Beranda
Social Media
Tips 'n Trick
Tutorial
WhatsApp
Cara Mengirim Stiker di WhatsApp Android dan iOS
Cara Mengirim Stiker di WhatsApp Android dan iOS

Berikut ini adalah cara untuk mengirim stiker di whatsapp baik untuk smartphone Android maupun iOS (iPhone). Dengan cara ini kita dapat mengirim stiker di chat whatsApp seperti fitur yang dimiliki oleh aplikasi LINE. Lalu bagaimana cara mengirim stiker di WhatsApp?

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa fitur mengirim stiker di whatsapp ini sebenarnya bukan hal baru bagi aplikasi kompetitor,contohnya LINE. Jauh sebelum WhatsApp mengaplikasikan fitur ini, aplikasi LINE sudah menerapkannya sejak awal.

Walaupun terlihat telat sepertinya fitur mengirim stiker di whatsapp ini telah ditunggu - tunggu oleh pengguna whatsapp, termasuk tim rinditech. hehe Dengan fitur stiker ini kita dapat mengekspresikan pesan kita dengan lebih visual dan beragam bila dibandingkan dengan emoticon standar.

Baca juga: Cara Mengetahui Siapa Saja yang Telah Membaca Pesan di Group WhatsApp

Syarat untuk dapat mengirim stiker di whatsapp

Baik untuk pengguna smartphone Android maupun iOS (iPhone) syaratnya sama. Syaratnya kita hanya perlu memiliki aplikasi WhatsApp dengan versi 2.18.331 (atau lebih baru). Silahkan untuk mengeceknya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah - langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Buka bagian >Menu >Settings
  3. Cari dan pilih bagian >Help kemudian pilih >App info
  4. Cek versi WhatsApp yang digunakan. Jika telah memiliki versi 2.18.331 (atau lebih baru) maka silahkan lanjut ke langkah atau tutorial selanjutnya. Jika masih menggunakan versi lawas, silahkan lakukan update aplikasi terlebih dahulu via aplikasi PlayStore di HP masing - masing.Cara Mengirim Stiker di WhatsApp Android dan iOS

Baca juga: Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Post di Group Chat WhatsApp

Download aplikasi whatsapp terbaru secara manual

Bagi teman - teman yang belum memiliki whatsapp versi 2.18.331 saat ini kami sarankan untuk melakukan update aplikasi secara manual karena untuk saat ini whatsapp "versi stiker" memang belum dapat digunakan oleh semua pengguna whatsapp. 

Hanya pengguna yang telah mendaftar dan mengajukan menjadi "beta tester" yang dapat mencicipi fitur ini. Sementara menurut pantauan tim rinditech untuk pendaftaran menjadi "beta tester" telah full (ditutup).

Jadi solusinya adalah menginstall manual aplikasi whatsapp yang "versi stiker", silahkan download melalui link berikut ini:

[Download WhatsApp versi 2.18.33 ##download##]

Apakah aplikasi tersebut aman dari virus? Sampai saat ini tim rinditech belum menemukan keanehan ataupun masalah dari aplikasi terbaru ini. Jadi menurut kami sangat layak untuk dicoba kalau memang penasaran dengan versi stiker dari WhatsApp.

Lakukan pengecekan secara berkala untuk update aplikasi whatsApp di PlayStore. Jika update yang lebih baru dari versi 2.18.33 sudah tersedia di aplikasi PlayStore maka segera lakukan update via PlayStore agar mendapatkan fitur terbaru lainnya.

Baca juga: Cara Copy-Paste Tulisan Caption Foto di Chat WhatsApp

Cara Mengirim Stiker di WhatsApp Android dan iOS (iPhone)

Sampai disini kami anggap teman - teman telah menggunakan aplikasi WhatsApp dengan versi 2.18.331 (atau lebih baru). Kita lanjutkan langkah ini dari tutorial ini.

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Buka Chat (yang ingin dikirimi stiker)
  3. Pada mode mengetik klik bagian emotikon (seperti akan mengirim emotikon) 
  4. Di bagian bawah layar akan mucul menu baru disamping GIF, yaitu stiker. Jadi urutannya akan seperti ini: >emotikon >GIF >Stiker. (klik bagian stiker)
  5. Klik /tap stiker yang ingin dikirim dan akan otomatis terkirim tanpa harus menekan tombol >Send.Cara Mengirim Stiker di WhatsApp Android dan iOS
  6. Kembali lagi ke mode mengetik (atau kirim lebih banyak stiker). Selesai!

Silahkan cek ke lawan bicara anda atau group yang anda kirimi stiker, apakah mereka menerima stiker yang telah dikirim. Apabila berhasil selanjutnya anda dapat menambah koleksi stiker dengan menekan tanda plus (+) saat membuka menu stiker di chat.

Semoga artikel tentang cara mengirim stiker di whatsapp ini dapat membantu teman - teman. Apabila ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 8 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Instagram: @rindiputra :)

TIPS BERKOMENTAR:
Klik/Ceklis kotak putih kecil pada bagian "Notify me" atau "Beri tahu saya" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan!