
Apakah Internet Indihome Gangguan Hari Ini? Segera Lakukan Langkah Berikut Ini

Sinyal WiFi ada tapi tidak bisa konek internet, apakah Indihome gangguan ari ini? apakah Indihome sedang ada gangguan massal? Sebelum protes ke pihak Indihome pastikan dulu dengan cara ini! Jangan - jangan bukan dari Indihome, bisa jadi karena ada yang salah dengan pengaturan atau perangkat yang kita gunakan.

Di dalam tulisan ini kita akan membahas bagaimana melakukan diagnosa atau cek koneksi internet atau wifi Indihome saat ada gangguan. Mulai dari memeriksa perangkat modem, laptop atau HP yang digunakan, memeriksa pengaturan internet, dan terakhir adalah melakukan pantauan langsung di sosial media resmi Indihome seperti twitter, instagram, TikTok, dll.

Jika memang ada gangguan internet massal, biasanya berapa lama sampai koneksi kembali normal? Jika terpaksa harus memanggil teknisi ke rumah, apakah kita harus bayar? Semua akan dibahas di dalam tulisan ini!

Apa yang harus dilakukan jika Internet IndiHome gangguan?

  • Periksa sambungan kabel di modem
  • Restart router/modem yang digunakan
  • Restart perangkat yang digunakan seperti HP/Laptop
  • Periksa pengaturan modem internet
  • Nonaktifkan VPN atau aplikasi sejenisnya
  • Pantau topik "Indihome gangguan hari ini" di Sosial Media Indihome
  • Hubungi Customer Service Indihome

Periksa Sambungan Kabel Modem

Cara yang paling mudah untuk cek sambungan internet indihome adalah dengan memeriksa sambungan kabel di modem Indihome. Pastikan semua kabel dan terpasang sempurna, khususnya bagian daya. Bisa saja tidak sengaja tercabut atau sambungannya longgar. Salah satu tanda internet gangguan adalah ada tanda seru di ikon WiFi yang tersambung.

Restart Modem Indihome

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan restart modem Indihome. Anda bisa melakukan restart modem dari PC atau langsung tekan tombol restart/reset modem. Biasanya kita disuruh menekan lebih dari 10 detik hingga modem mati, kemudian nyalakan kembali modem nya. Bisa juga dengan mencabut sambungan listrik kemudian sambungkan kembali.

Restart Perangkat yang digunakan (HP/Laptop/PC,dll)

Jika koneksi internet masih tidak ada respond atau tetap tidak membaik, anda bisa mencoba melakukan restart (muat ulang) perangkat yang anda gunakan. Silahkan restart smartphone, laptop, atau komputer yang anda gunakan untuk terhubung ke koneksi internet indihome yang sedang error.

Periksa pengaturan modem internet

Silahkan login ke modem Indihome yang anda gunakan. kemudian buka pengaturan WLAN, pastikan SSID yang biasa digunakan bersatus "Enable" dan pastikan juga password yang digunakan sesuai dengan password di perangkat anda.

Jika anda menggunakan sambungan kabel LAN, silahkan buka pengaturan "Network Connection" kemudian periksa bagian IP address, silahkan coba pengaturan "Obtain an IP address automatically" untuk mereset pengaturan internet.

Nonaktifkan aplikasi VPN atau sejenisnya

Jika anda biasa menggunakan aplikasi VPN, saya sarankan untuk menonaktifkannya terlebih dahulu. Bisa jadi, gangguan wifi atau internet Indihome dikarenakan oleh aplikasi VPN atau sejenisnya.

Pantau Akun Official Indihome di Sosial Media

Jika seluruh langkah diatas sudah dilakukan dan tidak ada perubahan pada koneksi internet di rumah anda, silahkan pantau akun sosial media official milik Indihome. Biasanya jika ada gangguan massal, laman akun official ini akan ramai "digeruduk" oleh para pengguna Indihome lainnya.

Kenapa langkah ini saya masukan menjadi langkah terakhir, karena untuk menit - menit pertama, biasanya belum ketahuan apakah Indihome benar gangguan massal atau indihome down hanya sebentar saja. Beri waktu 10 sampai 30 menit setelah koneksi Indihome gangguan, baru periksa sosial media Indihome.

Biasanya kalau sudah diberi waktu, saat kita periksa laman sosial media Indihome sudah ramai oleh para pelanggan lainnya yang mengalami masalah yang sama. Berikut alamat sosial media Indihome di berbagai aplikasi.

  • Twitter: @IndihomeCare atau @Indihome
  • Instagram: @IndihomeCare atau @Indihome
  • Facebook: @Indihome
  • TikTok: @Indihome

Sebenarnya, selain akun sosial media Indihome, jika ada ganguan massal di koneksi internet indihome. Informasinya akan cepat tayang di media online lain atau kanal berita nasional seperti detik, kompas, dll. Namun yang paling cepat dan instan adalah berita dari akun sosial media Indihome.

Hubungi Customer Service Indihome

Jika tidak ada informasi di laman sosial media Indihome, jalan terakhir adalah menanyakan langsung ke Customer Service Indihome. Bisa lewat telepon (147), email, atau bisa langsung hubungi official sosial media Indihome.

Silahkan langsung saja mention atau tag atau kirim DM ke salah satu sosial media Indihome kemudian langsung tanyakan saja apakah benar indihome gangguan di daerah anda. Karena bisa saja ganggunannya hanya di lokasi anda saja, namun untuk wilayah lainnya tidak ada masalah.

Biasanya berapa lama jika internet Indihome ada gangguan massal?

Tidak bisa ditentukan. Pengalaman saya dulu sempat gangguan massal tengah malam dan kembali aktif saat menjelang pagi, jadi sekitar 5 sampai 6 jam. Tapi seringnya sih cepat ditangani ya, satu sampai 2 jam sudah kembali normal, setidaknya itu untuk daerah saya (Jawa Barat).

Kenapa Internet Indihome sering los atau lemot saat hujan?

Secara teori sebenarnya internet Indihome tidak akan terganggu oleh cuaca, baik hujan maupun panas. Apalagi jika sudah menggunakan kabel FO (Fiber Optik). Namun kenyataanya, saya sendiri sering mengalami koneksi internet menjadi tidak stabil jika cuaca sedang hujan lebat.

Tidak ada yang bisa dilakukan jika internet lemot karena hujan, anda hanya bisa menunggu sampai hujan reda. Silahkan cek kualitas ping internet anda secara berkala, jika ping lancar dengan milisecond rendah maka koneksi internet sudah kembali normal.

Apakah memanggil teknisi IndiHome harus dibayar?

Pada pengalaman saya setelah beberapa kali memanggil teknisi Indihome (karena internet bermasalah tentunya) tidak ada tagihan apapun dari Indihome baik sebelum ataupun setelah teknisi selesai mengerjakan tugasnya.

Namun sebagai pelanggan yang baik, saya biasanya memberikan uang bensin atau pengganti makan siang kepada teknisi setelah pekerjaannya selesai. Saya juga pernah tidak memberi uang tip kepada teknisi (saat sedang tidak ada uang), dan tidak ada masalah, teknisi pun tidak menagih apa - apa.

Semoga tulisan seputar gangguan internet Indihome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Terima kasih!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 8 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Instagram: @rindiputra :)

TIPS BERKOMENTAR:
Klik/Ceklis kotak putih kecil pada bagian "Notify me" atau "Beri tahu saya" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan!