Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Face Unlock)

Berikut cara menggunakan fitur face recognition di smartphone Xiaomi. Membuka kunci smartphone hanya dengan menghadapkan layar HP ke wajah atau muka.

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan atau memakai fitur face recognition di smartphone Xiaomi. Dengan cara ini kita dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menghadapkan layar HP ke wajah atau muka.

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi pada custom OS yang mereka miliki (MIUI) salah satunya adalah fitur untuk membuka kunci smartphone dengan wajah atau muka kita. Hanya perlu menghadapkan layar (kamera depan) ke wajah kita dan smartphone pun akan terbuka kuncinya (unlock).

Fitur ini memang bukan fitur baru, ada beberapa merek smartphone lain yang sudah menggunakannya. Namun bukan berarti fitur ini adalah fitur kuno, karena pada umumnya fitur ini hanya dimiliki oleh smartphone premium (high-end) di beberapa merek terkenal seperti Samsung, iPhone, dll.

Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Unlock smartphone dengan Wajah)


Syarat untuk dapat menggunakan face ID atau face recognition di smartphone Xiaomi

Sebelum lanjut ke cara atau tutorial untuk menggunakanan fitur face ID atau face recognition di Smartphone Xiaomi. Ada baiknya kita ketahui syarat untuk mendapatkan atau menggunakan fitur membuka kunci smartphone dengan wajah ini.

Syarat pertama adalah smartphone Xiaomi kita telah menggunakan versi MIUI 9 (atau lebih baru). Kami belum pernah mendapatkan fitur ini di MIUI versi sebelumnya (MIUI 8). Apabila ada yang dapat menggunakan fitur ini di MIUI 8 silahakan bisa berbagi pengalaman di kolom komentar.

Syarat kedua adalah base OS atau OS utama telah menggunakan Android versi 7 (atau yang lebih baru). Android 7.0 ini juga sering kita sebut dengan Android Nougat. Walaupun fitur ini telah ada di Android versi 5.0 atau Android Lollipop namun pada smartphone Xiaomi memerlukan pengaturan khusus.

Terakhir, pastikan kamera depan pada smartphone masih berfungsi dengan baik karena sistem menerima informasi melalui gambar yang ditangkap oleh kamera depan (bukan oleh layar kamera).

Semoga syarat – syarat diatas dapat menjawab pertanyanaan – pertanyaan seperti "kenapa di hp xiaomi saya tidak ada fitur Face ID?" atau "sudah MIUI 9 tapi fitur Face recognition masih tidak ada?".

Fitur ini sebenarnya tidak terlalu disarankan oleh pihak Xiaomi karena celah keamanannya. Bahkan sebelum kita mengatur fitur ini, kita diperingatkan bahwa fitur face recognition tidak terlalu aman karena jika ada orang yang (wajahnya) mirip mungkin akan bisa membuka hp yang kita miliki.

Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Unlock smartphone dengan Wajah)

Cara ini kami praktekan dengan Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro (MIUI 9 Stable dengan Android Nougat) dan langsung berhasil pada percobaan pertama.
  1. Pastikan anda berada di ruangan yang cukup cahaya (untuk di foto dengan kamera depan)
  2. Buka halaman >Settings
  3. Cari dan pilih halaman >Lock screen & password
  4. Cari dan pilih bagian >Manage face data
    Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Unlock smartphone dengan Wajah)
  5. Masukan password /PIN yang dibuat pada pengaturan keamanan pertama kali. (Biasanya sama dengan password yang digunakan untuk mengatur fingerprint).
  6. Cari dan pilih >Add Face data (atau kata - kata yang serupa)
  7. Konfirmasi kemananan dengan menekan tombol >Next
    Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Unlock smartphone dengan Wajah)
  8. Sejajarkan kamera dengan wajah (akan memulai proses memotret)
  9. Tunggu sampai sistem benar menunjukan tampilan berhasil /tersimpan /success.
  10. Atur settings dengan mengaktifkan (ON) >Unlock using face data dan juga >Allow Face unlock when screen lights up.
    Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Unlock smartphone dengan Wajah)
  11. Konfirmasi. Selesai. Enjoy!


Setelah semua pengaturan diatas terpenuhi. Maka kita bisa langsung menguji pengaturan face recognition tersebut. Matikan layar smartphone (kunci). kemudian tekan tombol power (agar membuat layar menyala). Kemudian sejajarkan layar HP dengan wajah anda. 

Apabila smartphone kita langsung masuk ke menu utama (Home Screen), maka itu tandanya anda berhasil. Apabila kunci hp masih tidak terbuka maka bisa jadi gagal setting atau kondisi ruangan kekurangan cahaya sehingga kamera tidak dapat menangkap gambar yang jelas untuk di proses. 

Apakah fingerprint masih bisa berfungsi setelah mengatur face ID recognition?

Jawabannya, Masih!. Kita dapat membuka (unlock) smartphone dengan berbagai macam cara, menggunakan wajah (Face ID), menggunakan sensor sidik jari (fingerprint) ataupun menggunakan PIN, Pattern, bahkan password yang telah kita atur sebelumnya.

Apakah Sama dengan Face ID Recognition yang dimiliki oleh iPhone X?

Jawabannya, Tidak sama. Meskipun memiliki nama dan prosedur yang sama (membuka kunci HP dengan wajah) Perlu diketahui bahwa sistem yang digunakan sangat berbeda. Pada iPhone X sistem pengenalan wajah memiliki beberapa tambahan piranti seperti sensor IR dan piranti lainnya 

Sensoir ini yang dapat memastikan dan mencocokan wajah secara 3 Dimensi. Sehingga apabila kita memajang foto pemilik HP di depan kamera maka itu tidak akan dapat membuka kunci smartphone.

Terlepas dari sistem keamanan yang tidak lebih baik dari sistem fingerprint, pengguna fitur Face ID Recognition ini tetap saja banyak dan masih terus bertambah (kami rasa). Pilihan ada di tangan teman - teman dengan segala kelebihan dan kekurangan yang telah kita jabarkan diatas. 

Bila ada pertanyaan atau pendapat lain mengenai cara menggunakan face ID recognition di HP Xiaomi ini teman - teman dapat menyimpannya dikolom komentar seperti biasa. tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!.

Artikel Terkait Lainnya:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Corel,6,Crime,18,Games,1,Google,9,HTML,5,Internet,38,Microsoft,6,Modem,8,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,20,Tips 'n Trick,95,Toko Online,9,Tutorial,116,WhatsApp,20,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Face Unlock)
Cara Menggunakan Face ID Recognition di HP Xiaomi (Face Unlock)
Berikut cara menggunakan fitur face recognition di smartphone Xiaomi. Membuka kunci smartphone hanya dengan menghadapkan layar HP ke wajah atau muka.
https://4.bp.blogspot.com/-EP-_mk5e0bM/WrPhfAoorCI/AAAAAAAAEds/gaXr6JZS4QM6iLTvRKS805UYniw13mZXACLcBGAs/s640/FACE%2BID.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EP-_mk5e0bM/WrPhfAoorCI/AAAAAAAAEds/gaXr6JZS4QM6iLTvRKS805UYniw13mZXACLcBGAs/s72-c/FACE%2BID.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2018/03/cara-menggunakan-face-id-recognition-di-hp-xiaomi-unlock.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2018/03/cara-menggunakan-face-id-recognition-di-hp-xiaomi-unlock.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy