Beranda
Automotive
News
Review
Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Mobil Listrik Tesla Model X Indonesia Spesifikasi
Mobil Listrik Tesla Model X (tesla.com)
Mobil Tesla Model X memiliki daya tarik khusus yang tak bisa ditahan oleh pecinta otomotif. Yang menarik dari mobil listrik Tesla Model X ini tak bisa disamakan dengan mobil sejenis di pasaran sana, dan sensasi mengendarainya juga sudah tentu akan sangatlah berbeda. 

Yang menjadi kebanggaan lain dengan memiliki SUV buatan pabrik Elon Musk yang berasal Negeri Paman Sam ini adalah, adanya klaim sebagai SUV listrik pertama di dunia ini. 

Jika berbicara tentang kelebihan atau keunggulan dari mobil listrik yang satu ini, maka otomatis kita akan bersinggungan dengan spesifikasi yang dibanggakan Tesla Model X ini.

Pintu Belakang Terbuka ke Atas (Falcon Wing Doors)

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Tesla Model X dengan Falcon Wing Doors (Pintu terbuka ke atas)

Desain elegan dan futuristik. Seperti yang telah disebutkan di atas, desain kendaraan ini sangat elegan dan juga futuristik.

Yup! Seperti yang sudah Anda lihat pada gambar utama diatas, Mobil Tesla Model X ini memiliki pintu yang tidak biasa, pintu belakang yang terbuka ke atas. Umumnya fitur ini hanya dimiliki oleh mobil sport mewah seperti Lamborghini.

Adanya Falcon Wing Doors (istilah yang digunakan untuk sistem pintu belakang Tesla Model X) mempermudah penumpang untuk menaikturunkan bawaan di tempat sempit karena membuka pintu belakang mobil ke arah atas. Selain itu juga sangat bergaya, bukan?

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Tampilan interior Tesla Model X dengan layar utama 17 inch

Konon, pada kesempatan kali ini Tesla Model X dikabarkan mengusung kapasitas baterai 75 kWh, dan memiliki daya tempuh sampai 380 km apabila baterainya sudah terisi penuh. 

Selain baterai tersebut, untuk konsumen di Indonesia bisa juga memilih tipe baterai lainnya, tak lain adalah 90D, 100D, dan P100D. 

Kemudian dsamping itu, ternyata masih banyak sekali kelebihan SUV mewah yang satu ini, penasaran? Mari simak di bawah ini.

Spesifikasi Mobil Listrik Tesla Model X

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Tesla Model X (putih) dilengkapi Headlamp LED

Headlamp LED yang dibuat menyipit terlihat sangat tajam dan modern, adanya fog lamp di bawah headlamp juga akan sangat membantu pengendara supaya tetap bisa melihat jelas walau di tengah kabut dan hujan. 

Ukuran dimensi yang pas. SUV keluaran Tesla ini memiliki ketinggian yang pas bahkan terbilang cukup ideal. Mobil Tesla Model X ini memiliki jarak sumbu roda sepanjang 116.7 inci (2964 mm) dan juga diketahui punya ketinggian ground clearance di antara 137 mm sampai dengan 210 mm. 

Sehingga dapat dipastikan mobil mewah buatan Tesla ini akan sangat mudah dikendarai maupun juga untuk diajak bermanuver di jalan perkotaan. Mobil ini juga dilengkapi 'kaki-kaki' yang oke punya.

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Semua Mobil Tesla dibekali banyak sensor untuk mendukung sistem autonomous /self driving

Yang lebih menariknya lagi, ternyata baterai yang digunakan oleh Tesla Model X tersebut kabarnya diklaim mampu digunakan menempuh jarak sampai dengan 380 Km lho! Syaratnya adalah digunakan untuk penggunaan yang normal saja.

Untuk ruang pacu, SUV canggih Tesla ini didukung baterai berkapasitas 75 kWh. Kapasitas baterai Tesla Model X tersebut mulai dari model 75D, 90D, 100D sampai P100D. 

Untuk tipe 75D tersebut diketahui memiliki kapasitas baterai sampai dengan 75 kWh dengan daya tempuhnya sampai 380 Km. Kemudian, untuk varian 75D tersebut juga konon mampu berakselerasi antara 0-100 Km per jam dalam waktu 6 detik saja.

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Spesifikasi singkat Tesla Model X dengan Standard Range

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna

Sempurna!. Benar sekali, Mobil Listrik SUV ini mendapat nilai sempurna untuk faktor keamanan yang telah diuji secara ketat.

Salah satu faktor penting kenapa Tesla Model X ini mendapat nilai sempurna adalah kemampuan kendaraan untuk mempertahankan posisi agar tidak terguling saat terjadi kecelakaan.

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Detail keamanan Tesla Model X yang mendapatkan nilai sempurna

Salah satu pengujian yang dilakukan untuk sebuah mobil adalah tes "membalikan" mobil dengan skenario tabrakan atau hilang keseimbangan. Model X mampu mengembalikan posisi kembali normal walaupun mobil telah terangkat hingga 90 derajat dan hampir terguling.

Tesla Model X ini mendapat 5 bintang dari total 5 bintang maksimal yang dapat diraih. Nilai ini diraih dari beberapa bagian mobil seperti Front, Side (MDB), Side Pole, Driver (Overall), Side (Overall).

Apakah harganya masuk akal untuk orang Indonesia?

Untuk segi harga nampaknya masih sama seperti mobil listrik lainnya, lebih mahal dari mobil konvensional.

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna

Tesla Model X di Indonesia dibanderol tidak kurang dari $200.000,- atau setara dengan 2,6 Miliar rupiah.

Harga tersebut memang terasa sangat mahal jika dibandingkan dengan mobil - mobil umum di Indonesia. Namun jika kita lihat kembali, fitur dan spesifikasi yang ditawarkan mobil Tesla ini setara dengan mobil fitur dan spesifikasi mobil mewah saat ini (atau bahkan lebih baik).

SUV premium ini sudah dipastikan dibekali dengan performa yang luar biasa, dengan segudang fitur-fitur modern andalan masa kini. 

Tesla Model X SUV Dengan Nilai Keamanan Sempurna
Buktinya bisa langsung terlihat dari sisi eksteriornya yang menarik, desainnya memang dibuat khusus dengan menggunakan konsep desain elegan dan juga futuristik. 

Berbeda dengan desain interior kendaraan sejenis belakangan ini. Bukan hanya itu, kecanggihan Tesla dalam menampilkan performa mesinnya pun bisa dipastikan tak akan mengecewakan penggunanya.

Jadi, tertarik untuk memiliki Tesla Model X ini? Siapkan dulu uang Rp. 2.300.000.000,- (2,6 Miliar rupiah)

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!