Sinyal 5G Masih Hanya "Bahan Jualan" Operator Seluler

Sembari menunggu pengunguman resmi dari operator lokal untuk menawarkan sinyal 5G, yuk kita intip bagaimana sih sebenarnya sinyal 5G ini jika sudah diterapkan secara luas ke konsumen akhir seperti kita.

Sinyal 5G Masih Hanya "Pemanis" di Operator Seluler
Credit: Android Authority
Sinyal 5G masih hangat jadi perbincangan namun bagaimana dengan performa yang diberikan? apakah benar sampai 600 Mbps?

Sampai saat ini memang belum ada operator lokal di Indonesia yang secara resmi menawarkan koneksi dengan kecepatan type 5G. Tapi Tahap percobaan sudah mulai dilakukan, percobaan ini dilakukan oleh 3 operator yaitu Indosat, XL dan Telkomsel.

Sembari menunggu pengunguman resmi dari operator lokal untuk menawarkan sinyal 5G, yuk kita intip bagaimana sih sebenarnya sinyal 5G ini jika sudah diterapkan secara luas ke konsumen akhir seperti kita.



In Verizon 5G launch city, reviewers have trouble even finding a signal -arstechnica.com

Peluncuran pertama Sinyal 5G 'not good'?

Perusahaan operator seluler AT&T dan Verizon memiliki pengumuman besar terkait 5G minggu ini. Mereka sama - sama memperkenalkan layanan baru mereka yaitu sinyal 5G.

AT&T menerbitkan hasil tes kecepatan yang tampaknya memvalidasi jaringan LTE "5G E" sebagai yang tercepat dari pesaing lainnya, sementara operator seluler Verizon meluncurkan jaringan 5G di sebagian Chicago dan Minneapolis (Amerika Serikat).

Namun kedua pengumuman ini menggarisbawahi seberapa besar kelemahan 5G saat ini.

Hasil AT&T tampaknya condong menguntungkan perusahaan, dan peluncuran Verizon tampaknya tidak menarik, dengan cakupan yang buruk bahkan di area yang dijanjikan sendiri oleh Verizon.

Ini hanya masalah baru untuk sinyal 5G, yang telah dimulai reputasi buruknya oleh peluncuran yang tertunda. Belum lagi uji perangkat yang terbatas, standar yang saling bertentangan, perselisihan politik, dan banyak lagi.

Dengan terlihatnya perusahaan - perusahaan telekomunikasi bergegas untuk menjadi yang pertama, kemungkinan kekacauan 5G hanya akan bertambah buruk ketika peluncuran berlanjut.

Jika pengalaman pertama orang-orang dengan 5G jelek, mengapa mereka harus percaya dan juga membayar lebih untuk jaringan yang masih memiliki banyak masalah seperti ini?

LTE masih yang tercepat di AS

Kita ambil contoh AT&T. Perusahaan itu tampaknya menjadi pemenang minggu ini dengan mengumumkan bahwa tes kecepatan Ookla baru-baru ini telah menemukan jaringan 5G E-nya (yang, sekali lagi, LTE, bukan 5G) menjadi yang tercepat di AS.

Mendukung pesan yang ingin disampaikan perusahaan bahwa merek 5G E akan membantu memperkuat reputasi AT&T menjelang peluncuran 5G yang sebenarnya akhir tahun ini.

Tapi hasil itu tidak sejelas. Yang AT&T yakini, Ookla mengatakan bahwa lonjakan hasil untuk AT&T disebabkan oleh peningkatan tes kecepatan dari pengguna iPhone setelah rilis iOS 12.2. Khususnya pada iPhone XR, XS Max, XS, X, 8, dan 8 Plus.

Sinyal 5G Masih Hanya "Bahan Jualan" Operator Seluler
Beberapa postingan di Twitter yang menunjukan para pengguna kesulitan mendapatkan sinyal 5G. (The Verge)

Ookla percaya bahwa peningkatan kecepatan AT&T baru-baru ini hanyalah hasil dari pengguna iPhone yang melihat logo sinyal 5G E baru dan pengujian ulang perangkat mereka. Sehingga data baru tersebut meningkatkan hasil kecepatan rata-rata AT&T. 

Dengan kata lain, jaringan AT&T terlihat lebih cepat karena memiliki lebih banyak perangkat berkecepatan tinggi yang melakukan tes kecepatan untuk melihat posisi mereka dibandingkan pengguna lainnya.

Pengguna iPhone mempertanyakan jaringan mereka?

Ini semacam ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Dengan membuat pengguna iPhone mempertanyakan jaringan mereka, AT&T mampu menambah kecepatan rata-rata dengan menambahkan masuknya data baru ke dalam sampel yang tidak dimiliki pesaing.

Sehingga membuat "kebohongan" bahwa 5G E, yang entah bagaimana, lebih baik daripada LTE. Yang pada umumnya kedua hal tersebut berasal dari sistem dan teknologi yang sama.

Kecepatan - kecepatan tersebut tidak sepenuhnya salah atau penipuan. Ookla mengatakan bahwa, secara keseluruhan, kecepatan pada perangkat 5G E memang benar-benar lebih cepat daripada kecepatan rata-rata AT&T.

Hal ini memang masuk akal karena ini adalah perangkat yang dirancang untuk memanfaatkan inovasi LTE-Advanced yang sudah digunakan oleh AT&T sebelumnya.

Sinyal 5G Masih Hanya "Bahan Jualan" Operator Seluler
TheVerge: Beberapa pengguna memang mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tetapi tes terbaru ini tidak membuktikan bahwa kecepatan AT&T lebih cepat dari rata-rata. Seperti studi terbaru OpenSignal sebelum iOS 12.2 dirilis, menunjukkan bahwa AT&T 5G E sebenarnya lebih lambat daripada T-Mobile dan Verizon.

Verifikasi pembaca di Twitter juga berbagi hasil yang sama buruknya. Hal itu tentu saja tidak mewakili semua pengguna, tetapi jelas bukan jenis kesan pertama yang diinginkan oleh AT&T pada merek sinyal 5G-nya.

Hal-hal yang belum tentu membaik ketika Anda mencapai 5G sebenarnya, seperti yang ditunjukkan Verizon kepada kami minggu ini selama peluncuran 5G yang sebenarnya.

AT&T harusnya menawarkan kecepatan 400 - 600 Mbps untuk sinyal 5G

Chris Welch (Pengamat teknologi) mengetahui bahwa sinyal 5G sebenarnya akan menawarkan kecepatan yang lebih baik. Yaitu dengan kecepatan antara 400 dan 600 Mbps untuk unduhan (download).

Kecepatan yang 'sebenarnya' tersebut, menurut Chris Welch, hanya akan menjadi impian untuk hadir di jaringan AT&T 5G.

Ketika Verizon mengatakan bahwa hanya "area tertentu" akan memiliki 5G, itu tidak main-main. Layanan dilaporkan tidak konsisten. Bahkan dimana Verizon menawarkan sinyal 5G, sering muncul dan menghilang walau berbeda beberapa blok saja.

Itu masalah. Verizon mungkin secara teknis meluncurkan jaringannya terlebih dahulu, tetapi jika tidak dapat menawarkan layanan yang luas atau konsisten, maka itu hanya pencapaian teknis tanpa aplikasi praktis yang nyata.

Verizon yang terburu-buru untuk menjadi yang pertama tampaknya datang dengan mengorbankan jaringan 5G yang stabil. Sesuatu yang pelanggan awal (dimana mereka harus membayar ekstra $10 per bulan) harus hadapi selagi Verizon berbenah.

Menambah kebingungan. Verizon mengatakan bahwa ikon status 5G hanya akan muncul ketika Anda aktif menggunakan 5G.

Itu berarti Anda bisa berdiri di tempat 5G dan bahkan tidak mengetahuinya kecuali Anda secara aktif menggunakan internet di ponsel Anda. Ini kebalikan dari masalah AT&T.

Verizon tampaknya puas menyembunyikan fakta bahwa Anda memiliki 5G yang sebenarnya sampai Anda benar-benar menguji kecepatan untuk diri sendiri.

Saya tidak tahu mengapa Verizon melakukan ini, kecuali tujuannya adalah untuk menjaga ukuran sebenarnya dari jaringan 5G-nya sejelas mungkin.

Itu sebenarnya tampak masuk akal, mengingat ketidakkonsistenan yang dicatat Chris dalam tesnya.

Fokus Jualan 5G Mengalahkan Pengembangan Teknis untuk Jaringan

Hal ini mungkin tidak terlalu buruk, mengingat bahwa perusahaan seluler suka mempromosikan produk dan layanan mereka, terlepas dari bagaimana mereka melihat hasil di lapangan yang sebenarnya.

Tetapi taruhannya lebih tinggi dengan peluncuran 5G. Jika AT&T dan Verizon (serta T-Mobile dan Sprint, yang memilih menunda peluncuran mereka untuk memperbaiki rincian) tidak dapat memperbaiki kualitas maka ancaman besar harus dihadapi.

Mereka akan berhadapan dengan pelanggan yang kecewa begitu mereka mengetahui bahwa kenyataannya tidak cukup memenuhi ekspektasi yang diberikan kepada mereka.

Berminat merasakan sinyal 5G di HP anda? atau sudah cukup puas di sinyal 4G dan LTE?

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com :

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Android,34,Apple,27,Apps,15,ASUS,15,Automotive,5,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,22,Finance,15,Games,12,Google,19,HTML,5,Instagram,10,Internet,51,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,178,OPPO,1,Productivity,10,Review,38,Robot,1,Samsung,17,Security,33,Social Media,52,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,154,Toko Online,23,Tutorial,180,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,28,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Sinyal 5G Masih Hanya "Bahan Jualan" Operator Seluler
Sinyal 5G Masih Hanya "Bahan Jualan" Operator Seluler
Sembari menunggu pengunguman resmi dari operator lokal untuk menawarkan sinyal 5G, yuk kita intip bagaimana sih sebenarnya sinyal 5G ini jika sudah diterapkan secara luas ke konsumen akhir seperti kita.
https://2.bp.blogspot.com/-g6xlSnqtL3k/XKu426OaHbI/AAAAAAAAFwY/q_otsYHBaEUf3Jm6kXcEf-8gNvTijUagQCLcBGAs/s640/Sinyal%2B5G%2BMasih%2BHanya%2BPemanis%2Bdi%2BOperator%2BSeluler.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-g6xlSnqtL3k/XKu426OaHbI/AAAAAAAAFwY/q_otsYHBaEUf3Jm6kXcEf-8gNvTijUagQCLcBGAs/s72-c/Sinyal%2B5G%2BMasih%2BHanya%2BPemanis%2Bdi%2BOperator%2BSeluler.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/04/sinyal-5g-masih-hanya-bahan-jualan.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/04/sinyal-5g-masih-hanya-bahan-jualan.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy