Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Cepat Kirim Screenshot Online dengan Link (tautan)
Cara Cepat Kirim Screenshot Online dengan Link (tautan)

Cara Cepat Kirim Screenshot Online dengan Link atau tautan (dalam bahasa Indonesia). Dengan cara ini Anda dapat mengirim srceenshot atau printscreen layar komputer Anda dimana saja dan didalam Aplikasi manapun. Apakah harus menginstall aplikasi tambahan?

Memperlihatkan tampilan layar kepada lawan bicara terkadang dibutuhkan, apalagi jika kita sedang mengalami masalah atau sedang berkonsultasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan sistem di komputer. 

Apalagi, sekarang jamannya 'jarak jauh', jika kita tidak segera menyesuaikan maka akan tertinggal. 

Membagikan tampilan yang ada di layar terkadang lebih efisien dan efektif jika dibandingkan dengan menjelaskannya dengan kata - kata. Dengan mengirim tampilan layar atau screenshot atau printscreen kita sudah menghemat banyak waktu karena kita tidak perlu menjelaskan lagi.

Tidak semua harus diperlihatkan

Didalam dunia online atau internet sangat rentan sekali dengan penipuan dan pencurian data. Maka dari itu jika kita mengirim atau kirim screenshot online seperti tampilan layar komputer, tidak harus diperlihatkan semua. tampilkan atau kirim hanya yang perlu ditampilkan saja.

Jika Anda hanya ingin menunjukan satu buah notifikasi atau error di layar Anda, cukup kirimkan bagian error nya saja, tidak perlu mengirim keseluruhan tampilan layar. Dengan cara ini Anda akan dapat memilih bagian mana yang akan diambil gambarnya dan dikirim.

Jika diperlukan silahkan berikan tanda bantu didalam gambar sebelum dikirim. Agar lawan bicara Anda bisa langsung fokus kepada hal yang Anda ingin tunjukan. Disarankan untuk menutup atau menghapus bagian - bagian sensitif yang berkaitan dengan data pribadi Anda.

Cara Cepat Kirim Screenshot Online dengan Link (tautan)

Sebelum berlanjut ke tutorial atau langkah - langkah pastikan dahulu bahwa komputer atau laptop Anda memiliki koneksi internet dan tidak sedang dipakai untuk pekerjaan yang berat. Silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini:

Tahap 1 (Install aplikasi)

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll)
  2. Cari dan Download aplikasi Lightshot, atau langsung gunakan link berikut ini: https://app.prntscr.com/en/download.html Pilih link download yang sesuai dengan OS yang Anda gunakan seperti Windows, Mac, Ubuntu, dan Add-on untuk Browser Google Chome.Cara Cepat Kirim Screenshot Online dengan Link (tautan)
  3. Install aplikasi Lightshot yang telah di download diatas. Pastikan proses instalasi selesai sempurna.

Tahap 2 (Ambil dan kirim gambar screenshot)

  1. klik tombol >Print Screen (Prt sc) di keyboard Anda. Layar komputer akan berubah menjadi sedikit gelap
  2. Silahkan pilih area yang ingin di kirim tampilan layarnya dengan cara 'drag' mouse Anda. Setelah selesai memilih akan muncul menu dari aplikasi lightshot.
  3. Jika diperlukan silahkan edit atau tambahkan catatan pada screenshot agar memperjelas informasi yang Anda ingin sampaikan dengan gambar tersebut. Silahkan pilih salah satu menu yang ada di bagian kanan daftar menu lightshot
  4. Upload gambar final (akhir) dengan cara klik icon awan (upload) yang ada di menu Lightshot. Atau bisa juga dengan menekan tombol "ctrl+D" di keyboard. Tunggu proses upload selesai dan link untuk gambar muncul.
  5. Copy link tersebut. Kemudian kirim (paste) ke chat atau kemanapun sesuai kebutuhan Anda.Cara Cepat Kirim Screenshot Online dengan Link (tautan)
  6. Selesai. Silahkan periksa link dengan membuka tab baru di browser kemudian buka link tersebut.

Jika link yang telah diberikan menunjukan gambar yang telah Anda ambil sebelumnya, maka Anda berhasil membuat link (tautan) untuk dibagikan. Ingat setiap orang yang ingin melihat gambar tersebut melalui link harus memiliki koneksi internet, baik itu melalui browser di HP maupun di komputer.

Otomatis aktif saat StartUp

Pengaturan bawaan (default) dari aplikasi Lightshot ini adalah autoRun saat windows startup atau dinyalakan. Jadi Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi atau menjalankan aplikasi ini jika ingin menggunakannya.

Anda hanya perlu menekan tombol printscreen (prt scr) di keyboard dan aplikasi pun akan otomatis aktif. Anda pun bisa langsung mengambil gambar screenshot layar komputer Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari cara cepat kirim screenshot online dengan link atau tautan kepada orang lain. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!