Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
News
Review
Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla
Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla
Tesla Model 3 (tesla.com)
Bagi yang belum familiar dengan mobil listrik, kini ada keluaran baru yaitu mobil Tesla Model 3. Mobil ini berbeda dari mobil yang menggunakan bahan bakar atau jenis yang lain. 

Mobil Tesla Model 3 ini diposisikan di segmen menengah dan memiliki harga yang terbilang murah. Yang jelas mobil zero emission ini tidak harus dan tidak selalu identik dengan mobil premium atau mobil mewah. 

Bisa dikatakan bahwa mobil Tesla Model 3 ini merupakan model terbaru dari Tesla. Dengan model yang menarik dan juga elegan dan memiliki harga yang terjangkau di kelasnya tentu akan membuat tertarik untuk memilikinya.

Spesifikasi Mobil Listrik Tesla Model 3

Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla
Sistem keamanan Tesla Model 3 mendapatkan nilai sempurna

Seperti sedikit penjelasan di atas tentang mobil listrik, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu kita ketahui dari mobil Tesla Model 3 yang perlu kita ketahui. 

Ukuran Mobil ini memiliki ukuran sekitar 20 persen lebih kecil daripada sedan model S. Dengan kata lain ukuran dan posisinya hampir sama dengan mobil sedan yang premium entry level misalnya saja seperti BMW seri 3 maupun Audi A4. 

Yang lebih menarik lagi, keempat roda mobil Tesla Model 3 dipasangi 2 motor penggerak sehingga mobil tipe ini memiliki 4 penggerak roda (All Wheel Drive). 

Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla
Spesifikasi Tesla model 3 dengan mode standard

Kapasitas Baterai Karena ini mobil listrik, maka menggunakan baterai. Dilengkapi dengan 50 atau 62 atau 75 kWh Baterai Lithium ion. Untuk sekali isi ulang baterai, mobil ini bisa menjelajahg sekitar 500 km. Selain itu, teknologi yang digunmakan pada mobil ini menggunakan teknologi otonom. 

Fitur yamg ditawarkan Tesla Model 3

Salah satu fitur utama yang dimiliki oleh semua tipe mobil Tesla adalah dapat berjalan secara autonomous atau self driving. Dimana mobil dapat melaju  secara otomatis tanpa kita operasikan.

Fitur lain pada mobil tipe ini juga menarik. Mobil ini tidak menggunakan kunci konvensional. Jika kita ingin membuka pintu atau menutup pintu mobil ini maka alat yang digunakan yaitu berupa kartu. 

Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla
Tampilan interior Tesla model 3

Kartu ini lebih mirip dengan yang digunakan untuk kamar di hotel-hotel. Atau kita juga dapat juga memanfaatkan fasilitas smartphone untuk membuka atau menutup pintu mobil ketika kita berjalan mendekati mobil tersebut.

Jika menggunakan smartphone kita dapat memanfaatkan koneksi bluetooth yang ada. 

Koneksi bluetooth merupakan koneksi yang rendah energi yang dapat mensinkronisasi ketika didekati smartphone yang dapat kita bawa. Tentu koneksi bluetooth ini telah dikonfigurasi terlebih dahulu. 

Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla
Penampilan Tesla Model 3 saat melajut di aspal

Jumlah unit yang diproduksi juga terbatas. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak yang menginginkan tipe mobil ini sebab selain teknologinya yang canggih, harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dan relatif murah. 

Tesla Model 3 dibanderol dengan harga paling murah

Jangan bandingkan harga mobil listrik Tesla dengan mobil konvensional yang biasa kita gunakan di Indonesia yang masih menggunakan bahan bakar fosil (premium, pertalite, pertamax, dll), karena memang tidak dikelas yang sama dan juga memiliki penawaran yang berbeda.

yang paling mudah yaitu kita bandingkan dengan mobil listrik lagi (minimal) walaupun harus dilihat juga kelas dan fitur yang ditawarkan. dan lebih mudah lagi kita bandingkan dengan tipe atau model lainnya di merek yang sama (Tesla). 

Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla

Untuk mobil listrik di kelasnya, harga Tesla Model 3 dengan harga $34.200,- atau jika dirupiahkan sekitar 490 juta rupiah. Harga ini tergolong murah jika dibandingkan dengan harga mobil Tesla model lainnya yang bisa mencapai miliaran rupiah. 

Perbedaan harganya pun jauh sekali jika dibandingkan dengan model lainnya. Tesla Model X dibanderol dengan harga $200.000,- atau sekitar 2,6 Miliar rupiah. Sangat jauh bila dibandingkan dengan Tesla Model 3

Tesla Model S juga lebih mahal jika dibandingkan dengan Tesla Model 3. Model S dibanderol dengan harga $160.000,- atau setara dengan Rp. 2,2 Miliar rupiah, sangat jauh jika dibandingkan dengan Tesla Model S.
Tesla Model 3 Termurah dari semua Model Mobil Listrik Tesla

Tesla Model 3 banyak fitur canggih dengan harga yang sepadan

Jika ditelusur lebih mendalam. Mobil Tesla Model 3 merupakan mobil yang memiliki rentang harga rata-rata dan memiliki teknologi yang canggih. 

Dengan kecanggihan teknologi Tesla ini kemungkinan juga dapat menggeser posisi produsen kelas menengah lain yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia.  Karena itu tak heran jika banyak yang penasaran dan ingin memiliki mobil tipe ini. 

Banyak keunggulan yang terdapat pada mobil Tesla yang tidak dapat diabaikan begitu sajaoleh para penggemar otomotif terutama mobil. Karena itu tidak ada salahnya jika kita mengubah mindset dari mobil yang berbahan minyak dan beralih menggunakan mobil listrik. 

Demikian sedikit ulasan tentang mobil Tesla Model 3 yang dapat dibagikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!