Solusi "The local print spooler service is not running"

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Solusi "The local print spooler service is not running"
Solusi "The local print spooler service is not running"

Printer properties cannot be displayed. The local print spooler service is not running. Please restart the spooler or restart the machine. Masalah atau error muncul seperti kata - kata tersebut sedang anda alami? 

Driver printer padahal sudah di install tetapi tiba - tiba tidak terbaca atau tidak terdeteksi saat akan digunakan di aplikasi seperti Microsoft Word dan aplikasi lain. Saat diperiksa di bagian sistem printer di windows, ternyata tidak bisa dibuka dan muncul tulisan error seperti diatas.

Error seperti ini muncul bukan karena masalah di printer, tetapi masalahnya terletak di sistem yang telah di install namun tidak berjalan dengan semestinya. Masalah atau error ini juga pernah kami alami sendiri dan kebetulan saja saat menggunakan Printer Canon.

Jika anda pengguna printer merek lain seperti HP dan mengalamai masalah serupa, tetap bisa menggunakan tutorial atau langkah - langkah yang ada pada artikel ini. Sekali lagi, ini bukan masalah dari printer, tetapi dari sistem yang ada di PC atau laptop yang kita gunakan.


Solusi "The local print spooler service is not running"

Berikut adalah cara untuk memperbaiki atau FIX Error saat menghubungkan atau menggunakan printer dengan PC atau laptop. Silahkan ikuti langkah - langkah yang ada pada tulisan ini dengan seksama dan jangan terburu - buru.

Untuk meningkatkan tingkat keberhasilan, sangat disarankan agar anda membaca terlebih dahulu langkah - langkah yang ada dibawah ini sampai selesai. Jika sudah ada gambaran atau mulai memahami tutorialnya silahkan langsung dipraktekan.

  1. Pastikan Printer tetap menyala dan masih terhubung dengan PC
  2. Klik Windows +R untuk membuka panel Run untuk sistem
  3. ketik "sercives.msc" kemudian klik >OK (Enter). Jendela sistem service akan terbukaSolusi "The local print spooler service is not running"
  4. Cari bagian bertuliskan "Print Spooler"
  5. Klik kanan pada bagian Print Spooler kemudian pilih >Properties. jendela pengaturan akan terbukaSolusi "The local print spooler service is not running"
  6. Pada bagian General, cari pengaturan Startup type: pada bagian dropdown pastikan berada di pilihan: "Automatic"
  7. Pada kolom Service status: pastikan berstatus "Running". Jika berstatus "Stopped", silahkan klik tombol >Start di bagian bawah. Tunggu hingga proses start selesai dijalankan dan pastikan service status berbubah menjadi Running.
  8. Klik tombol >OK pada bagian akhir jendela pengaturan. Jendela properties akan otomatis tertutupSolusi "The local print spooler service is not running"
  9. Untuk memastikan, periksa kembali bagian properties "Print Spooler" dan pastikan Startup type berstatus "Automatic" dan Service status berubah menjadi "Running".
  10. Selesai!. Silahkan periksa kembali status printer yang terhubung dengan PC anda melalui bagian sistem atau langsung coba dengan aplikasi seperti Microsoft Word dan aplikasi yang dapat menggunakan printer lainnya.

Pengaturan Printer

Untuk memastikan masalah "The local print spooler service is not running" sudah diatasi, silahkan ikuti langkah berikut ini. Buka bagian pengaturan Printer, klik tombol start kemudian ketik "Printers & scanners" dan buka halaman pengaturan tersebut. Pilih printer yang terhubung kemudian buka halaman "Manage".

Jika Halaman "Manage" terbuka dan anda dapat melihat dan merubah pengaturan printer yang ada disana maka printer sudah terdeteksi dan berarti anda berhasil mengikuti langkah - langkah atau tutorial yang ada didalam tulisan ini.

Solusi "The local print spooler service is not running"

Print Test

Jika anda sudah mengikuti semua langkah - langkah diatas, kami sarankan anda segera melakukan percobaan print test atau print saja satu lembar tulisan atau gambar melalui program Microsoft Word atau program lainnya.

yang penting printer dapat merespon dan melakukan apa yang kita instuksikan di PC atau laptop. Jika printer sudah dapat mencetak atau print dokumen, maka error "The local print spooler service is not running" sudah hilang.

Semoga tulisan mengenai solusi "The local print spooler service is not running" ini membantu, Jika masih belum berhasil silahkan beritahu kami kendala yang dihadapi atau jika ada langkah yang kurang dimengerti silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa.


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!