Beranda
Tutorial
WhatsApp
Kumpulan Cara Share Location Whatsapp Terbaru
Kumpulan Cara Share Location Whatsapp Terbaru
Image: www.themobileindian.com

Share location whatsapp adalah salah satu fitur terbaru yang bisa dinikmati oleh para pengguna aplikasi chatting yang satu ini, tapi masih ada yang bingung untuk menggunakannya. Apakah masih merasa bingung memberitahu teman dimana kita sedang berada?

Atau mungkin bisa saja merasa bingung saat kita harus menyusul ke tempat hangout tanpa teman, padahal tidak tahu lokasinya sama sekali? Nah, inilah gunanya share location yang ada dalam Whatsapp. 

Memang sesungguhnya fitur yang satu ini sudah cukup umum dan bahkan juga ada dalam berbagai aplikasi chatting yang lainnya. 

Tetapi walau demikian, tetapi Whatsapp yang memegang pengguna terbanyak dan akhirnya fitur yang satu ini menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan di dunia digital.

Lantas kenapa share location WhatsApp ini jadi sangat berguna? Itu dikarenakan fitur yang satu ini telah terintegrasi dengan aplikasi peta yang ada di ponsel. Maka secara otomatis, orang yang akan menerima kiriman lokasi ini kemudian bisa mendapat arahan yang jelas ke tujuan yang akan dia tuju.

Cara Share Location WhatsApp

Supaya kita tidak kebingungan, maka sebaiknya kita lihat satu per satu cara untuk share location WhatsApp di bawah ini :

  1. Jika kita ingin memberitahu lokasi kita : Pada layar chatting, maka klik ikon attachment dan kemudian pilih location
  2. Setelah itu pilih lokasi, dan biasanya akan muncul beberapa lokasi. Jika tak ada lokasi yang ditemukan, maka klik tombol share lokasi yang ada di bawah petanya (gunakan pin point lokasi kita)
    Kumpulan Cara Share Location Whatsapp Terbaru
  3. Selesai! Kita sukses mengirimkan link lokasi terkini ke dalam percakapan
Lantas, bagaimana jika misalnya kita mendapatkan peta dari teman? Bagaimana caranya untuk menggunakan peta tersebut? Begini cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan gungsi arahan dari share location aplikasi WhatsApp:
  1. Yang pertama dilakukan adalah tap peta yang ada di percakapan tersebut
  2. Kemudian aplikasi peta yang kita gunakan (misal Google Maps) akan segera terbuka, dan disitu kita bisa melihat posisi teman melalui peta yang terbuka dan sudah terintegrasi dengan fitur share location tersebut.
  3. Kita bisa gunakan tombol directions untuk mendapatkan arahan
  4. Secara otomatis aplikasi peta kemudian akan melakukan kalkulasi rute dan juga akan segera menunjukkan arah ke lokasi bersangkutan yang ada dalam share location tersebut.
  5. Setelah itu tekan Start, kemudian ikutilah arahan dalam peta tersebut hingga sampai ke lokasi temanmu.

Share Live Location WhatsApp

Lalu bagaimana caranya jika ingin share live location WhatsApp? Tenang, sebab sekarang WhatsApp juga bisa mendukung share live location. Jadi dengan menggunakan fitur ini maka kita bisa membagikan posisi real-time dengan teman chattingan.

Nah, jika agak khawatir dengan risiko penguntit alias stalker. WhatsApp sudah mempertimbangkan hal ini dan share live location ini sudah  melalui proses enkripsi terlebih dahulu, sehingga kita bisa menentukan jangka waktu khusus untuk berbagi lokasi langsung ini. Untuk caranya sendiri juga sama saja dengan berbagi lokasi yang biasa. 

  1. Tekan Attach pilih Location
  2. Kemudian pilih ‘Share Live Location‘
  3. Setelah itu tentukan berapa lama waktu berbagi
  4. Kirim

Demikian adalah beberapa cara untuk share location dengan menggunakan WhatsApp, sangat mudah dan praktis. Sebelumnya pastikan kita sudah mengaktifkan fitur map terlebih dahulu supaya bisa melakukan share location WhatsApp. Selamat mencoba! Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!