Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Membuat surat kehilangan di kantor polisi. Apakah ada biaya? berapa? Dijelaskan berdasarkan pengalaman beberapa kali membuat surat kehilangan di kantor polisi.

Berikut ini adalah cara atau langkah - langkah membuat surat kehilangan di kantor polisi. Lalu apakah ada biaya untuk membuat surat kehilangan ini? Bila ada, berapa biayanya? Semua akan dijelaskan pada artikel ini berdasarkan pengalaman beberapa kali membuat surat kehilangan di kantor polisi.

Membuat laporan resmi ke kantor polisi merupakan langkah yang sangat penting saat kita mendapatkan musibah kehilangan, baik itu kehilangan barang berharga seperti mobil, motor ataupun surat (kartu) seperti dokumen perjanjian sampai kepada kartu ATM ataupun kartu KTP. Secara resmi semua harus dilaporkan ke kantor polisi.

Selain digunakan untuk mengurus pembuatan ulang barang yang hilang, surat laporan kehilangan juga akan ditanyakan apabila barang yang dilaporkan tersebut ditemukan terutama barang – barang umum seperti kendaraan ataupun benda elektronik yang kemungkinan dapat diakui oleh orang banyak. Berbeda dengan KTP ataupun kartu keanggotaan karena disana tertera jelas nama kita.

Sebelum ke langkah – langkah ada baiknya kita mengetahui siapakah sebenarnya yang harus melakukan laporan kehilangan bila barang yang hilang tersebut dihilangkan bukan oleh si pemilik melainkan dihilangkan atau hilang saat berada dibawah tanggung jawab orang lain.


Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi
polri.go.id

Siapakah yang harus melaporkan kehilangan ke kantor polisi?

Bila barang tersebut hilang saat digunakan atau saat berada didalam tanggung jawab orang lain (bukan pemilik) siapakah yang harus melaporkan kehilangan tersebut? Apakah orang yang menghilangkan walaupun bukan pemilik? Ataukah pemilik walaupun bukan yang menghilangkan?

Hal ini pernah dialami langsung oleh tim rinditech dimana saat itu kartu ATM orangtua kami hilang saat berada di tangan kami, nah secara pemikiran mudahnya yang melaporkan kehilangan seharus yang menghilangkan kaan.. karena merasa orang yang menghilangkan kamipun langsung bergegas membuat laporan kehilangan di polres setempat untuk nantinya digunakan sebagai syarat untuk pembuatan kartu ATM baru di bank.

Sesampainya di kantor polisi dan sudah duduk berhadapan dengan petugas pencatat laporan anak tersebut ditanya kartu ATM tersebut atas nama siapa? Lalu dijawab, terdaftar atas nama Ibu saya. Seketika petugas pencatat laporan tersebut menghentikan proses pengetikan dan langsung memberitahu bahwa yang harus melaporkan haruslah pemilik kartu ATM tersebut. Anak tersebut langsung berkata, kan hilangnya sama saya pa..” petugas pun membalas, “walaupun dihilangkan oleh orang lain, tetap harus pemilik kartu ATM yang melapor”.


Dari kasus diatas sudah jelas bahwa yang harus melakukan pelaporan adalah orang yang secara resmi memiliki benda tersebut, walaupun dihilangkan oleh orang lain.

Cara Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Berikut ini adalah cara untuk membuat laporan surat kehilangan di kantor polisi sesuai pengalaman pribadi. Mungkin ada beberapa hal kecil yang berbeda di setiap daerah namun saya yakin pada umumnya prosedur di seluruh Indonesia akan sama.


  1. Siapkan KTP Asli (dan KTP Fotokopi untuk jaga – jaga)
  2. Siapkan Dokumen – dokumen yang berhubungan dengan barang yang hilang seperti Buku tabungan, STNK, BPKB, dll.
  3. Datang ke Polres setempat.
  4. Biasanya di gerbang akan ada polisi yang piket untuk berjaga dan mendata tamu. Utarakan keperluan anda “membuat surat laporan kehilangan” dan tanyakan dimana tempatnya.
  5. Masuk ke tempat pembuatan laporan, lalu ambil antrian (bila ada).
  6. Setelah mendapat giliran, langsung saja utarakan bahwa anda ingin membuat surat laporan kehilangan barang … (sebutkan nama /jenis barang anda yang hilang)
  7. Anda akan diberi beberapa pertanyaan seperti dimana terakhir melihat, kira - kira pukul berapa hilangnya, dan juga beberapa informasi mengenai barang yang hilang seperti nomor polisi, nomor rekening, ataupun data lain yang berkaitan dengan barang yang hilang.
  8. Setelah menunggu proses pencetakan (print) surat laporan, anda akan diminta untuk tanda tangan di berita acara dan di surat laporan, sebagai pelapor.
  9. Terima surat laporan dari petugas, Selesai!

Setelah menerima surat laporan kehilangan dari petugas, jangan lupan untuk melakukan pemeriksaan data – data yang dimasukan oleh petugas, menghindari kesalahan pengetikan ataupun pencantuman data – data anda yang penting.

Biaya pembuatan surat laporan kehilangan di kantor polisi

Apakah ada? Lalu kalau ada, berapakah biaya untuk sekali laporan pembuatan surat kehilangan di kantor polisi?

Berdasarkan pengalaman, tahun 2017 saat mengantarkan orang tua membuat surat kehilangan kartu ATM, kami tidak dikenai biaya, alias GRATIS!.

Saat menunggu proses pencetakan surat, orangtua saya berbisik kepada saya, “bayar berapa?” kemudian saya jawab dengan sok tau “gratis mungkin”.

Tidak lama kemudian petugas memberikan surat kehilangan yang telah selesai dicetak, orangtua saya menerima surat tersebut kemudian mengucapkan terima kasih (tanpa memberikan uang atau bertanya “berapa biayanya?”), petugas pun tidak meminta kami untuk membayar, lalu kami pamit dan meninggalkan ruangan.

Dulu (sebelum tahun 2017) saya pernah membuat surat kehilangan dan diminta uang seikhlasnya oleh petugas, itupun setelah saya bertanya “berapa?” dan waktu itu saya bayar dua ribu rupiah, diterima. Namun sepertinya sekarang pembuatan surat laporan kehilangan tidak dikenakan biaya, berdasarkan pengalaman di paragraf sebelumnya.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman atau bapak ibu yang sedang mencari cara atau pengalaman memebuat surat laporan kehilangan di kantor polisi.

Apabila ada yang ingin ditanyakan ataupun ingin berbagi pengalaman silahkan simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait Lainnya:

COMMENTS

BLOGGER: 36
  1. gan apa perlu surat pengantar dari RT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sih ga diminta gan, yg penting bawa dokumen yg berkaitan dgn barang yg hilang aja. Klo kemarin kan sy hilang kartu ATM jd nya bawa buku tabungannya aja. Semoga bantu gan :)

      Delete
  2. kalau aslinya kediri terus kerja dibandung dan hilangnya di bandung perlu surat domisili ndak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ada sebaiknya dibawa untuk jaga - jaga. yang penting segera setelah kejadian langsung buat laporan, untuk dokumen dll nanti dipandu sama pak polisinya. semakin cepat lapor, semakin baik.

      Delete
  3. jika mengurus surat kehilangan harus dipolres atau di bisa polsek juga ? dan apakah harus ada surat pengantar dari kelurahan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nindia! Umumnya surat kehilangan juga bisa diurus di polsek terdekat. yang penting polsek tersebut memiliki fasilitasnya seperti komputer,printer,blanko surat kehilangan, dll.
      Berdasarkan pengalaman kami, untuk kehilangan barang biasa seperti kartu ATM, KTP, token bank, dll tidak memerlukan surat pengantar. Semoga membantu :)

      Delete
  4. Apakah nanti polisi akan membantu mencarikan barang yg hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk barang - barang kecil seperti KTP dan kartu ATM sepertinya tidak secara khusus dicarikan. Namun semua laporan akan tetap masuk kedalam daftar barang hilang di kepolisian.

      Delete
  5. Klo yg hilang STNK ,bukan atas nama yg ngilangin ,itu bisa ga dibuat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pak, yang penting yang melapor adalah pemilik STNK nya. semoga membantu :)

      Delete
  6. STNK tidak ada foto copy dan tidak ada BPKB .itu gmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kondisi khusus seperti itu kami sarankan langsung saja datang ke kantor posili. Dan minta solusi langsung dari pihak polres atau polsek.

      Delete
  7. Kalo kehilangan npwp yg ngurus bukan yg punya npwpnya bisa gak sama syarat"an apa aja ya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan pengalaman kehilangan kartu ATM, sepertinya tidak bisa diurus oleh orang lain, harus pemilik langsung yang melaporkan. Syaratnya kyk nomor npwp yang hilang atau fotokopi NPWP nya. semoga membantu :)

      Delete
  8. Replies
    1. Sama saja seperti barang /dokumen yang lain. Pastikan saja kita mempunyai salinan /fotocopy agar mempermudah petugasnya untuk mencatat detail dari ijasah kita. Semoga membantu :)

      Delete
  9. Kl hilamg sim gmn? Ga tau no nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya sih kita melampirkan fotocopy SIM nya juga, tapi kalau tidak ada copy nya ya tetep harus lapor. Minimal bawa KTP + fotocopy, selanjutnya nanti dibantu sama petugas di kantor polisi.

      Delete
  10. Saya punya motor vixion 2012,di pinjam tmn saya lalu sm dia di gadaikan tanpa pengetahuan saya,lalu sudah kurang lebih 6bln ga di tebus2, sampai akhirnya dia meninggal di bunuh orang, saya panik lalu saya menghubungi deler, katanya di suruh laporan ke porles, minta bikin surat kehilangan, pertanyaannya...Apa bisa bikin surat kehilangan yg bukan kawasan hilangnya motor kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kronologi nya seperti itu, kemungkinan besar bisa. Karena jika sudah seperti itu termasuk kejadian luar biasa, apalagi ada menyangkut nyawa seseorang. semoga dilancarkan urusannya.

      Delete
  11. Replies
    1. Kehilangan handphone juga sama saja prosedurnya. Silahkan datang saja ke kantor polisi dan beritahu bahwa Anda ingin membuat surat kehilangan. semoga membantu!

      Delete
  12. Sangat membantu bro thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama bro Jaber! Senang dapat membantu :)

      Delete
  13. Kalau buat kehilang sim card bisa gak ya? Soalnya udah dateng ke grapari malah disuruh buat surat kehilangan dari kepolisian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mas, apalagi memang diminta langsung sama pihak grapari nya, pasti mas nya bukan yang pertama. langsung saja datang ke kantor polisi terdekat dan bilang saja ingin membuat surat kehilangan seperti yang telah dijelaskan diatas. semoga cepat selesai ya.

      Delete
  14. Kalo bikin surat kehilangan stnk itu bayar ga sih? Tapi ada yang bilang nanti di iklanin trus kita bayar iklan tersebut 45rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat surat helilangan secara umum, sepengalaman saya itu gratis. Kalau tentang di iklanin atau tidak, saya kurang tahu karena baru mendengar juga dari mas sekarang.

      Delete
  15. Kalo kehilangan paspor namun paspor teresebut bukan milik saya dan saya coba untuk menguruskannya, apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar tidak bisa ya, sama kasusnya seperti saya yang menghilangkan ATM orang tua namun tidak bisa membuat surat kehilangan, tetap harus pemilik kartu yang membuat laporan. Begitu juga dengan passport, harus pemilik yang melakukan pelaporan.

      Delete
  16. Law kartu bpsj hilang tp sya msh ingett no nya gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya bisa gan, yang penting jelas nanti saat dimintai keterangan oleh petugasnya

      Delete
  17. Kalau misalnya mau buat surat kehilangan tp sdh lewat 3 bln dr waktu kejadian gmn mas? Saya kehilangan motor sama kunci²nya (didalemnya ada sim sama stnk juga), mau buat surat kehilangan biar pajaknya gk berkelanjutan (pdhl baru dipanjangin pajak stnk), fufu.. itu prosedurnya sama apa gmn? Apa iya harus ada pengantar RT RW jg? Mohon pencerahannya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah lama seperti itu sepertinya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak kepolisian, karena ada beberapa surat yang memang harus dibuat pada saat kejadian, seperti surat kecelakaan lalu - lintas. Tapi jika tujuannya untuk menutup tagihan pajak mungkin pihak kepolisian mempunyai solusi yang lain, walaupun nantinya surat kehilangan tidak bisa diterbitkan.

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Android,34,Apple,27,Apps,15,ASUS,15,Automotive,5,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,22,Finance,15,Games,12,Google,19,HTML,5,Instagram,10,Internet,51,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,178,OPPO,1,Productivity,9,Review,38,Robot,1,Samsung,17,Security,33,Social Media,52,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,153,Toko Online,23,Tutorial,179,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,28,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi
Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi
Membuat surat kehilangan di kantor polisi. Apakah ada biaya? berapa? Dijelaskan berdasarkan pengalaman beberapa kali membuat surat kehilangan di kantor polisi.
https://3.bp.blogspot.com/-likVUcceCAg/WfNqQbHroSI/AAAAAAAADvI/1OOC3eOrAOw-nzo8IAq_-ErDqN_hRtkgwCLcBGAs/s640/Cara%2Bdan%2BBiaya%2BMembuat%2BSurat%2BKehilangan%2Bdi%2BKantor%2BPolisi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-likVUcceCAg/WfNqQbHroSI/AAAAAAAADvI/1OOC3eOrAOw-nzo8IAq_-ErDqN_hRtkgwCLcBGAs/s72-c/Cara%2Bdan%2BBiaya%2BMembuat%2BSurat%2BKehilangan%2Bdi%2BKantor%2BPolisi.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2017/10/cara-biaya-membuat-surat-kehilangan-kantor-polisi.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2017/10/cara-biaya-membuat-surat-kehilangan-kantor-polisi.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy