Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)

Tiba – tiba semua kontak yang sudah di Save hilang, di daftar chat pun yang muncul nomornya saja. Di Phonebook kontaknya masih ada tapi tid...

Tiba – tiba semua kontak yang sudah di Save hilang, di daftar chat pun yang muncul nomornya saja. Di Phonebook kontaknya masih ada tapi tidak muncul saat dicari di whatsapp, begini cara memulihkannya.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi kemudian disempurnakan dengan berbagai macam cara alternatif dimana jika teman – teman tidak berhasil dengan yang pertama, maka masih banyak cara lainnya yang dapat dicoba karena dalam beberapa kasus membuktikan bahwa walaupun type handphone nya sama, namun cara penanganannya berbeda – beda.

Beberapa waktu yang lalu aplikasi WhatsApp yang kami gunakan menunjukan keanehan, seluruh nama kontak yang sedang melakukan chat dengan kami tiba – tiba berganti dengan nomor whatsapp yang mereka gunakan. Begitupun nama – nama anggota group yang telah di simpan ikut menghilang. Ketika membuka halaman kontak whatsapp pun terlihat kosong seperti menggunakan whatsapp baru.

Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)

Akhirnya kami memutuskan untuk tidak melakukan tindakan apa – apa terlebih dahulu dengan harapan masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya. Ternyata setelah lebih dari 24 jam masalah tersebut masih ada. Akhirnya kami mulai melakukan beberapa tindakan untuk memulihkannya dan Alhamdulillah, selesai dengan beberapa langkah singkat dibawah ini:

Cara mengemblikan nama kontak yang hilang di Whatsapp

Dalam tutorial ini kami menyediakan beberapa cara yang dapat dicoba, apabila anda berhasil di cara pertama maka anda tidak perlu lagi melakukan cara lainnya.

#1 Edit “Permission”

Cara pertama ini adalah cara yang sudah kami buktikan dan langsung berhasil pada percobaan pertama. Belum dapat dipastikan kenapa setting permission di smartphone kami menjadi berubah, namun dari bagian inilah semua masalah selesai. Ada yang mengatakan bahwa ini karena update OS di smartphone, ada juga yang mengatakan karena factor sistem keamanan yang digunakan.

Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk mengaktifkan kembali settings perizinan (permission) pada hp kita.

Smartphone Xiaomi
  1. Buka Aplikasi Security bawaan Xiaomi
  2. Pilih tombol “Permissions”
  3. Pilih (lagi) tombol “Permissions”
  4. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp
  5. Rubah menjadi Ceklis hijau (berikan izin akses) pada bagian “Read your contacts”

Smartphone Android Secara Umum:
  1. Buka bagian Settings
  2. Cari dan pilih menu Applications
  3. Cari kemudian pilih aplikasi WhatsApp pada daftar aplikasi yang muncul
  4. Buka bagian Permissions
  5. Aktifkan bagian “Contacts”
Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)

Tunggu beberapa saat, sekitar 30 menit, agar aplikasi whatsapp dapat memunculkan atau mengembalikan seluruh nama kontak yang telah anda miliki sebelumnya. Bila perlu lakukan restart pada smartphone Anda.

Apabila anda tidak dapat menemukan bagian permission di smartphone anda, jangan mimbang, langsung saja pakai cara yang kedua.

Apabila sumber permasalahan yang anda alami sama dengan kami, maka seharusnya dengan cara pertama diatas sudah dapat memunculkan kembali kontak – kontak yang hilang tersebut. Namun apabila masih belum muncul bisa dilanjutkan dengan cara kedua dibawah ini.

#2 Update Aplikasi

Sebenarnya bukan kepada kebutuhan sistem yang baru, namun setelah kita melakukan update biasanya aplikasi kan melakukan permintaan ulang untuk dapat mengakses beberapa asset yang ada di smartphone anda, termasuk mengakses contact yang ada disana.

Update via PlayStore:
Buka aplikasi PlayStore di handphone
Klik tombol Menu
Buka bagian 'My apps & games'
Cari dan pilih aplikasi whatsApp
Klik UPDATE

Bila teman - teman tidak dapat melakukan update via PlayStore bisa melakukan update via install manual dengan file APK dengan cara dibawah ini:

Update via file APK
Download Aplikasi WhatsApp untuk Android (tutorial download lihat disini)
Buka File download
Install (jika diminta untuk meninjau permission atau hak akses, klik izinkan (Allow /Accept)).

Sesaat setelah kita melakukan update akan muncul popup /notifikasi yang memberitahukan bahwa whatsapp tidak dapat mengakses kontak yang ada di handphone anda. Langsung saja klik notifikasi tersebut, kemudian secara otomatis sistem akan membuka halaman permission untuk WhatsApp.

Aktifkan perizinan whatsapp pada bagian Contacts atau read my contacts seperti langkah pada cara pertama,

Setelah mengubah setting atau pengaturan mengenai perizinan atau permission maka sistem akan mulai melakukan update kontak seperti sebelumnya. Butuh waktu beberapa menit agar pengubahan setting ini terlihat perubahannya. Jika perlu lakukan juga restart pada smartphone agar lebih sempurna.

#3 Edit "Contact to Display"

Apabila belum berhasil Anda bisa mencoba dengan mengaktifkan seluruh sumber kontak yang ada untuk diakses oleh aplikasi whatsapp yang ada di smartphone anda. Karena tidak sedikit smartphone yang menyimpan kontak telepon langsung ke email sehingga tidak dapat terbaca oleh sistem pada aplikasi (WhatsApp).

Untuk cara ketiga ini kita tidak melakukan perubahan setting di aplikasi whatsapp, namun sekarang kita akan melakukan pengaturan di aplikasi phonebook atau kontak smartphone anda lalu kemudian kembali ke WhatsApp.

  1. Buka aplikasi Contacts (Phonebook)
  2. Cari dan buka “Contact to display” pada bagian Menu
  3. Ceklis (Aktifkan) semua akun atau email tempat anda menyimpan nomor atau kontak.
  4. Buka Aplikasi WhatsApp
  5. Buka kemudian lakukan refresh pada bagian contacts.

Whatsapp sekarang masih menjadi aplikasi berkirim pesan favorit pengguna smartphone di Indonesia mengalahkan BBM ataupun aplikasi berkirim pesan lainnya. Dengan tingginya tingkat penggunaan sebuah aplikasi maka semakin besar pula resiko aplikasi tersebut mengalami masalah. Walaupun pihak pengembang terus melakukan perbaikan, tetap saja kemungkinan ‘crash’ itu pasti ada.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA). Dengan langkah dan cara – cara yang dapat dipilih atau menjadi alternatif apabila cara yang satu tidak berhasil, maka masih ada cara lain yang dapat dicoba.

Apabila ada pertanyaan ataupun saran silahkan langsung simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasanya. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait:

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Corel,6,Crime,18,Games,1,Google,9,HTML,5,Internet,35,Microsoft,6,Modem,7,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,19,Tips 'n Trick,90,Toko Online,9,Tutorial,111,WhatsApp,20,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)
Cara Mudah Mengembalikan Nama Kontak WhatsApp yang hilang (SEMUA)
https://1.bp.blogspot.com/-BvS71Xvx6Co/WoMdDotNcvI/AAAAAAAAEQE/iyXyJWgHVDs7hi6f7meqD9UZANVPeBoYgCLcBGAs/s640/Cara%2BMudah%2BMengembalikan%2BNama%2BKontak%2BWhatsApp%2Byang%2Bhilang%2B%2528SEMUA%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BvS71Xvx6Co/WoMdDotNcvI/AAAAAAAAEQE/iyXyJWgHVDs7hi6f7meqD9UZANVPeBoYgCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMudah%2BMengembalikan%2BNama%2BKontak%2BWhatsApp%2Byang%2Bhilang%2B%2528SEMUA%2529.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2018/02/cara-mudah-mengembalikan-nama-kontak-whatsapp-hilang.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2018/02/cara-mudah-mengembalikan-nama-kontak-whatsapp-hilang.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy