Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp

Rindi Putra
8 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp
Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp

Berikut ini adalah cara melakukan copy – paste (salin – tempel) tulisan atau caption di gambar /foto yang biasa diterima di chat WhatsApp, baik di chat personal maupun di group. Caption atau komentar yang ada di gambar biasanya susah untuk di copy /salin dengan cara yang biasa, dan berikut ini adalah cara mudah untuk melakukan copy paste tulisan caption atau komentar yang ada di gambar di group chat aplikasi whatsApp maupun personal chat.

Terkadang saat seseorang mengirimkan gambar di dalam sebuah chat disisipkan kata – kata yang indah atau kata – kata yang ingin kita simpan atau bagikan lagi. Seperti halnya bila ada pengumuman atau pesan yang menjadi viral. 

Namun karena caption atau tulisan yang ingin dibagikan tersebut berada didalam komentar foto (gambar) maka menjadi sulit bagi kita untuk menyalinnya (copy). Entah disengaja ataupun tidak, yang pasti hal tersebut menyulitkan kita untuk membagikannya kembali dengan cepat.

Berikut ini adalah cara agar tulisan yang ada di foto atau gambar yang dibagikan di chat whatsApp tetap dapat di salin (copy paste) seperti yang biasa dilakukan pada tulisan atau chat yang dikirim tanpa gambar.

Cara Copy Paste (Salin Tempel)  Tulisan atau Caption yang ada di Foto atau gambar yang di kirim atau diterima padaChat WhatsApp.

Sebelum lanjut ke langkah copy paste ada satu aplikasi yang harus kita install terlebih dahulu, yaitu Universal Copy (UC) yang telah tersedia di Play Store.

Penggunaan aplikasi Universal Copy ini hanya contoh, ada banyak aplikasi yang dapat dipilih selain aplikasi ini di Play Store, prinsip kerjanya pun hampir sama.

Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp

#1 Buka & Aktifkan Aplikasi UC

Buka dan Aktifkan Aplikasi dengan menggeser tombol yang ada ditandai dengan status menjadi Activated seperti pada gambar diabawah.

Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp

#2  Periksa bagian Notifikasi

Setelah kita mengaktifkan aplikasi UC. Maka periksalah area notifikasi, bila aplikasi tersebut muncul di area notifikasi maka aplikasi siap untuk digunaan.

Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp

#3 Buka Chat WhatsApp

Buka Chat di WhatsApp yang ada kiriman gambar yang ingin kita salin (copy) tulisannya.

#4 Arahkan layar ke tulisan yang ingin di copy

Cari dan pastikan tulisan yang ingin kita copy (salin) yang ada di WhatsApp terlihat di layar. Tidak perlu kelihatan semua, yang penting terlihat.

#5 Buka Aplikasi UC dari area Notifikasi

Setelah kita buka aplikasi UC dari area notifikasi, layar notifkasi akan otomatis tertutup dan kembali ke aplikasi whatsApp. Namun sekarang dengan aplikasi UC yang aktif sebagai frame.

 #6 Pilih tulisan, lalu salin (copy)

Pilih atau ‘tap’ pada tulisan yang ada pada caption di gambar atau foto yang dimaksud di aplikasi whatsApp. Tidak perlu melakuan blok seluruh tuisan, setelah tap pada satu area maka otomatis seluruh teks atau tulisan yang ada pada bagian yang sama akan terambil (terpilih).

Setelah memilih kemudian salin (copy) dengan menekan tombol copy yang ada pada bagian kanan atas layar UC.

Cara Copy Paste Tulisan Caption di Foto pada Chat WhatsApp

#7 Paste (tempel). Selesai

Setelah memilih tulisan untuk di copy maka tulisan tersebut telah siap untuk di tempel atau Paste dimanapu, di aplikasi manapun yang diinginkan.

Selesai! Selamat anda sekarang sudah dapat menyalin (copy) tulisan yang ada didalam postingan gambar atau biasa disebut caption. Langkah diatas terlihat panjang namun pada prakteknya hanya diperlukan menit saja. Bahkan untuk proses kedua dan seterusnya hanya diperlukan beberapa detik saja.

Bagaimana bila aplikasi tidak muncul di area notifikasi?

Setelah diaktifkan, aplikasi tidak muncul di area notifikasi? Tenang, coba periksa area keamanan perizinan (permission /accessibility) di smartphone anda. Lokasi pengaturan setiap smartphone kadang berbeda – beda namun pada umumnya berlokasi pada bagian aksesibilitas, keamanan, atau antivirus. Berikan izin (permission) atau accessibility untuk aplikasi Universal Copy.

Semoga artikel ini bermanfaat. Bila ada kendala atau kesulitan dalam mempraktekan cara diatas, silahkan simpan pertanyaan pada kolom komentar seperti biasa. Akan kami bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

8 komentar

  1. Ujang Saripudin DQ
    Ujang Saripudin DQ
    Selasa, April 13, 2021
    Terimakasih atas informasinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 13, 2021
      sama - sama pak! senang dapat membantu
  2. snowwhite
    snowwhite
    Senin, Juni 17, 2019
    Membantu banget.. Banyak banget artikel di blog ini yg memudahkan pekerjaan saya ..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 19, 2019
      Hi snowwhite! Siip! Alhamdulillah.. senang dapat membantu. Terimakasih atas testimoninya (n_n)
  3. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 18, 2018
    Thanks kak, sangat membantu 😍
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 18, 2018
      Sip! sama - sama linda!
      Senang dapat berbagi pengalaman. makasih buat testimoninya :)
  4. mimin namaku
    mimin namaku
    Rabu, Maret 29, 2017
    Terimakasih ilmu nya, akan saya coba
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 29, 2017
      Sama - sama, senang dapat membantu dan selamat mencoba.
      Terima kasih atas testimoni nya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!