Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
YouTube
Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube HP dan PC
Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube HP dan PC
Berikut ini adalah cara mengaktifkan dark mode di Youtube HP (smartphone) dan PC (komputer). Dengan cara ini anda dapat merubah tampilan halaman Youtube menjadi mode gelap baik di aplikasi maupun di komputer.

Dark Mode atau mode gelap saat ini memang sudah mulai diterapkan di berbagai website dan aplikasi. Dark mode di Youtube sebenarnya sudah tersedia lumayan lama, tidak seperti Instagram dan WhatsApp yang baru - baru ini menerapkan mode gelap di aplikasinya.

Bagi anda pemilik smartphone baik Android ataupun iOS (iPhone) dengan OS terbaru, sebenarnya fitur ini akan otomatis aktif jika anda mengaktifkan mode gelap langsung dari sistem pengaturan di smartphone.

Tetapi bagi anda yang ingin mengaktifkannya secara manual, atau bagi anda yang masih menggunakan OS 'jadul' bisa juga menggunakan cara dibawah ini.

baca juga: Tiktok versi Youtube ini bernama Shorts, Mampukah bersaing?



#1 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube (Smartphone)

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan dark mode di Youtube khusus untuk di HP atau smartphone. Untuk mengaktifkan dark mode di youtube versi website /browser silahkan lewati langkah ini dan langsung ke cara /tutorial kedua dibawah.


  1. Buka aplikasi Youtube di HP
  2. Klik ikon >Profil (kanan-atas) untuk membuka menu / pengaturan akun
  3. Pilih menu >Settings (pengaturan)
  4. Kemudian pilih >General (Umum)
    Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube HP dan PC
  5. Pada halaman general silahkan buka pengaturan >Dark theme kemudian >aktifkan toogle (pengaturan).
    Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube HP dan PC
  6. Selesai. Setelah anda mengaktifkan pengaturan dark theme tampilan aplikasi youtube akan otomatis berubah menjadi mode gelap (dark mode).


Untuk menonaktifkan atau mengembalikan pengaturan ke tampilan awal (putih) silahkan lakukan langkah yang sama seperti diatas namun pada pengaturan dark theme silahkan nonaktifkan pengaturan.

Baca juga: Cara Membuka Video Youtube di Gom Player Online

#2 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube (PC)

Dibawah ini adalah cara mengaktifkan dark mode di youtube untuk pengguna PC atau komputer. 

  1. Buka website Youtube di browser seperti biasa
  2. Jika anda sudah login silahkan klik ikon >Profil (kanan-atas) dan lewati langkah nomor tiga untuk langsung membuka pengaturan tampilan
  3. Jika belum login silahkan klik ikon >Menu (tiga titik berjajar kebawah) yang berada di bagian kanan-atas layar.
  4. Pilih menu >Dark theme kotak notifikasi akan muncul menggantikan daftar menu
  5. Silahkan >aktifkan toggle (ON) utnuk mengaktifkan tampilan mode gelap atau dark mode di Youtube.
    Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube HP dan PC
  6. Selesai. Jika anda ingin menonaktifkan mode gelap ini silahkan ulangi langkah diatas dan matikan menu dark theme.

Perhatikan kenyamanan anda

Gunakan fitur ini seperlunya saja, dan pastikan anda tetap nyaman menggunakannya. Fitur dark mode di Youtube ini hanyalah satu dari beberapa pilihan tampilan yang bisa anda gunakan. Mungkin saat malam hari atau saat keadaan gelap /redup fitur dark mode sangat nyaman untuk digunakan, namun tidak setiap saat.

Pada siang hari atau dibawah cahaya yang terang, mode normal atau dengan background putih sangat disarankan, karena penggunakan dark mode di Youtube saat ruangan atau lingkungan terang malah akan mengganggu kenyamanan anda, setidaknya begitulah yang kami alami.

Ginakan seperlunya, dan pastinya utamakan kenyamanan anda saat menggunakan fitur - fitur baru seperti dark mode di Youtube ini. 

Semoga tulisan mengenai cara mengaktifkan dark mode di Youtube Hp dan PC ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!