Beranda
Productivity
Telegram
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mudah Dark Mode di Telegram
Cara Mudah Dark Mode di Telegram

Berikut ini adalah cara mudah dark mode di Telegram. Dengan cara ini anda akan merubah tampilan aplikasi telegram anda menjadi mode gelap atau dark mode dengan mudah dan instant. Ada 2 cara yang akan dibahas, silahkan salah satu yang menurut anda paling nyaman dilakukan.

Lalu apa bedanya? Cara pertama akan langsung merubah tampilan langsung ke mode gelap (night mode). Sedangkan cara kedua anda akan mendapat banyak pilihan tampilan /tema. Tidak hanya dark mode, tetapi ada banyak pilihan dan kombinasi lainnya.

Tampilan dark mode kini sudah mulai banyak digunakan di berbagai macam aplikasi. Selain membuat awet penggunaan baterai, tampilan dark mode ini juga dipercaya lebih ramah untuk mata, khususnya pada saat keadaan gelap.


Cara 1 Dark Mode di Telegram (Cara Cepat)

Ada dua cara yang akan dibahas didalam tutorial kali ini, yang pertama adalah cara mudah atau instant dimana anda hanya perlu melakukan beberapa klik saja untuk mengaktifkan mode gelap atau dark mode di telegram. Cara kedua adalah cara standard mulai dari membuka menu pengaturan sampai anda dapat merubah tema atau tampilan ke mode gelap /dark mode.

  1. Buka aplikasi Telegram
  2. Login (jika belum)
  3. Klik tombol >Menu (kiri-atas)
  4. Klik icon bulan yang ada di bagian atas (disamping foto profil)Cara Mudah Dark Mode di Telegram
  5. Selesai

Cara pertama ini adalah cara mudah atau instant, dengan beberapa klik tampilan telegram anda akan berubah ke mode gelap /dark mode. Tetapi di cara ini anda hanya dapat merubah dari mode terang (day mode) ke mode gelap (night mode) atau sebaliknya.

Jika anda ingin memilih paduan warna lainnya, silahkan langsung ikuti cara yang kedua dibawah.


Cara 2 Dark Mode di Telegram (Standar)

Berikut ini adalah cara standar /basic untuk mengubah tampilan menjadi tema dark mode di telegram dengan banyak pilihan tema. Pada saat memilih warna tema, saya sarankan anda juga melihat - lihat atau mencoba pilihan atau kombinasi warna lainnya.

  1. Buka aplikasi Telegram
  2. Login (jika belum)
  3. Klik tombol >Menu (kiri - atas)
  4. Pilih >Settings (Pengaturan)
  5. kemudian pilih >Chat settings
  6. Pada bagian color theme silahkan pilih tema >Dark atau >Night untuk mendapatkan tampilan dark mode atau mode gelap. (atau tema warna lainnya sesuai keinginan anda)Cara Mudah Dark Mode di Telegram
  7. Selesai

Silahkan coba juga pilihan warna lainnya siapa tau anda lebih nyaman menggunakan tema lain diluar dark mode di Telegram. Karena ada beberapa aplikasi yang juga kurang cocok jika menggunakan mode gelap, entah itu karena pilihan warna gelapnya atau memang tidak cocok saja digunakan.

Utamakan kenyamanan

Seperti contohnya dark mode di whatsapp yang menurut saja pribadi saat ini masih tidak enak untuk digunakan. Jadi kami sarankan anda untuk mencoba beberapa kombinasi warna di halaman tema untuk mendapatkan tampilan yang paling nyaman untuk anda gunakan.

semoga tulisan mengenai cara mudah dark mode di Telegram ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak! #beWiseUser!


Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!