Cara Mengatasi "Failed to create AOW snapshot" emulator Tencent PUBG

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
Games
Tutorial
Windows
Cara Mengatasi "Failed to create AOW snapshot" emulator Tencent PUBG
Cara Mengatasi "Failed to create AOW snapshot" emulator Tencent | PUBG

Berikut ini adalah cara mengatasi masalah atau error "Failed to create AOW snapshot" di emulator Tencent untuk bermain PUBG. Bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi masalah atau error yang muncul saat kita ingin bermain?

Emulator Tencent Gaming Buddy sangat terkenal sebagai emulator utama untuk bermain PUBG Mobile di PC atau komputer. Padahal emulator tersebut tidak hanya untuk bermain game PUBG Mobile.

Saat ini ada banyak game yang dapat dimainkan di emulator tencent tersebut. Game tersebut seperti AOV, Mobile Legends, Clash of Clans, Ragnarok, dan bahkan game pesaing PUBG Mobile, yaitu Free Fire juga sekarang tersedia di emulator Tencent. Dan masih banyak lagi game yang dapat dimainkan di emulator ini.

Next! Kita lanjut ke tutorial cara mengatasi error "Failed to create aow snapshot" yes..

Apakah cara ini aman?

Dala tutorial ini Anda diharuskan menginstall aplikasi agar dapat masuk ke dalam sistem yang sedang berjalan. Aplikasi tersebut bernama "Process Hacker 2", apakah aplikasi tersebut aman?

Mendengar kata - kata "hacker" mendadak diri ini ciut ya, hehe. Takut aplikasi tersebut dapat mengacau komputer kita, yang tadinya hanya ingin mengatasi error kecil malah menimbulkan error yang lain. hehe

Walau kami tidak dapat pastikan 100% aplikasi tersebut aman (karena bukan tim kami yang membuatnya). Namun aplikasi tersebut kami pastikan aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun pada kinerja komputer kami hingga saat artikel ini ditulis.

Lagipula aplikasi ini sepertinya hanya bersifat membaca (read) tetapi tidak dapat merubah (write) apapun yang ada di sistem komputer. Dan jika sudah selesai, kita juga dapat langsung menghapus (uninstall) aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Error "Failed to create AOW snapshot" di emulator Tencent | PUBG

Disarankan untuk membaca dahulu seluruh instruksi dibawa sebelum benar - benar mempraktikannya.

Jangan terburu - buru, pastikan setiap langkah diikuti dengan benar. Berikut adalah tutorial atau langkah - langkah mengatasi error Failed to create aow snapshot di emulator Tencent (PUBG):

  1. Download aplikasi "Process Hacker 2" di link berikut ini: https://drive.google.com/open?id=1vJNlOtgBIJ--fe-M-RvUodNeqS7DtHr3 (Mohon diinformasikan di kolom komentar jika link ini error)
  2. Extract kemudian Install di komputer aplikasi yang telah di download diatas
  3. Buka Emulator Tencent kemudian Buka Game PUBG seperti biasa. Tunggu sampai notifikasi error "Failed to create AOW snapshot" keluar.
  4. Tutup (Close) semua jendela Emulator (Tencent Gaming Buddy).
  5. Buka area hidden taskbar (kanan-bawah layar). Klik tanda panah ke atas untuk memunculkan hidden taskbar.
  6. Klik kanan pada icon Tencent kemudian pilih >Quit agar aplikasi emulator tertutup sempurna
    Cara Mengatasi "Failed to create AOW snapshot" emulator Tencent | PUBG
  7. Buka aplikasi Process Hacker 2 dengan akses administrasi (Klik kanan pada icon aplikasi kemudian >Run as Administrator.)
  8. Pada kotak pencarian aplikasi (kanan-atas) cari atau ketik "aow". Pada hasil pencarian akan muncul file: "aow_exe.exe"
  9. Klik-kanan pada file aow yang muncul tersebut kemudian pilih >Terminate (Del) agar file tersebut dihapus.
    Cara Mengatasi "Failed to create AOW snapshot" emulator Tencent | PUBG
  10. Tutup aplikasi Process Hacker 2.
  11. Buka kembali emulator Tencent Gamin Buddy kemudian buka kembali game PUBG seperti biasa.
  12. Selesai! Selamat bermain kembali..!

Jika Anda sudah bisa membuka game PUBG, minimal masuk ke halaman utama atau halaman login maka Anda sudah mengikuti tutorial diatas dengan benar. Langsung saja dicoba untuk bermain online seperti biasa.

Bagaimana jika file AOW ada lebih dari satu?

Dalam beberapa kasus ditemukan lebih dari satu file aow di aplikasi pencarian, manakah yang perlu dihapus?

Jika Anda menemukan lebih dari satu file aow di hasil pencarian, silahkan untuk menghapus semua file yang muncul. Tidak akan berpengaruh terhadap hasil karena tujuan utama pencarian ini memang untuk menghentikan atau menghapus file aow dari sistem yang sedang berjalan.

Anda juga bisa langsung menghapus /uninstall aplikasi process hacker 2 jika tidak akan digunakan lagi.

Main sewajarnya.. jangan terlalu serius!

Perlu diingat kembali, sejatinya game atau permainan apapun itu hanyalah sebuah media hiburan alternatif untuk mengendurkan urat - urat syaraf kita dari kesibukan sehari - hari seperti beribadah, bekerja ataupun belajar.

Jika game atau permainan sudah membuat kita ketagihan atau bahkan membuat kita sedih atau emosi berlebihan, maka Anda harus berhenti sejenak. Silahkan Anda evaluasi lagi keuntungan-kerugian bermain game tersebut, termasuk game PUBG ini.

Anda tidak berkewajiban untuk memiliki peringkat atau rank yang tinggi untuk bermain sebuah game. Main sewajarnya, jangan biarkan keluarga atau teman dekat Anda menjadi ragu untuk mengajak ngobrol saat Anda sedang bermain game.

Itulah sedikit ceramah dari saya sebagai penulis yang sedikit khawatir dengan iklim permainan online saat ini. 

Semoga pembahasan mengenai cara untuk mengatasi masalah error Failed to create AOW snapshot di emulator Tencent Gaming Buddy (PUBG) ini dapat membantu. Jika ada pertanyaan atau mengalami kendala silahkan simpan pertanyaan Anda di kolom komentar seperti biasa.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Alfankk
    Alfankk
    Senin, September 06, 2021
    works
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 07, 2021
      Enjoy!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!